Local Experiences

Wajib Bawa 8 Benda Ini Jika Mau Trip ke Curug

Mau liburan ke air terjun, jangan lupa untuk membawa benda-benda ini, karena sangat diperlukan.

Di masa pandemi COVID-19, butuh banyak pertimbangan traveling bersama keluarga dan teman. Itulah sebabnya mengapa sekarang ini banyak paket wisata menarik yang bisa ditempuh dalam waktu singkat. Destinasi liburan ini diantaranya adalah trekking ke curug atau air terjun yang ada di Bogor. Biarpun dekat dan dilakukan dengan protokol kesehatan COVID-19, kawanjo harus hati-hati.

Trip ke air terjun itu soalnya tidak mudah dan termasuk kategori wisata ekstrim karena mampu meningkatkan adrenalin dalam perjalanan menempuh curug. Jalur yang curam dan licin, ditambah lagi dengan beberapa bawaan benda yang ada, membuat perjalanan ke curug semakin menantang. Di bawah ini ada rekomendasi benda yang dibawa jika memang ingin trip ke air terjun. 

1. Celana Renang

sumber foto: Dony Setiawan Twitter

Destinasi liburan ke curug di Bogor sudah pasti kawanjo akan melewati jalur yang sejuk dan mungkin sedikit lembab. Tapi, jika sudah sampai di air terjun, sayang rasanya gak menikmati dingin dan sejuknya air. Kawanjo biar bisa ikutan serunya berenang di air terjun, sebaiknya bawa celana renang. Dengan begitu, bermain air terjun dan berenang jadi lebih seru. 

2. Baju Ganti

Trip ke air terjun disarankan menggunakan pakaian berbahan ringan. Jangan coba menggunakan pakaian yang memerangkap air seperti halnya jeans yang akan terasa berat jika sudah terkena air. Kalau memang air terjun atau curug yang dituju berada di dataran tinggi, jangan lupa untuk menyiapkan jaket. Setelah itu siapkan baju ganti, jadi usai berenang kawanjo bisa langsung ganti baju baru yang lebih fresh dan kering. 

3. Sandal Gunung

Perjalanan menuju destinasi curug biasanya sangat licin dan lembab karena ditumbuhi lumut. Ditambah lagi, sebelum mencapai air terjun akan ada bebatuan yang jadi medan perjalanan. Alas kaki yang tepat sangatlah diperlukan, seperti menggunakan sandal gunung yang dipercaya anti selip hingga bisa meminimalisir resiko terpeleset saat perjalanan menuju air terjun. 

4. Ikut Open Trip dan Paket Wisata

Setiap destinasi curug di Bogor dan lainnya pasti punya aturan main yang berbeda-beda. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, pastikan saat trip ke curug kawanjo tidak seorang diri. Disarankan pergi bersama teman, atau mengikuti paket wisata seperti open trip dan lainnya. Ini dilakukan mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, karena biasanya jika mengikuti paket wisata itu sudah disediakan satu orang yang akan memandu perjalanan. 

5. Kamera Tahan Air.

Tahun 2021 tidak lengkap rasanya jika pergi traveling tanpa mengabadikan momennya untuk keperluan konten Instagram. Jadi kamera tahan air masuk ke dalam rekomendasi benda yang dibawa jika ingin pergi liburan ke air terjun. Banyaknya volume air dan juga derasnya air terjun membuat kawanjo butuh kamera yang sangat tahan air. 

6. Air Mineral

sumber: freepik

Berbagai fasilitas sampai tempat jajan memang sekarang mudah ditemukan jika kamu berencana untuk liburan ke curug di Bogor. Tetapi, di masa pandemi COVID-19 disarankan sebaiknya membawa minuman sendiri. Jadi tidak ada salahnya untuk menyiapkan air mineral sendiri. Selain mencegah penularan COVID-19, ini juga membantu jika di tengah perjalanan menuju curug mendadak haus sekaligus mengganti cairan tubuh. 

Baca juga : 5 Tempat Rekomendasi Liburan Seru ke Banten, Kuy Cobain!

7. Dry Bag

Ini juga masuk rekomendasi benda yang dibawa jika ingin liburan ke curug. Terutama untuk kawanjo yang tidak bisa lepas dari gadget. Drybag ini bermanfaat untuk menyimpan barang elektronik dan benda lain yang rentan rusak jika terkena air. Jika tidak punya benda ini, usahakan bawa tas dari bahan parasut atau kantong plastik. Tapi, jangan buang kantong plastik di perjalanan menuju air terjun ya!

8. Snack dan Buah

Trekking melewati jalur yang licin dan penuh bebatuan, ditambah aktivitas berenang saat tiba di air terjun, sudah pasti membuat perut terasa lapar. Air terjun yang dingin dan lelahnya perjalanan akan hilang jika kawanjo menyiapkan beberapa snack sekaligus buah seperti pisang yang berfungsi sebagai karbohidrat. Gimana, sudah siap trekking ke curug? Cek di sini ya tripnya.

0 comments on “Wajib Bawa 8 Benda Ini Jika Mau Trip ke Curug

Leave a Reply

%d bloggers like this: