PigiNews

Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Punya 244 Desa Wisata Tahun 2024

Demi memajukan pariwisata di Indonesia, Kemeparekraf memastikan jika akan ada 244 Desa Wisata di tahun 2024.

Ada kabar baik nih! Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kini menargetkan bisa membangun 244 desa wisata di seluruh Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Target ini disusun selama empat tahun yaitu sejak tahun 2021. Bicara soal Desa Wisata, apa sih itu? Melansir kumparan, konteks desa wisata menyangkut semua komponen yang ada maupun dimiliki suatu desa bisa dijual, dikemas, serta disajikan untuk menjadi satu paket wisata. 

Sandiaga Uno (foto: TEMPO/ Ijar Karim)

Adapun keterlibatan dalam suatu desa wisata adalah semua unsur desa. Mulai dari petinggi, kepala desa, perangkat desa, sampai struktural RT dan warga masyarakat setempat memiliki andil di dalamnya. Menurut Sandiaga Salahuddin Uno, target desa wisata selama tahun 2021-2024 adalah sebanyak 244 desa wisata dengan rincian 67 desa wisata di 2021, 63 desa wisata di tahun 2022, 59 desa wisata di tahun 2023, dan 55 desa wisata di tahun 2024.Menparekraf menuturkan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar sebuah desa dinyatakan sebagai desa wisata. 

  • Sumber daya manusia dan masyarakat

Menurut Sandiaga Uno syarat pertama adalah harus ada sumber daya manusia dan masyarakat yang berperan sebagai penggerak desa wisata di desa tersebut. 

  • Desa Wisata Ada Surat Keputusan

Menparekraf juga menambahkan, desa wisata telah memiliki surat keputusan dari bupati setempat.

  • Rencana Induk

Pemerintah sudah memiliki rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah dan target kepariwisataan.

  • Outcomes Desa Wisata

Dan yang terakhir menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno adalah adanya hasil atau outcomes dari Desa Wisata. Di sini juga Sandi mengatakan jika Menparekraf akan berperan dalam menyusun profil Desa Wisata bekerja sama dengan Kementerian dan lembaga terkait. Memastikan pembangunan desa wisata mengikuti kaidah pembangunan wisata berkelanjutan. Dan tahun 2021 akan dilakukan sertifikasi desa wisata berkelanjutan sebanyak 52 desa wisata.

Baca Juga : Syarat Mudik Lebaran 2021 Untuk Warga Indonesia

Selain itu, Kemenparekraf juga akan membantu desa wisata dalam menyusun rencana pembangunan desa wisata, mulai dari pembangunan sumber daya manusia, pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik yang melibatkan kementerian dan lembaga terkait. 

Adapun pendampingan desa wisata merupakan salah satu program Kemenparekraf dalam pengembangan destinasi wisata terintegrasi. Program lainnya adalah revitalisasi toilet serta implementasi jukni pengelolaan sampah plastik di destinasi wisata bahari.

0 comments on “Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Punya 244 Desa Wisata Tahun 2024

Leave a Reply

%d bloggers like this: