Local Experiences

10 Trip yang Bisa Kamu Lakukan Bareng Teman Saat Pandemi

Mau jalan sama temen tapi bingung ke mana saat pandemi gini? Berikut 10 rekomendasi trip yang bisa dilakukan untuk seseruan bareng.

Salah satu hal terberat dari berlangsungnya pandemi adalah sulitnya bersosialisasi. Tak bisa tatap muka seperti biasa dengan orang-orang terdekat, selalu membawa kecurigaan dan kewaspadaan pada orang baru, keluarga, dan kawan sendiri tiap bepergian, hingga tak lagi dapat berpelesir normal seperti dahulu.

Lalu, bagaimana jika kerinduan pada momen berlibur tak kuasa lagi untuk ditahan? Bagaimana jika kawanjo sudah merasa siap untuk kembali berkeliling Indonesia atau sekedar berputar-putar kota? Berikut Pigijo siapkan ide terbaik untuk kamu yang sudah kangen berat untuk berwisata. Eh, tapi tunggu dulu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum merencanakan semuanya.

Pertama, kawanjo harus tahu persis bahwa kawanjo dan teman-teman semuanya sehat! Lakukan tes SWAB Antigen atau PCR sebelum berangkat terutama ke tempat yang jauh dan dalam waktu lama. Kalian akan berada pada lingkaran rapat dan berinteraksi secara intens satu sama lain. Jangan ambil risiko!

Kedua, pastikan tempat yang akan dikunjungi pun terbilang aman. Riset terlebih dahulu untuk benar-benar terhindar dari keramaian agar paparan virus COVID-19 bisa makin diminimalisir.

Terakhir yang ketiga, tetap tak boleh kendor ya dalam melaksanakan protokol kesehatan meski sudah divaksin COVID-19.

So, Selamat melepas rindu!

1. Staycation

Pilih hotel terbaik untuk seru-seruan bersama (Foto: Dok. Pexels)

Awalnya, istilah staycation hanya digunakan bagi siapa saja yang ingin mendapat hawa liburan meski tidak ke mana-mana alias di dalam kota saja. Mereka biasanya akan memilih untuk menginap di hotel dekat rumahnya atau sedikit jauh dari tempat tinggalnya. Namun sekarang, istilah ini bergeser dan penggunaannya jauh lebih diperluas.

Meski tak di dalam kota, pergi menginap ke daerah yang cukup jauh dari domisilimu juga masih bisa dibilang staycation. Misalnya kawanjo tinggal di Jakarta dan khusus pergi ke Ciawi untuk menginap di hotel bintang lima yang ada di sana. Atau kawanjo tinggal di Bogor dan menginap di hotel cantik di area Bandung, itu juga disebut staycation.

Oleh sebab itu, pergilah bersama teman-teman ke hotel favorit di dalam atau luar kota. Selain bisa temu kangen berhari-hari, ngobrol sampai puas, dan jalan-jalan di sekitar hotel, kawanjo juga bisa merasakan kembali waktu yang sempat hilang satu tahun belakangan sejak social distancing.

Usahakan hotel tersebut adalah hotel yang menerapkan protokol kesehatan, ya. Sebab banyak hotel yang justru di masa pandemi seperti ini malah mengabaikan kewajiban tersebut.

2. Trekking

Walau capek tapi pasti happy (Foto: Dok. Pexels)

Rekomendasi kedua, yang kini juga sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat kota terutama yang merindukan udara alam terbuka adalah trekking menyusuri perbukitan dan berujung di sungai jernih atau air terjun yang memesona. Paket trip ini sudah banyak sekali dibuka bahkan Pigijo pun menyediakannya. Jangan lupa dicek, ya!

Keuntungan dari dilakukannya trip ini bersama teman-teman adalah, kawanjo bisa sehat sama-sama. Tak hanya bersenang-senang di hotel atau kulineran semata, di sini kamu bisa sekaligus berolahraga dan membakar kalori ramai-ramai. Bahkan, ada memori seru yang bisa dijalin kembali setelah sekian lama tak jalan bareng.

Berpeluh bersama di alam raya sambil tertawa dan kelelahan bersama namun berujung pada kegembiraan saat melihat indahnya pemandangan yang ada, merupakan salah satu stress release paling tepat khususnya untuk kaum-kaum ibu kota yang lelah nge-zoom dari pagi sampai malam berbulan-bulan lamanya.

Yuk, mulai alihkan pandanganmu dari layar digital ke panorama kawasan hijau yang memanjakan mata, hati, dan pikiran. Ajak teman-teman untuk menikmatinya juga. Sebab, kini perjalanan jenis ini sudah amat mudah ditemukan dan lokasinya pun banyak yang tak jauh dari Jakarta. Tinggal search, pilih tanggal, janjian, jalan!

3. Kemping

Mengukir kenangan tak terlupakan (Foto: Dok. Pexels)

Jika sudah jatuh hati pada perjalanan alam terbuka, maka bagi yang belum pernah, coba deh untuk kemping bersama. Ini seru sekali, lho! Ada dua jenis berkemah yang bisa dicoba, yaitu glamping dan berkemah biasa.

Kalau kawanjo tak mau repot pergi membawa tenda, carrier berisikan makanan, minuman, peralatan masak, hingga peralatan lain yang biasanya dibutuhkan untuk tidur di gunung atau di dalam hutan, maka Kawanjo bisa pilih untuk booking area glamping yang kini juga sudah banyak tersebar.

Sebut saja lokasi-lokasi seperti Tanakita Situ Gunung, Rancabali Lakeside Ciwidey, Legok Kondang Bandung, dan masih banyak lagi. Semua bisa disewa untuk berlibur. Seru, kan! Kami pun yakin sudah banyak kawanjo yang tahu mengenai area-area ini. Namun jika belum, boleh mulai search dari sekarang dan bergegaslah cari tanggal untuk ke sana.

Namun jika kamu adalah pencinta petualangan, lebih menghargai keaslian alam terbuka dan ingin merasakan sensasi kemping tanpa fasilitas di mana segalanya harus dibawa dan dipersiapkan sendiri, kawanjo bisa datang ke gunung mana pun yang Kawanjo mau karena biasanya di sana mereka menyediakan camping ground yang terletak di kaki gunung.

Atau jika tak mau di kaki gunung, kawanjo juga bisa kok datang ke taman-taman nasional untuk melakukannya. Biayanya pun sangat terjangkau.

4. Road trip

Biar nyasar yang penting fun! (Foto: Dok. Pexels)

Ini yang sedang hits! Pergi ke luar kota dengan menggunakan mobil. Yes! Tahun 2020 kemarin adalah awal mula ramainya tren perjalanan darat melintasi tol Jawa khususnya menjelang libur Natal dan tahun baru. Orang semakin senang melakukannya karena ternyata mereka baru merasakan serunya aktivitas ini.

Bisa pergi ke tempat tujuan namun berhenti di tempat-tempat makan, melihat matahari terbit dan tenggelam di perjalanan, dan yang terpenting, tidak naik kendaraan umum bersama orang asing, adalah keputusan yang mendasari banyaknya orang melakukan liburan dengan cara ini.

Selain memang menyenangkan untuk dijalani, trip jenis ini bisa jadi makin mengeratkan hubungan pertemanan kalian, lho. Mau keliling Jawa, Bali, atau Lombok, bisa! Bahkan kalau kuat, dilanjutkan lagi sampai Labuan Bajo juga boleh. Asal kuat nyetir, ada ‘sopir’ pengganti, dan kondisi mobil tetap prima.

Mungkin satu hal yang harus jadi perhatian jika kawanjo belum terbiasa road trip adalah, jangan lupa cek kondisi kendaraan! Di mobil harus tersedia ban cadangan serta perkakas darurat, oli dan bensin musti aman, mesin dan rem wajib dalam kondisi sempurna, hingga isi angin ban terbilang cukup.

Jika mau aman dan terhindar dari kesulitan di jalan, kawanjo harus melakukan pengecekan semua ini terlebih dahulu sebelum meluncur pergi. Jika tak mau repot, bawa langsung saja ke bengkel untuk pengecekan berkala.

5. Kuliner luar kota

Makan, makan, dan makan! (Foto: Dok. Pexels)

Tak mau pergi jauh-jauh dan hanya ingin makan-makanan enak bersama para sahabat? Kawanjo tak perlu kuatir sebab cukup datang saja ke kota-kota yang punya deret menu super lezat yang bisa dikudap ramai-ramai.

Sebut saja Bandung dengan aneka jajanan enaknya, Sentul dengan berbagai tempat ngopi seru mereka, Cirebon dengan Empal Gentong H. Apud nya, atau pun Bogor dengan asinan, soto, serta varian jajanan nikmat yang ada di Jl. Suryakencana. Semua bisa terjangkau hanya dalam waktu kurang dari 3 jam.

Perut kenyang hati senang! Pepatah lawas dan tak bisa dipungkiri kebenarannya. Tak hanya itu, pelesir jenis ini juga lebih hemat waktu dan biaya namun dengan esensi yang sama. Melepas kangen namun tak usah menginap di akomodasi tertentu jelas lebih ramah di kantong, kan?

6. Pergi ke taman nasional

Taman Nasional selalu menarik untuk dikunjungi (Foto: Dok. Pexels)

Ingin bird watching, melihat satwa liar yang terpelihara, hunting objek foto alam, atau sekedar merasakan cantiknya hutan yang terawat, datang saja ke Taman Nasional yang menyediakan paket tur harian seperti TN Gunung Gede Pangarago, TN Bromo Tengger Semeru, TN Baluran, TN Gunung Halimun, hingga TN Bali Barat – Menjangan. Semua bisa didatangi untuk sekedar melepas penat dan melihat indahnya alam asli Indonesia.

7. A One-day-trip

Nggak usah pergi jauh-jauh kalau cuma ingin ketemu (Foto: Dok. Pexels)

Kalau kawanjo dan teman-teman tak punya banyak waktu namun sudah keburu rindu, jalan-jalan saja keliling kota atau ke tempat-tempat yang tak jauh dari tempat kawanjo berada. Adakan one-day-trip seperti misalnya jalan-jalan random sambil makan siang dan makan malam, piknik di taman, atau hunting tempat baru di sekitarmu.

Itu saja sudah sangat menyenangkan, lho. Apalagi jika sudah tama tak bersua. Pasti aktivitas dan perjalanan jenis apa pun akan jadi obat kangen yang luar biasa. Tak usah muluk-muluk untuk pergi jauh. Sebab kadang kita lupa bahwa tempat yang dekat saja jika didatangi bersama orang-orang terdekat akan terasa begitu spesial. Betul tidak?

8. Touring

Gowes, kuy! (Foto: Dok. Pexels)

Nah, bagi para pencinta otomotif atau pengayuh sepeda, kawanjo juga bisa nih ajak teman-teman kawanjo untuk touring bersama ke mana saja kalian mau. Untuk yang hobi motor, bisa touring ramai-ramai ke Bandung, Garut, atau Puncak. Bagi anggota klub mobil, bahkan bisa touring keliling Jawa-Bali atau bahkan yang dekat-dekat saja.

Bagi pesepeda pun demikian. Jalanlah ramai-ramai dengan tetap waspada di jalan. Dengan begitu, hobimu tersalurkan, bertemu teman pun kesampaian.

9. Berpesiar

Jangan lewatkan pemandangan laut lepas Indonesia yang begitu cantik
(Foto: Dok. Pexels)

Bukan hal baru lagi untuk berpesiar di Indonesia. Mengingat negeri ini merupakan negeri maritim dan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, maka akan sangat menyenangkan bila kawanjo bisa berpesiar dengan kapal besar bersama para sahabat.

Cukup buka situs penyedia trip pesiar di Indonesia maka akan kawanjo temukan banyak alternatif menarik. Mulai dari berkeliling laut Flores yang bermula di Pulau Komodo, keliling Laut Sulawesi, dan ada pula yang berkeliling Laut Jawa. Semua bisa dilakukan dan cenderung lebih aman di masa pandemi seperti ini.

Asal hasil tes semua awak kapal dan rombongan sudah terbukti negatif, maka trip jenis ini adalah salah satu yang paling Pigijo rekomendasikan untuk dicoba.

10. Insta-Trip

Hangout, pose, and click (Foto: Dok. Pexels)

Last but not least, ini yang paling mudah untuk direalisasikan dalam waktu dekat. Cepat, seru, dan tepat. Ya, pergi mencari spot-spot Instagenik di sudut-sudut kota, kafe, tempat wisata, dan lain sebagainya. Meski terkesan ‘basi’, namun trip jenis ini merupakan salah satu jenis trip yang masih paling dicari oleh masyarakat.

Kenapa? Karena murah dan mudah dijangkau. Tak hanya itu, feed Instagram pun lekas bisa jadi cantik. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sambil berkangen-kangenan, kawanjo juga bisa foto-foto bersama teman di tempat-tempat baru, keren, dan insta-worthy. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, di dekatmu tentu tersedia. Bagaimana?

Baca Juga : 6 Alasan Kenapa Curug Cibaliung Jadi Rekomendasi Favorit Liburan Milenial

Ide yang menarik, bukan? So, selamat jalan-jalan dan salam untuk teman-teman kawanjo, ya! Semoga satu saat nanti kita semua bisa bepergian seperti sedia kala. Buat kawanjo yang mau cek paket seru dan menariknya bisa di sini.

0 comments on “10 Trip yang Bisa Kamu Lakukan Bareng Teman Saat Pandemi

Leave a Reply

%d bloggers like this: