Local Experiences

Gado-gado Sampai Gabus Pucung, Ini Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Betawi di Jakarta

Di Jakarta berbagai hidangan khas Betawi nan lezat, wajib jadi tujuan wisata kuliner.

Pandemi COVID-19 memang bikin was-was untuk berwisata ke luar kota. Kalau pengin tetap keluar kota, beberapa syarat wajib harus ditaati. Salah satu paling penting dan tak boleh terlewat adalah negatif COVID-19.

Tapi ada alternatif wisata yang bisa dilakukan di sekitaran Jakarta . Hal itu adalah wisata kuliner hidangan khas Betawi. Tapi, meski di sekitaran Jakarta Kawanjo harus tetap disiplin protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan bawa alat makan sendiri dari rumah.

Walau dikenal dengan kota tempat berkumpul berbagai suku, hidangan khas Betawi tak ketinggalan peminat. Bahkan, hidangan Betawi tetap menjadi primadona di tengah serbuan berbagai makanan khas daerah lain di Indonesia bahkan di luar negeri.

Kawanjo yang ingin wisata kuliner di Jakarta dan sekitar, nih kita rangkum kuliner apa saja yang wajib dicoba di mana tempat rekomendasi mendapatkannya. Mari kita makan:

  • Gado Gado
Gado-gado

Tidak ada tedensi khusus dari penulis kenapa Gado-gado ada di list pembuka. Tapi hidangan salad khas Betawi memang menggugah selera.Bagaimana tidak, aneka ragam sayuran segara lalu disiram bumbu kacang manis gurih, terus dilengkapi kerupuk adalah padu padan sempurna dari kelezatan dan kesehatan makanan.

Walau lezat, setiap makan Gado-gado pasti ‘dilema’ terjadi. Mau pakai nasi, lontong, atau Gado-gado saja. Nah, pilihan sulit itu ada di tangan Kawanjo.Ada banyak tempat Gado Gado legendari yang bisa Kawanjo kunjungi di sekitar Jakarta. Mulai dari Gado-gado Bonbin yang sudah berdiri dari 1960-an, Gado-gado Cemara di Tanah Abang yang tak kalah legendaris sampai Gado-gado Boplo yang cabang sudah dimana-mana.

Bila Kawanjo mau wisata kuliner di Jakarta, Kawanjo jangan lupa icip Gado-gado, ya.

  • Sop Kaki Kambing
Semangkuk Sop Kaki Kambing

Ada yang bilang Sop Kaki Kambing itu rajanya Sop. Klaim ini bukan tanpa dasar. Sop Kaki Kambing adalah makanan lezat yang bisa bikin efek samping negatif positif dan negatif. Positifnya, saking lezatnya paduan sop, susu, kaki kambing muda, daging serta jeroan penikmatnya bisa lupa berbagai masalah hidup, hehehehe.

Di bagian negatifnya, semangkuk Sop Kambing lezat itu penuh kolestrol. Kalau gitu, makan satu mangkuk saja, terus olah raga rajin pasti aman dan bebas kolestrol. Setelah menguak sisi positif dan negatif, kami akan beri tahu Kawanjo di mana bisa nyicipin hidangan khas Betawi ini di Jakarta. Salah satu Sop Kaki Kambing yang cabangnya sudah ada di mana-mana adalah Sop Kaki Kambing, Dudung Roxy. Tapi, kalau mau otentik Kawanjo bisa ke Jalan Biak di Roxy Jakarta Barat.

Opsi lain selain Dudung Roxy, ada Sop Kaki Kambing Bang Karim yang terletak di Jalan Jl KH Mas Mansyur, Tanah Abang Jakarta. Untuk Kawanjo yang mau Sop Kaki Kambing di Jakarta Selatan, bisa kunjungin Sop Kaki Kambing Bang Anen yang tak kalah populer. Sop Kaki Kambing di sini juga jualan sate, lho.

  • Ketoprak
Ketoprak

Gado-gado kan masuk di list ini, tidak adil kalau saudara sepupunya Ketoprak tidak masuk daftar. Sama-sama pakai bumbu kacang, Ketoprak dan Gado-gado punya perbedaan mendasar. Ketoprak bumbu kacangnya diulek pakai bawang putih. Isiannya ketoprak juga hanya pakai tauge untuk sayurnya.

Di dalam satu piring Ketoprak ada pula bihun, tahu goreng, lontong juga taburan bawang goreng dan kerupuk, sekarang bahkan sudah ada yang pakai telur goreng. Cita rasa manis pedas dengan rasa bawang putih yang nendang, membuat Ketoprak jadi salah satu kuliner populer di Jakarta.

Di ibu kota ada berbagai tempat Ketoprak Legendaris. Salah satunya Ketoprak Ciragil di Senopati, Jakarta Selatan. Di tempat sederhana ini, Kawanjo dijamin bisa merasakan kelezatan Ketoprak khas Jakarta dengan harga terjangkau. Selain di Jakarta Selatan, Ketoprak lezat lainnya bisa Kawanjo cicip di Grogol, Jakarta Barat. Nama warungnya Ketoprak Mitro.

Untuk Kawanjo yang mau coba Ketoprak enak di Jakarta Timur, jangan ragu cicipin Ketoprak Siang Malam di Jakarta Timur.

  • Kerak Telor
Kerak Telur. Betawi di Jakarta

Kuliner khas Betawi ini punya bahan dasar, telur ayam/bebek, beras ketan, ebi, bawang merah goreng, dan bumbu sangrai dari kelapa dan berbagai macam campurannya. Sajian omelet ala Bewati memang punya rasa yang jos gandos. Walau terlihat sederhana, paduan cita rasa gurih dan pedas benar-benar memanjakan lidah.

Kalau mau cobain Kerak Telor, Kawanjo gak usah menunggu Jakarta Fair. Apalagi di masa pandemi COVID-19, pasti acara tahunan itu absen dulu. Ada berbagai tempat rekomendasi Kerak Telor yang buka terus tanpa harus nunggu Jakarta Fair.

Salah satu yang bisa Kawanjo kunjungi ada Kerak Telor di Perkampungan Betawi di Setu Babakan, Jaksel. Di sana memang pusatnya Makanan Betawi. Kerak Telor nan lezat bisa Kawanjo santap di sana. Di tengah kota juga ada berbagai penjual Kerak Telor. Mereka ada di kawasan sekitar Monas. Walau penjualnya berbeda-beda tapi kelezatan tetap sama dan tetap Betawi.

Di kawasan wisata di Kota Tua, penjual Kerak Telor juga bertebaran di mana-mana. Sekarang pilihan ada di tangan Kawanjo mau makan Kerak Telor di mana.

  • Gabus Pucung
Gabus pucung khas betawi

Tampilan kuliner ini unik. Ikan gabus goreng disiram kuah hitam legam yang berasal dari buah keluak. Kuliner ini punya banyak penikmat karena rasanya yang unik dan segar serta sulit dicari alias langka. Untuk merasakan kenikmatan Gabung Pucung, Kawanjo harus sedikit effort menuju pinggiran Jakarta yaitu Bekasi.

Salah satu yang direkomendasikan adalah warung Gabus Pucung Tamit Riman di Jatiasih Bekasi. Kuliner Gabus Pucung bisa dicicipi dengan berbagai makanan khas Betawi lain seperti ikan nila goreng sampai sate kambing. Kalau Kawanjo ingin merasakan kuliner langka ini di Jakarta, Kawanjo bisa ke Warung Makan Mak Dower di Pemuda Rawamangun. Warung khas Betawi ini menyediakan menu Gabus Pucung setiap harinya.

Itu dia lima rekomendasi wista kuliner beserta tempatnya yang bisa Kawanjo kunjungi di Jakarta dan sekitarnya. Tapi, kita gak bosan-bosan ingetin lagi tetap patuh protokol kesehatan pas wisata kuliner.

Buat yang Kawanjo ingin mengetahui destinasi liburan seru lainnya bisa klik di sini ya!

0 comments on “Gado-gado Sampai Gabus Pucung, Ini Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Betawi di Jakarta

Leave a Reply

%d bloggers like this: