Health Lifestyle

Hobi Trekking? Ini 6 Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Kamu harus tahu apa saja makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Tujuannya biar bisa menghitung jumlah asupan gizi yang masuk ke tubuh.

Aktivitas yang seru dan menantang memang dibutuhkan. Terutama bagi kamu yang hobi pergi naik gunung dan main ke curug. Destinasi wisata main ke curug dan naik gunung sekarang ini memang digemari. Selain karena punya aktivitas seru dan alam yang sejuk, main ke curug juga murah meriah. Tidak heran jika banyak paket wisata seru ke sana. 

Bicara soal aktivitas saat liburan, terutama bagi kamu yang hobi trekking, naik gunung, camping, hingga main ke curug dan berenang. Tentu kamu membutuhkan pasokan karbohidrat yang banyak. Apa sih karbohidrat itu? Karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumber karbohidrat ini bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan. 

Karbohidrat sendiri dibagi menjadi tiga jenis kategori, yaitu, gula, pati dan serat makanan. Oleh karena itu makanan karbohidrat yang diolah dan dikonsumsi pasti terdiri dari tiga kategori di atas. Kita akan membahas makanan yang mengandung karbohidrat, karena penting jika kamu punya hobi aktivitas yang menantang saat liburan. 

Daftar jenis makanan karbohidrat terdiri dari beberapa jenis, ada dari jenis sayuran hingga buah yang mengandung karbohidrat. Biasanya sih sayuran yang mengandung karbohidrat jadi pilihan utama, karena mengandung serat tinggi. Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang punya kandungan karbohidrat tinggi, wajib kamu cobain sih, terutama buat yang doyan liburan dengan aktivitas seru seperti trekking, main ke curug, camping, bahkan naik gunung.

1.Buah Pisang

Buah Pisang yang mengandung protein

Saat trekking ataupun main curug atau bahkan liburan naik gunung, kamu pasti akan menemukan teman ataupun orang yang juga pergi ke tujuan yang sama memiliki stok buah pisang. Pisang adalah buah yang wajib dibawa saat liburan. Pisang mengandung karbohidrat yang tinggi. Dalam satu buah pisang, terkandung sekitar 23% karbohidrat yang merupakan nutrisi yang sangat penting. 

Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi seperti kalium, vitamin B6 dan juga vitamin C. Hal tersebut membuat pisang sangat cocok dikonsumsi, terutama bagi Sedulur yang hendak melakukan olahraga, konsumsi pisang sangat disarankan untuk memperlancar metabolisme tubuh.

2. Buah Apel

Buah apel penuh dengan karbohidrat

Selain pisang, buah-buahan lainnya yang mengandung karbohidrat tinggi adalah buah apel. Apel punya rasa manis yang alami dan renyah saat dikonsumsi. Jadinya, aman dikonsumsi dan punya karbohidrat tinggi. Buah apel juga ringan dibawah saat liburan, jadinya banyak yang mengkonsumsinya saat trekking, main ke curug ataupun naik gunung. 

Mengapa apel punya karbohidrat tinggi? Ini dikarenakan buah apel ada kandungan karbohidrat sebesar 13-15 %. Hal tersebut membuat setiap orang yang sedang diet akan merasa kenyang dan cukup. Bukan hanya itu, apel juga mengandung buah-buahan dan juga serat yang tinggi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

3. Ubi Jalar

Ubi Jalar penuh kandungan karbohidrat

Karbohidrat ada di ubi jalar loh! Ubi jalar termasuk jenis umbi-umbian yang bisa digunakan sebagai bahan makanan. Ubi jalar mengandung karbohidrat tinggi, kandungan karbohidrat yang ada itu sekitar 18-21%. Bukan hanya itu, ubi jalar juga merupakan bahan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang tinggi. Seperti provitamin A, vitamin C dan juga kalium. Cocok nih direbus terus dibawa pas trekking atau main ke curug bersama teman.

4. Kacang Merah

Kacang merah yang mengandung karbohidrat

Selain pisang, ubi jalar, dan apel, ada jenis biji-bijian yang mengandung karbohidrat tinggi yaitu kacang merah. Di setiap kacang merah mengandung 22% karbohidrat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, jika kamu mengalami keracunan makanan kacang merah dipercaya mampu mencegahnya.  Cocok banget dibawa buat liburan seru seperti main ke curug, trekking, camping, dan naik gunung.

5. Mangga

Buah mangga juga mengandung karbohidrat

Sedikit rumit, mungkin kamu bisa mengupas dan menyiapkannya terlebih dahulu sebelum pergi liburan. Main ke curug, trekking ataupun naik gunung, sebaiknya cobain bawa buah mangga. Mangga mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Beruntungnya, buah ini hidup di Indonesia sehingga mudah menemukan buah mangga. 

Dalam satu gelas takaran mangga yang telah dipotong-potong, kurang lebih sekitar 250 ml, terkandung kurang lebih 24 gram karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya karbohidrat, mangga juga mengandung banyak nutrisi dan gizi, yaitu mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Hal tersebut yang membuat mangga memiliki warna kuning kemerahan.

6. Jagung

Jagung mengandung karbohidrat yang sangat tinggi

Makanan pokok tak harus selalu sama. Jagung menjadi bagian dari revolusi menu makan orang Indonesia. Menurut historia, di era Presiden Soekarno dulu, Indonesia pernah melakukan gerakan mengkonsumsi jagung. Ini dilakukan karena Indonesia hidup ketergantungan beras.  Gerakan makan jagung menyoal kepada bagaimana Indonesia lepas dari kebergantungan impor dan krisis pangan. 

Oke cukup dengan sejarah jagung di Indonesia dan gerakannya. Balik lagi ke pembahasan, kenapa jagung masuk daftar makanan yang mengandung karbohidrat dan wajib kamu bawa saat aktivitas trekking dan naik gunung ataupun main ke curug. Jagung mengandung hingga 25% karbohidrat. Jagung juga merupakan makanan yang mengandung kandungan gizi vitamin C. 

Sebelum menyiapkan makanan yang mengandung karbohidrat di atas, sebaiknya kamu cek dulu beberapa daftar paket wisata menarik di sini. Jadi kamu sudah tahu, aktivitas liburan apa yang mau kamu cobain, trekking, main ke curug, camping, atau naik gunung. Karena itu semua termasuk destinasi favorit yang wajib dicoba.

1 comment on “Hobi Trekking? Ini 6 Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat

  1. Pingback: Wow, Inilah 12 Gunung Dengan Sunrise Terindah di Indonesia – Pigiblog

Leave a Reply

%d bloggers like this: