Lifestyle Technology

5 Mirrorless Ramah Kantong untuk Traveling

5 Mirrorless ini bakal bikin liburanmu lebih spesial dari biasanya, dan jangan lupakan soal murahnya!

Udah lah, sekarang ini kalau mengandalkan smartphone aja buat keperluan dokumentasi saat plesir rasanya kurang nggak sih? Megapiksel tinggi yang dielu-elukan pada smartphone teranyar nyatanya bukan jaminan kepuasan saat hendak pamer di sosial media. Beda ah hasilnya.

Bukan cuma foto aja Kawanjo, kita iseng buat video ala-ala cinematic gitu juga bakal jadi memorable banget. Sayang aja jauh-jauh dan susah-susah ke destinasi impian, output-nya cuma foto. Setuju nggak?

“Tapi kan kamera digital mahal bang,” Oke-oke, karena mahal itu relatif ya, nih aku kasih rekomendasi kamera yang ramah di kantong, tapi selalu bisa diandalkan saat kamu vakansi. Karena kita bicara kamera murah, jangan langsung ekspektasi kamera model terbaru ya Kawanjo. Memang ada kamera jadul yang performa dan fiturnya masih ciamik di tahun 2021. Apa aja? Check this out!

1. Sony A6000
Begitu muncul di pasaran. Sony menggebrak dengan pangsa pasar full frame dan video enthusiast. Sony Alpha 6000 merupakan salah satu produk yang meledak dipasaran, namun dari kamera bersensor APS-C. Menilik kualitas video yang dimiliki, performa kamera ini tergolong lebih dari cukup. Resolusi Full HD 1080p yang dipadankan dengan kecepatan 60fps dan 24 fps membuat kamera ini sukses membuatku kagum saat mode slowmotion dimainkan. Fyi, ini kamera 4 jutaan Guys! Worth banget. Meski keluaran tahun 2012, layanan autofocus-nya terbukti halus dan sangat cepat. Well, kamera ini masih menjadi layak beli di tahun 2021 Kawanjo!

Sony A6000 punya autofokus tercepat dimasanya.

2. Fujifilm XT10
Fitur video dan foto yang mumpuni, dibalut desain klasik untuk mempercantik tampilan Kawanjo saat bervakansi. Sensornya APS-C X-Trans CMOS II. Bukan yang terhebat namun sukses bikin hati ini terjerat. Frame rate hingga 60 fps sudah bisa main slowmotion gitu kok. Kamera ini dilengkapi jendela bidik yang realtime dan memiliki sensitivitas cahaya yang baik ketika merekam video. Untuk harga, kamera berdesain klasik ini dibanderol 6-7 juta rupiah, tergantung kondisi.

Selain fungsinya, Fujifilm X-T10 bisa match sama outfit kamu.

3. Panasonic Lumix DMC-G7
Menggunakan sensor Micro Four Thirds dengan resolusi 16-megapixel, kamera ini sanggup merekam video beresolusi 4K pada 30 fps, 25 fps, 24 fps, dan 20 fps. Serta, video Full HD pada 60 fps, 50 fps, 30 fps, dan 25 fps. Cocok lah buat Kawanjo yang baru menjajal video content creator di YouTube, tapi punya kualitas video yang oke punya biar budget pas-pasan.

Layar 3 inci yang fully articulated bisa buat aktivitas vlogging yang mantap. Hal ini jelas sangat membantu jika kalian ingin tampil berswafoto atau swavideo selama plesiran. Dibanderol dengan harga Rp 7,5 jutaan saja, Kawanjo sudah mendapatkan kamera plus lensa kit 14-42mm f/3.5-5.6 OIS yang serbaguna. Kawanjo bisa cobain serunya kamera ini di curug-curug kece sekitaran Bogor. Yang deket aja dulu, keren pasti!

Jangan cuma foto aja, videoin kegiatan vakansi kamu dengan Lumix DMC-G7.

4. Olympus OM-D-E-M5
Predikat usia yang sudah tak muda namun bernilai besar cocok disematkan ke kamera Olympus OM-D-E-M5. Resolusi 16 megapixel dengan sensor Live MOS 16 megapiksel bisa dibilang bukan yang terbaik saat ini namun melihat fitur seperti kejernihan Eye View Finder 2,36 juta dot, layar 3 inch dengan teknologi OLED Touchscreen, sistem stabilisasi gambar lima sumbu yang sangat efektif di medan yang tak biasa, Wi-Fi dan mode burst-shooting 8.5 fps juga jangan dilupakan. Kesimpulannya, kamera ini sudah sangat bisa diandalkan dalam membuat konten kece untuk Kawanjo pamerin.

Murah tapi nggak murahan, Olympus OM-D-E-M5.

5. Sony A7 (First Gen)
Satu lagi dari Sony. Seri A7 milik sony sudah sampai pada generasi keempat. Sudah cukup tua ya? Wajar saja, terhitung sudah delapan tahun Sony bersaing di bursa kamera pasca seri Alpha 7 generasi pertama terjun ke pasaran. Meski demikian, sensornya sudah full frame dan punya fitur yang bersaing dengan kamera kekinian di harga 7-8 juta rupiah.

Baca Juga : Industri Pariwisata Gunakan 4 Teknologi Ini Agar Tetap Eksis di Masa Pandemi

Setidaknya Sony menjawab beberapa kegelisahan para pewarta foto yang tidak ditemukan Canon dan Nikon sebagai brand besar kamera saat itu. Untuk ukuran kamera bersensor full frame dan fitur yang tak terlalu jadul, ini murah banget Kawanjo! Recomended pokoknya.

Kamera full frame nan kaya fitur termurah. Foto kamu nggak akan biasa aja kalau pakai Sony A7.

So, inilah deretan kamera mirrorless murah yang bisa kamu ajak traveling. Kamera siap, yuk rencanakan liburanmu! Sebentar lagi bulan puasa, cobalah cari-cari referensi vakansi seru. Jika masih bingung, kalian bisa cek tempat-tempat seru dan indah untuk berkonten ria di sini. Ingat, selama pandemi tetap menjalankan protokol kesehatan ya Kawanjo. Stay safe!

0 comments on “5 Mirrorless Ramah Kantong untuk Traveling

Leave a Reply

%d bloggers like this: