Local Experiences

5 Rekomendasi Wisata Hidden Gems di Lima Wilayah Bali

Bali bukan cuma Kuta, Ubud, atau Legian. Berbagai wisata Hidden Gems tersebar di Pulau Dewata.

Pulau Dewata Bali, seakan tidak habis-habis untuk digali. Berapa kali menginjakkan kaki di sana pernah rasanya pengin balik lagi. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, rasa kangen Bali pasti memuncak. Menikmati indahnya pantai, gunung hingga bangunan bersejarah di Bali jadi impian yang ingin cepat-cepat diwujudkan.

Melancong di Bali pun tidak cuma soal santai di Kuta, menikmati suasana malam di Legian atau makan seafood di Jimbaran. Masih ada segudang kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Pulau Dewata.

Kawanjo mesti tahu, kalau Bali itu gudangnya lokasi-lokasi Hidden Gems. Bahkan tempat wisata ‘rahasia’ bukan cuma terpusat di satu tempat saja lho, hampir di setiap wilayah di Bali ada tempat yang patut dikunjungi.

Pasti Kawanjo penasaran di mana dan apa saja Hidden Gems yang ada di Bali. Berikut kami rangkum beberapa lokasi wisata anti-mainstream yang ada di lima wilayah Bali:

1.Bali Selatan

Pantai Blue Point salah satu Hidden Gems di Bali Selatan

Bali bagian Selatan sudah lamai dikenal sebagai area paling mainstream bagi pelancong. Kendati demikian, ada pula tempat-tempat wisata tersembunyi yang belum banyak orang tahu. Salah satu tempat yang kami rekomendasikan untuk Kawanjo berwisata Bali bagian Selatan adalah Pantai Blue Point.

Pantai ini disebut-sebut sebagai surga bahari di Selatan. Ucapan ini bukan sekadar kiasan. Sebab, lokasi Pantai Blue Point tersembunyi di balik gua dan karang. Pantai Blue Point sendiri letaknya hanya 60 menit perjalanan dari Denpasar, tepatnya berada di Desa Pecatu Uluwatu.

Indahnya Pemandangan Green Bowl Beach

Selain Blue Point, Pantia Green Bowl atau orang lokal setempat menyebut sebagai Bali Clif tidak boleh terlewat. Pantai yang terletak di desa Ungasan disebut bukan cuma sebagai hidden gems namun hidden paradise. Pantai Green Bowl sangat unik. Sebab, ketika air surut karang-karang berlumut hijau akan membuat tempat ini seperti sebuah mangkok. Di samping fenomena itu, Green Bowl punya pasir putih salah satu terbaik di Bali. Air laut di sini pun warnanya kehijauan.

2. Bali Barat

Surfing di Pantai Madewi

Beranjak sedikit ke arah Barat, di area ini banyak hidden gems yang bisa Kawanjo eksplor. Kalau yang hobi selancar untuk memacu adrenalin Pantai Madewi jadi barang wajib. Pantai Madewi terletak di Desa Madewi, Kabupaten Jembrana sebelah Barat Pulau Bali. Pantai ini memang tidak memiliki pasir putih.

Pantai Madewi adalah salah satu lokasi surfing terbaik di Bali selain di Kuta. Jika tak suka surfing, suasana asli Bali yang belum banyak terkontaminasi komersialisme wisata ada di Desa Madewi.

Keindahan Pulau Menjangan

Hidden Gems selanjutnya di Bali Barat adalah Pulau Menjangan. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan bisa dijangkau dengan kapal yang berangkat dari Labuan Lalang. Sampai di Pulau Menjangan, yang wajib Kawanjo lakukan adalah snorkeling. Pemandangan bawah lautnya one of the best di Bali. Bukan cuma snokeling, Kawanjo juga bisa melihat kawanan Rusa liar penghuni Pulau Menjangan.

Baca Juga : Wajib Bawa 8 Benda Ini Jika Mau Trip ke Curug

3. Bali Timur

Bangunan Bersejarah Kerta Gosa di Bali Tiimur

Bali Timur punya bangunan bersejarah Kerta Gosa yang dikenal karena bangunannya yang indah bukan kepalang. Terletak di  kota Semarapura, Kabupaten Klungkung Kerta Gosa adalah saksi bisu sejarah Bali di masa lampau. Bangunan ini merupakan sisa kejayaan salah satu kerajaan terbesar di Bali, Klungkung.

Mengutip dari situs Kemendikbud RI Kerta Gosa dulunya dipakai sebagai pengadilan pada zaman kerajaan. Bukan cuma pengadilan, Kerta Gosa di masa kerajaan adalah tempat yang dipakai raja setempat untuk mengambil berbagai keputusan penting. Ketika kolonial Belanda berkuasa bangunan ini tetap dipakai untuk beberapa fungsi pemerintahan kolonialisme.

Kini Kerta Gosa tersisa tiga bangunan utama. Di samping arsitektur, di Kerta Gosa Kawanjo juga bisa menikmati keindahan lukisan di atap bangunan. Lukisan-lukisan tersebut menceritakan berbagai kisah pewayangan seperti Sutasoma.

Birunya Air Laut di Pantai Blue Lagon

Bali Timur juga punya pantai tak kalah indah. Terletak di Karangasem dekat pelabuhan Padangbai, Pantai Blue Lagoon menawarkan suasana pantai yang tenang dan private. Daya tarik utama Blue Lagoon ada pada keindahan habitat ikan bawah lautnya. Berbagai ikan eksotis seperti kulit macan, ikan hitam dapat ditemui di Pantai Blue Lagoon yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

4. Bali Tengah

Treking di Bukit Campuhan

Nah kalau kita wisata Bali Tengah, Ubud so pasti gak mungkin terlewatkan. Namun, selain Ubud masih banyak wisata lain di Bali Tengah. Terletak di jalan Bangkiem Sidem, Ubud, Gianya, Bukit Campuhan adalah hamparan bukit hijau yang kerap digunakan pelancong untuk treking bahkan jogging. Menikmati pemandangan selama treking ke puncak Bukit Campuhan adalah barang wajib.

Tapi, jika sudah sampai puncak di waktu tepat ada bonus yang didapat. Kawanjo bahkan melihat matahari terbit dan terbenam yang begitu indah memanjahkan mata. Untuk menambah daftar wisata di Bali Tengah, Kawanjo patut ke Pura Goa Gajah di Desa Bedulu, Blahbatuh.

Goa Gaja Pura Tertua di Bali

Pura ini merupakan salah satu paling tua di Bali. Pada tahun 400 masehi Pura Goa Gajah dipakai sebagai pusat ibadah Umat Hindu setempat. Arsitektur unik serta bangunan penuh sejarah itu sayang untuk dilewatkan jika Kawanjo sedang berwisata ke Bali Tengah.

5. Bali Utara

Ghost Place yang menyeramkan

Last but not least, Bali Utara. Kita mulai dari hotel Bedugul. Kalau Kawanjo suka wisata berbau misteri, nah bangunan hotel megah yang tak lagi digunakan mesti dikunjungi. Hotel Bedugul punya alias yang begitu menyeramkan: Ghost Place.

Isu yang berkembang Ghost Place adalah pusat kegiatan supranatural. Berlokasi dataran tinggi Bedugul, Ghost Palace adalah bagunan hotel tak berpenghuni yang terkesan angker karena sudah ditumbuhi tanaman menjalar maupun lumut.

Kengerian Ghost Place kini malah menjadi magnet wisata. Jika Kawanjo suka dengan wisata unik yang bikin bulu kuduk merinding, nah tempat ini cocok buat Kawanjo kunjungi.

Berenang di Air Sanih

Di Bali Utara, dekat Pantai Lovina ada tempat wisata unik. Namanya, Air Sanih yang merupakan kolam renang dari air alami. Berenang di sini sensasinya beda. Sebab, Kawanjo akan merasakan kesegaran mata air alami yang sejuk dan teduh.

Nah itu tadi, rekomendasi wisata Hidden Gems buat Kawanjo. Kalau yang mau wisata dalam waktu dekat, tetap harus patuh protokol kesehatan, ya. Tertarik untuk liburan ke Bali lagi yuk cek paket wisata lokal dengan harga menarik di sini.

0 comments on “5 Rekomendasi Wisata Hidden Gems di Lima Wilayah Bali

Leave a Reply

%d bloggers like this: