Local Experiences

Paket Trip ke Bromo Tengger Semeru, Memang Ada Apa Aja Sih Di sana?

Gunung Bromo selalu menghadirkan keindahan yang tidak bisa dilupakan. Serasa di atas awan.

Bromo Tengger Semeru, sudah pasti jika mendengar nama ini ataupun mencarinya di google, pasti banyak sekali situs dan referensi terkait destinasi wisata yang paling favorit ini. Bromo memang punya cerita sendiri, bahkan hasil-hasil foto yang dihasilkan di tempat wisata yang direkomendasikan ini juga sangat instagramable. Bicara soal Bromo, kawanjo tahu gak sih kapan mulanya tempat ini jadi rekomendasi favorit wisata para turis lokal dan mancanegara?

Jika ditarik sejarahnya, di Bromo ada sebuah suku yang cukup terkenal yaitu Suku Tengger. Suku Tengger di Gunung Bromo, menganggap ini adalah gunung yang suci. Pada setiap tahunnya gunung ini diadakan acara upacara oleh masyarakat suku Tengger yaitu dengan dilakukannya upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini dilaksanakan di bawah kaki Gunung Bromo yang tepatnya di sebuah pura dan upacara ini di lanjut naik ke puncak bromo. 

Tapi cukup panjang untuk membahas sejarah Bromo, akan tetapi satu hal yang wajib kawanjo ketahui adalah. Gunung Bromo ini termasuk satu dari sekian gunung yang berstatus masih aktif.  Lalu selain karena sejarah dan juga beberapa kisah menarik, ada apa aja sih di Bromo yang selalu mendapatkan tempat di hati para wisatawan?

  • Padang Savana Bromo

Bromo selalu punya cerita yang sangat menarik. Tidak heran jika banyak sekali paket wisata dan juga trip yang ditawarkan ke sana. Destinasi wisata ke Bromo selalu jadi pilihan yang menarik. Padang Savana adalah satu dari sekian banyak spot indah di Bromo. Dikelilingi oleh bukit-bukit dan tebing sangat indah ini yang jadi penyebab orang yang mengunjunginya enggan beranjak pulang. 

Pemandangan menakjubkan Padnag Savana di Bromo

Daya tarik Padang Savana Bromo yang sangat luar biasa ini seakan menyihir pengunjung untuk ingin selalu berlama – lama di tempat ini. Savana Bromo adalah lokasi yang tepat untuk selfie, untuk itu jika kawanjo tour ke Gunung Bromo jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus untuk mengabadikan momen momen di setiap objek wisatanya. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi bromo tepatnya ke padang savana adalah antara bulan Januari sampai bulan juli. Kenapa begitu? pemandangannya akan jauh lebih sempurna saat bulan – bulan ini di karenakan untuk area Jawa Timur masih dalam kondisi penghujan. Sehingga rerumputan yang tumbuh di sekitar area savana akan terlihat hijau semua. 

  • Pasir Berbisik Bromo

Wah, kawanjo pasti inget deh dengan judul film “Pasir Berbisik” yang diperankan aktris ternama Indonesia, Dian Sastrowardoyo. Sepertinya, sejak film ini muncul,  Pasir Berbisik Gunung Bromo yang merupakan salah satu bagian unik dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Padang pasir ini ada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Hamparan luas padang pasir ini selalu menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pasir Berbisik yang jadi lokasi pengambilan film

Jika sering melihat teman atau kerabat foto dengan menunggangi kuda di kawasan Gunung Bromo, bisa jadi salah satu lokasinya adalah Pasir Berbisik. Jika kawanjo mau ke Pasir Berbisik, bisa menyewa mobil jeep berkisar Rp 500 ribu-700 ribu dengan pengemudinya. Jika ingin naik kuda berkeliling, biayanya berkisar Rp 20-100 ribu tergantung jarak dan kondisi. Tapi daripada rumit dan ribet, mendingan kawanjo cek aja paket wisata disini terkait Bromo. 

  • Bukit Kingkong Bromo

Ini adalah spot terbaik di Bromo untuk berburu Sunrise kawanjo! Bukit Kedaluh atau yang dikenal dengan nama Bukit Kingkong ini terletak di bawah Bukit Penanjakan yaitu sekitar kurang lebih 2,5 kilometer dari puncak Penanjakan 1 Bromo, sehingga akses masuk menuju bukit Kingkong tidak terlalu menanjak.

Pemandangan indah di Bukit Kingkong Bromo

Bukit Kedaluh atau Kingkong memiliki ketinggian 2.700 mdpl di bawah puncak Penanjakan dan pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 100-200 meter untuk bisa menikmati pemandangan kaldera Tengger. Jadi kawanjo bisa mendapatkan pemandangan terbaik di sini. Dan, ini sih yang jadi salah satu incaran para traveler saat ke Bromo. 

Baca Juga : Wajib Bawa 8 Benda Ini Jika Mau Trip ke Curug

  • Puncak Seruni Point Bromo

Bromo tidak pernah gagal dan mengecewakan kawanjo. Di sini perjuanganmu pokoknya terbayarkan deh. Jadi tahu, betapa indahnya ciptaan Tuhan. Puncak Seruni Point Bromo salah satunya. Ini merupakan sebuah puncak yang akan membuat siapapun takjub. Bagaimana tidak, keindahan Gunung Bromo jelas terlihat dari ketinggian. 

Negeri khayangan di Puncak Seruni Point Bromo

Sempurna dengan gunung lain di sekitarnya. Bahkan jika Teman Traveler datang pagi-pagi sekali, gumpalan awan di sekitar akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Seolah berada di kayangan. Pokoknya dijamin tidak terlupakan deh.

  • Bukit Cinta Bromo

Bromo oh Bromo, kamu memang selalu menggoda. Tidak heran jika destinasi liburan ke Gunung Bromo selalu menjadi favorit dan rekomendasi para wisatawan lokal dan mancanegara.  Spot ini ada di ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini bisa dicapai dari wilayah Kabupaten Pasuruan dan sekarang dikenal dengan nama Bukit Cinta. 

Bukit Cinta Bromo

Ini juga sebabnya kenapa ada tembok besar bertuliskan ‘Love Hill Bromo Tengger’ sebagai penanda lokasi sekaligus tempat berfoto. Wisatawan dapat melihat Kaldera Tengger dengan jejeran Gunung Bromo, Gunung Kursi, Gunung Widodaren, Watangan, serta keagungan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

  • Pura Luhur Poten Bromo

Liburan ke Bromo, traveler juga bisa berkunjung ke Pura Luhur Poten. Di sana traveler bisa melihat budaya Suku Tengger yang beragama Hindu. Berlokasi di bawah kaki Kawah Bromo, Pura Luhur Poten menjadi tempat ibadah nan sakral bagi Suku Tengger yang menghuni kawasan Taman Nasional Bromo di Jawa Timur. Jika kawanjo ingin melihat esensi sejati dari Pura Luhur Poten.

Pura Luhur Poten Bromo Trip

Usahakan datang saat Upacara Yadya Kasada berlangsung yang biasanya diadakan di antara bulan Juli hingga Agustus. Selain menjadi salah satu lokasi upacara, traveler bisa memaknai budaya Hindu yang dilakukan oleh Suku Tengger. Untuk mencapainya, traveler bisa menggunakan jeep sewaan dari sejumlah operator tur yang ada di kawasan Bromo. Nah, seru kan ke Bromo, yuk buruan cek paket wisata serunya di sini kawanjo, siapa tahu bisa langsung berangkat. 

0 comments on “Paket Trip ke Bromo Tengger Semeru, Memang Ada Apa Aja Sih Di sana?

Leave a Reply

%d bloggers like this: