Local Experiences

Ngetrip ke Danau Toba?Coba 5 Destinasi Keren Ini

Jika kalian masih berpikir Danau Toba hanya wisata baharinya saja, main kalian kurang jauh!

Danau Toba, siapa yang tidak kenal dan mendengar namanya! Cerita sana-sini soal gambaran pemandangan alam yang memanjakan mata, hamparan hijau perbukitan dan birunya air Danau Toba berkolaborasi epik menjadi sajian karya Sang Pencipta. Percayalah, itu belum seberapa. Satu pekan pun tak cukup kalian ini menikmati banyak hal di Danau Toba.

Semua pasti setuju kalau Danau Toba menjadi salah satu pucuk destinasi wisata eksentrik di Pulau Sumatera dan Indonesia. Nggak percaya, ini buktinya nih kawanjo. Kabarnya Danau Toba ini merupakan sebuah gunung yang meletus dahsyat sekitar 74.000 tahun yang lalu. Konon Gunung api raksasa (supervolcano) bersemayam di bawah Danau Toba (Kaldera Toba).

Akibat letusan hebat saat itu, Kaldera Toba tertutup bebatuan beku, lalu air mengisi kaldera tersebut hingga membentuk danau. Keindahannya memang tak terelakkan Kawanjo. Tapi, bukan berarti jika kalian ke sini hanya untuk berlayar dengan menikmati pemandangan yang ada saja. Masih banyak banget hal yang bisa kalian lakukan di Danau Toba, Yuk dicek :

1. Air Terjun Sipiso-piso Danau Toba

Danau Toba
Rasakan sensasi air terjun tertinggi ke-6 di Indonesia.


Berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, air terjun ini di Danau Toba ini memiliki ketinggian 120 meter dan berada tepat di tepi danau. Dilansir dari pariwisatasumut.net, air terjun ini berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut (mdpl). Air terjun Sipiso-piso ini menempati urutan ke-6 dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia Kebayang nggak? Ada air terjun tinggi banget di tepi danau? And yes, kalian bisa trekking di sini.

Cobalah untuk ke dasar air terjun melalui 500 anak tangga yang sudah disediakan, kalian akan menemukan nuansa berbeda di sana. Selain perjalanan ke dasar air terjun, kalian juga bisa pergi ke gardu pandang untuk menikmati pemandangan air terjun plus Danau Toba yang memesona.

2. Mendaki Pusuk Buhit Danau Toba

Pusuk Buhit, pemandangan kelas internasional

Ini juga epik Kawanjo. Pusuk Buhit ini merupakan sebuah bukit di area Pulau Samosir, salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba dengan ketinggian 1.982 mdpl. Pusuk Buhit terletak di tiga area Kecamatan, yaitu Penguruan, Sianjur Mula-mula, dan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Suasananya paten Kawanjo.

Pernah terbayang suasana Selandia Baru yang hijau plus udara segar yang mutlak bikin betah? Nah, mirip-mirip lah di wisata Danau Toba tepatnya di Pusuk Buhit. Sepanjang rute, kawanjo bisa menikmati berbagai macam objek-objek wisata sejarah Batak yang dipadu dengan view keindahan alam yang cukup menakjubkan.

Beberapa objek wisata seperti Aek Rangat, Puncak View Simullop, Desa Siboro, Rumah Persaktian Siraja Batak, Air Terjun Naisogop, Batu Hobon, Perkampungan Siraja Batak Sigulatti, Pusat Geopark Kaldera Toba, Batu Sawan, dan Aek Sipitu Dai patut dicoba Kawanjo.

3. Kemah di Tepi Danau Toba

Danau Toba
Kalau ramai gini, kemah sekalian cari jodoh Kawanjo!

Bisa ya berkemah? Bisa! Ada salah satu tempat berkemah favorit di Danau Toba bernama Paropo. Paropo merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi Danau Toba. Pemandangan bukit dan danau di sana tak kalah cantik dengan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani Kawanjo. Seperti biasa, jangan lupa untuk menyiapkan keperluan berkemah jika ada niatan bermalam di sini ya.

Tempat ini sangat strategis dan nyaman untuk sekadar duduk santai sambil menikmati keindahan Danau Toba. Tak jarang juga yang memanfaatkan tempat ini untuk menangkap ikan dan bakar-bakar untuk santap malam di Danau Toba. Ditemani angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk, satu pesanku, jangan lupa pulang ya Kawanjo.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Wisata Hidden Gems di Lima Wilayah Bali

4. Bukit Holbung Danau Toba

Dari gambar aja udah epik. Nggak penasaran sama aslinya?

Buat kalian yang pernah berkunjung ke Bukit Teletubbies di Bromo, Bukit Holbung ini tersaji sebagai destinasi wisata Danau Toba Kawanjo. Jelas, Wisata Bukit Holbung menawarkan spot foto yang instagenik dan kece untuk kalian pamer-pamer di media sosial. Nah buat Kawanjo yang doyan trekking, lokasi wisata ini bisa jadi spot yang tepat di Danau Toba.

Hanya butuh 15 – 35 menit saja kawanjo sudah bisa menemukan spot keren untuk foto. Disarankan untuk menyewa pemandu lokal ya Kawanjo. Banyak kok pemandu yang sudah berpengalaman dan bersertifikat. Jika bingung, kalian bisa cek di sini ya. Menuju Bukit Holbung tak banyak tempat istirahat, dan ada baiknya membawa bahan makanan dan minuman. Keren ya Danau Toba!

5. Bukit Siadtaratas Danau Toba

Usaha nggak akan menghianati hasil Kawanjo. Agak curam, nggak jadi masalah. Asal hati-hati ya.


Satu lagi dari Paropo yang ada di Danau Toba, yakni Bukit Siadtaratas. Kawasan wisata ini lumayan mudah dicari. Meski demikian, Kawanjo mesti berhati-hati karena untuk menjelajahi bukit dibutuhkan konsentrasi dan pengawalan khusus. Sudut kemiringan lerengnya lumayan curam. Bukit ini juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda dan cocok banget buat kalian para pecinta panorama sunrise dan sunset di lanskap Danau Toba.

Itulah beberapa destinasi wisata yang ada di Danau Toba. Sumpah keren-keren! Well, satu hal lagi yang perlu kita tanamkan sebelum ke Danau Toba. Di balik proses terbentuknya Danau Toba, terdapat sebuah cerita tentang seorang pemuda yang memarahi anaknya dan melanggar janji istrinya. Sang anak menangis ketika mengetahui identitas asli ibunya yang seekor ikan.

Legenda ini pun terus diwariskan hingga sekarang, bahkan nama sang anak Samosir, pun diabadikan sebagai nama pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba Kawanjo. Pesannya sih, ada baiknya kita menghormati kepercayaan dan cerita penduduk setempat dengan tidak berlaku dan berkata secara sembarangan.

Walau bagaimanapun kita ini hanyalah pengunjung. Berhubung masih dalam masa pandemi COVID-19, jangan lupa terapkan protokol kesehatan lengkap dimanapun Kawanjo berada. Jangan sampai karena kita lalai, penduduk lain terkena imbasnya. Stay safe ya jo! Untuk mengetahui destinasi wisata seru lainnya, kalian bisa cek di sini ya.

Baca Juga : Tes Adrenalin Di Curug Ekstrem Ini, Dijamin Seru dan Menantang

0 comments on “Ngetrip ke Danau Toba?Coba 5 Destinasi Keren Ini

Leave a Reply

%d bloggers like this: