Air terjun
Local Experiences

Intip 4 Air Terjun Terindah di Indonesia Dijamin Terpukau!

Air terjun indah tersebar di hampir seluruh pulau di Indonesia. Yuk cek daftarnya.

Indonesia merupakan surga air terjun terindah yang jadi pilihan populer untuk melancong. Terdapat segudang air terjun terindah di Indonesia. Mereka tersebar dari yang paling dekat dengan ibu kota Jakarta yaitu Bogor, Sumut hingga Pulau Lombok.

Bukan tanpa alasan kenapa air terjun jadi pilihan berwisata, sebab berwisata di sana adalah sebuah paket lengkap. Ketika berada di air terjun banyak kegiatan yang bisa Kawanjo lakukan. Berenang di air terjun so pasti jadi pilihan utama. Jika tak mau berenang, Kawanjo bisa pula hanya melihat pemandangan di air terjun sembari menikmati sejuknya hawa sekitar.

Nilai plus lain yang bisa didapat ketika berwisata air terjun terindah dari Bogor hingga Lombok yaitu, spot instagramble. Kalau Kawanjo ingin berwisata di air terjun tapi bingung mau ke air terjun mana? gak usah bingung-bingung lagi, kami sudah bikin daftar empat air terjun terindah yang ada di Indonesia yang tersebar dari Bogor, Sumut sampai Lombok

Yuk, Kawanjo intip daftar air terjun terindah di Indonesia:

Curug Cibaliung Bogor

Curug
Curug Cibaliung Bogor salah satu air terjun terindah di Indonesia

Air terjun terindah yang tersebar dari Bogor, Sumut sampai Lombok yang masuk daftar awal kami adalah Curug Cibaliung di Bogor. Air terjun ini punya julukan surga tersembunyi. Julukan ini tidak ujug-ujug disematkan ke air terjun Curug Cibaliung. Air terjun indah ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Nilai plus lain, air terjun ini lokasinya tidak jauh dari Jakarta.

Air terjun indah ini terletak di Leuwi Hejo Karang Tengah, Bogor. Jaraknya tidak hanya sekitar satu setengah jam menggunakan mobil. Trekking dari tempat parkir kendaraan menuju air terjun indah ini sekitar satu setengah jam berjalan kaki, tidak begitu jauh. Waktu jarak tempuh itu didapat karena Curug Cibaliung adalah curug terdalam di rute tersebut

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Curug Cibaliung Jadi Rekomendasi Favorit Liburan Milenial

Usai trekking untuk sampai ke curug, lelah Kawanjo digaransi pasti terbayar. Keindahan air terjun ini bukan kaleng-kaleng. Sungai tempat Curug Cibaliung bermuara warnannya hijau toska. Sungguh memanjakan mata. Sedangkan bebatuan raksasa-raksasa di sekitar air terjun indah ini adalah spot foto favorit.Di Curug Cibaliung Kawanjo punya berbagai opsi aktivitas.

Tebing batu di sekitar air terjun curug Cibaliung Bogor

Mulai dari berenang di muara sungai bersih, bersantai menikmati keindahan curug, hingga foto-foto untuk dipamerkan nanti sosial media Kawanjo masing-masing. Kawanjo gak usah ragu lagi untuk segera ke Curug Cibaliung salah satu air terjun terindah di Indonesia yang tersebar di Bogor, Sumut hingga Lombok.

Curug Cikuluwung Bogor

Curug Ciku
Jernihnya muara sungai curug Cikuwulung di Bogor

Air terjun terindah lainnya di Indonesia lokasinya tak jauh dari Curug Cibaliung, masih sama-sama berada di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Curug Cikuluwung namannya, lokasi tepatnya di Desa Cibitung Wetan, Pamijahan Kabupaten Bogor Barat. Untuk menuju ke Curug Cikuluwung Kawanjo yang datang dari Jakarta harus menempuh perjalanan dengan mobil satu setengah hingga dua jam.

Ketika tiba di lokasi parkir kendaraan, keistimewaan Curug Cikuluwung sudah terlihat.Jika air terjun-air terjun indah lainnya perlu treking berjam-jam, tidak demikian dengan curug satu ini. Hanya butuh jalan kaki sekitar 20 menit. Namun, Kawanjo perlu waspada. Menuju air terjun Cikuluwung, kawanjo akan menuruni anak tangga yang terjal dan lincin. Sampai di air terjun, kawanjo pasti tertegun melihat air terjun indah ini. Muara air terjun begitu jernih, air juga berwarna kebiruan.

Curug Ciku
spot instagramble Curug Cikuwulung di Bogor

Hawa sejuk khas melancong di air terjun turut terasa. Yang spesial lagi, di sekeliling air terjun ada batuan tebing menjulang tinggi. Tebing-tebing jadi spot favorit para pemburu foto.Uniknya lagi, Curug Cikuluwung punya tiga kolam. Satu kolam letaknya di bawah air terjun. Tapi di sini ada langana berenang.Kolam kedua tidak jauh dari kolam pertama dalamnya sekitar 1,20 meter.

Di sini Kawanjo boleh berenang. Sedangkan di kolam ketiga, yang kedalamnnya 1,50 meter bisa pula dipakai bermain air dan berenang. Pengelola air terjun sudah menyediakan sejumah fasilitas, seperti pelampung, kamar mandi untuk bilas, gazebo, hingga warung makan untuk isi perut seusai puas bermain. Yuk, masukin Curug Cikuluwung ke daftar wisata Kawanjo.

Air Terjun Sipiso-piso Sumut

Air terjun Sipiso-piso di Sumut

Dua jam perjalanan darat menggunakan mobil dari kota Medan atau 24 km dari ibu kota Kabupaten Tanah Karo, Kabanjahe, ada air terjun terindah yang di Sumatera Utara, Air Terjun Sipiso-piso. Sipiso-piso atau dalam bahasa lokal berarti pisau tajam, jadi nama air terjun ini karena bentuknya jika dilihat dari jauh seperti pisau. Air terjun ini lokasi tepatnya berada di Desa Tongging Kecamaten Marek, Kabupaten Karo, Sumut.

Sama seperti air terjun lainnya di Indonesia, menuju ke lokasi air terjun Kawanjo kudu trekking dan menuruni anak tangga. Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan menuju curug mata Kawanjo bakal dimanjakan dengan pemandangan spektakuler nan hijau. Pemadangan di jalur menuju Air Terjun Sipiso-piso cuma jadi hidangan pembuka. Main course-nya lebih dahsyat lagi.

Kawanjo bakal melihat curahan air terjun setingg 180 meter. Air terjun Sipiso-piso merupakan salah paling tinggi di Indonesia. Sudah puas menggagumi keindahan air terjun, Kawanjo jangan lupa berenang dan main air di sana. Sebab, main air dikelilingi pemandangan indah berupa tebing menjulang dan pepohonan plus udara sejuk enggak ada yang bisa ngalahin.

Saking luar biasanya Sipiso-piso, yang datang bukan cuma turis lokal, tapi pelancong asing kerap menjadikan air terjun ini pilihan wisata. Yuk jangan ragu, mari Kawanjo berangkat menuju Sipiso-piso yang berada di Sumut.

Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Keindahan Air Terjun Benang Kelambu di Lombok

Lombok Tengah populer dengan pantai-pantai indah. Tapi, Lombok Tengah punya harta karun lain, air terjun indah, Benang Kelambu. Air Terjun ini patut masuk daftar air terjun terindah yang terbentang dari Lombok, Sumut hingga Bogor. Berlokasi di kaki gunung Rinjani, air terjun Benang Kelambu seharusnya bukan lagi alternatif wisata saat berada di Lombok. Air terjun ini wajib masuk jadwal perjalanan Kawanjo.

Untuk ke menuju lokasi air terjun indah itu, Kawanjo harus melewati hutan di Lombok. Sebagian area hutan dimanfaatkan warga sekitar sebagai kebun teh. Bisa kebayang, kan, gimana serunya pemandangan menelusuri hutan plus perkebunan teh. Walau indah tiada tara, Kawanjo harus hati-hati karena anak tangga di air terjun ini terjal dan jumlahnya ratusan.

Usai lewat anak tangga, Kawanjo akan disugguhkan pemandanngan air terjun bertingkat. Muara sungai air terjun sangat jernih. Air terjun di sini keindahannya begitu unik. Pasalnya, air terjun ini nampak keluar dari sela pohon-pohon hijau. Bermain air maupun berenang di sini begitu aman, karena ada kolam khusus untuk bisa menikmati kegiatan main air. Kalau gak mau main air, Kawanjo bisa menikmati pemandangan indah, tentunya sambil foto-foto.

Sebab, bukan cuma air terjunnya yang luar biasa. Pemandangan sekeliling air terjun seperti hamparan pohon, higga bebatuan dijamin menyihir Kawanjo. Itu tadi empat air terjun yang masuk daftar air terjun terindah di Indonesia. Buat Kawanjo yang mau cobain serunya ngetrip ke curug-curug ini, bisa langsung pesan di sini.

Baca Juga: Liburan Ke Curug Cikuluwung, Salah Satu Surga Air Terjun di Bogor

0 comments on “Intip 4 Air Terjun Terindah di Indonesia Dijamin Terpukau!

Leave a Reply

%d bloggers like this: