Health Lifestyle

5 Alasan Traveler Harus Bisa Renang, Poin 3 Impian Semua Orang

Belajar renang tidak hanya perkara cebar-cebur di laut, konon juga bisa mencegah kematian.

Kok renang sih? Kenapa nggak jago foto, bikin video, jago bikin itinerary atau bahkan jago atur keuangan saat plesir ya? Karena hal-hal barusan sangat fundamental nih kalau Kawanjo punya rencana untuk traveling.

Rasanya renang menjadi penting ya karena Indonesia ini memiliki luas 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan luas perairan lebih besar dari pada luas daratan. Nggak heran kenapa Indonesia ini menyimpan kemewahan di sektor kelautan. Bukan hanya kita, seluruh dunia pun mengakuinya. So, bisa renang itu penting!

Tengok yuk, kejernihan air laut di Pulau Derawan yang masuk urutan ke-63 dalam daftar CNN world’s 100 beaches in the world, 200 spot diving di Tomini Bay, ribuan biota laut dengan pemandangan bawah laut bak lukisan, sekaligus menjadi surga wisata bahari mancanegara Kepulauan Raja Ampat, belum lagi Nusa Penida, Labuan Bajo, Wakatobi, lalu Taman Laut Takabonerate, yang disebut-sebut sebagai taman laut terbesar ke-3 setelah Kwajifein di Marshall dan Suvadiva di Maladewa. Masih banyak lagi Kawanjo. Pokoknya kelasnya mahal lah. Eh, tapi kalau mau cek destinasi wisata yang murah-murah, coba ke sini.

Kalau ditarik kesimpulan, hal yang paling logis sih, ilmu renang ini bisa kita pakai saat mengunjungi wisata bahari, seperti yang kita sebut-sebut tadi. Ya, kalo udah pergi ke destinasi yang indah nan sulit dijangkau, sayang aja kalau kita cuma menikmati pemandangan luarnya saja.

Tapi ya, ternyata nggak hanya itu Kawanjo. Manfaat renang ini ternyata banyak banget. Bahkan buat kalian yang suka trekking ataupun menjalankan aktifitas dengan mobilitas tinggi. Jadi nggak mesti aktivitas di air ya. Oke lah, berikut 5 manfaat olahraga renang buat kalian yang suka traveling.

1. Renang Menyehatkan Jantung

Renang itu sehat
Berenang olahraga yang sehat dan menyenangkan


Jangan sangka traveling itu nggak capek Kawanjo. Kadang, untuk mencapai destinasi impian, kita harus susah payah dulu. Entah harus berjalan puluhan kilo untuk sampai ke puncak gunung, atau siapkan stamina lebih untuk menjangkau seberang pulau. Mau nggak mau nih, kesehatan tubuh wajib dijaga, khususnya jantung kita. Para peneliti melakukan riset bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian. Melalui olahraga renang, seseorang dapat meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. Dalam studi penelitian di Indian Journal of Physiology and Pharmacology, perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru lebih baik saat pernapasan rileks dibandingkan pelari. Dengan begitu, berenang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula dalam darah. Peredaran darah lebih lancar dan napas menjadi lebih kuat dan panjang.

2. Renang Menurunkan risiko diabetes

Renang
Pembunuh nomor satu di dunia itu gula Kawanjo. Masih ragu untuk belajar rena

Ih, ngapain sih kita bahas diabetes? Memang ada hubungannya dengan traveling ya? Ada Kawanjo! Traveling itu butuh tenaga ekstra, dan tenaga itu banyak bersumber dari karbohidrat. Nggak heran deh banyak traveler yang ‘sangu’ karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya selama melakukan aktivitas berat seperti trekking. Jika tidak dimbangi dengan olahraga, resiko diabetes semakin tinggi Kawanjo. Nah kenapa renang jadi solusi? Berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula sekaligus. Renang selama 30 menit dalam tiga kali seminggu saja mampu membakar hingga 900 kalori. Itu gede banget Kawanjo. Boleh di coba nih buat kamu yang males gerak dan hobi nambah nasi.

3. Renang Bikin awet muda

Renang menyehatkan
Jadi pilih skin care atau renang Kawanjo?

Ini bonusnya Kawanjo. Ternyata nggak perlu keluar uang lebih untuk jaga wajah kita dari penuaan. Memang sih, kalau penambahan usia itu nggak bisa dihindarkan. Tapi setidaknya, wajah kita tetap ceria dan kelihatan muda saat foto-foto di spot terbaik yang ada di Indonesia. Menurut penelitian dari Indiana University, olahraga renang membuat kita tetap bugar di usia senja dan membuat umur kita lebih panjang.

Baca Juga : 13 Tip Atasi Pegal dan Nyeri Otot Sehabis Bepergian

Berenang ini mampu memengaruhi dan mencipta tekanan darah, kadar kolesterol, kesehatan jantung dan pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, dan massa otot yang identik ditemukan pada orang yang lebih muda.Selain itu pergerakan pada olahraga renang membuat otot dan tulang di seluruh tubuh secara rutin akan mempertahankan kekuatannya, hingga mencegah terjadinya osteoporosis di masa tua.

4. Renang Mengurangi stres

Setelah traveling ada rencana berenang?

Sejatinya, kita mengharapkan traveling itu menjadi remedi atas segala kepenatan yang kita terima. Namun ada kalanya traveling justru membuat kita stres Kawanjo. Mulai dari pengaturan keuangan yang kurang tepat, panik menghadapi berbagai masalah saat trekking, persediaan makanan yang mulai habis, cedera, sampai tersesat di hutan pastinya menyita pikiran kita.

Kenapa renang bisa jadi solusi? Manusia terdiri dari sekitar 60 hingga 70 persen air dari berat tubuh. Bersentuhan dengan air saja bisa membuat tubuh lebih tenang dari sebelumnya. Lalu, banyaknya gerakan akan merangsang hormon endorphin yang mampu memperbaiki suasana hati. Nah kalau sudah sering berenang, nantinya akan terbiasa deh mengorganisir tingkat stres yang ada di kepala kita.

Tapi ya Kawanjo, ada baiknya kalau mau traveling itu kita ajak local guides yang berpengalaman dan sudah bersertifikasi biar nggak stres kalau menghadapi masalah saat plesiran. Kalau bingung carinya, kalian bisa cek di sini ya.

5. Renang Sebagai terapi cedera

Renang itu sehat
Renang bisa bantu pemulihan pasca cedera.

Dalam perjalanan kita berharap akan baik-baik saja Kawanjo. Namun, kemungkinan cedera pasti ada jika kita lalai atau tak berhati-hati menghadapi medan yang cukup berat. Lalu apa kaitannya dengan renang? Di luar cedera, renang dapat membuat postur tubuh kembali ke bentuk ideal. Tulang belakang yang tadinya mengalami pergeseran akibat aktivitas berat, bisa kembali normal melalui aktivitas renang.

Renang juga bisa mencegah rasa nyeri sendi. Para atlet, cabang apapun disarankan untuk bisa renang Kawanjo. Mereka percaya renang itu bisa menjadi terapi pemulihan pasca cedera. Well, itu dia beberapa alasan kenapa olahraga renang sangat penting bagi kalian para traveler. Ternyata manfaat renang banyak ya. Bagaimana, di antara kalian ada yang belum bisa renang?

Yuk mulai belajar! Lumayan kan kita bisa ikutan snorkeling atau diving di surga bawah laut yang ada di Indonesia. Yang deket aja dulu. Setelah bisa berenang, kamu bisa lawan takut kalian dengan destinasi liburan yang ekstrim untuk pacu adrenalinmu. Buat yang bingung cari destinasi seru untuk liburan, kalian bisa cek di sini.

Baca Juga : Hobi Trekking? Ini 6 Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat

0 comments on “5 Alasan Traveler Harus Bisa Renang, Poin 3 Impian Semua Orang

Leave a Reply

%d bloggers like this: