Local Experiences

5 Gunung yang Sulit Didaki, Mulai dari Semeru hingga Puncak Jaya

Gunung-gunung yang sulit didaki di Indonesia dari Semeru hingga Puncak Jaya menyimpan keindahan spektakuler.

Angkat ranselmu, dan mari kita berangkat menuju puncak! Kapan lagi, iya gak kawanjo? Hampir di setiap postingan media sosial, pasti deh lagi tren ngetrip naik gunung, trekking, bahkan main ke curug. Pokoknya semua destinasi wisata itu yang lagi hits, berkaitan dengan alam bebas yang hijau.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya dengan pantai hingga gunung. Khusus untuk gunung, sebenarnya cukup banyak gunung di Indonesia yang sulit didaki. Namun, ketika sampai di puncak jadi banyak ‘hadiah’ menanti. Gunung-gunung dengan kesulitan tinggi itu tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Gunung Raung (Puncak Sejati) dan Semeru di Jawa Timur hingga Puncak Jaya di Papua. Berbagai gunung tersebut patut masuk daftar gunung paling menantang, Kawanjo.

Gunung-gunung sulit dengan jaluar pendakian ekstrem dari Raung, Semeru hingga Puncak Jaya memang punya keistimewaan tersendiri. Pemandangan indah bahkan tidak hanya tersedia jika sudah mencapai puncak. Mulai dari kaki gunung sampai puncak, Kawanjo pasti akan mendapat pengalaman-pengalaman spektakuler yang tiada tara dan mungkin tak didapat saat plesiran ke destinasi wisata lainnya.

Oleh sebab itu, hiking gunung dengan pendakian ekstrem sudah sepatutnya menjadi opsi utama bagi para pendaki untuk kembali angkat ransel. Sebab, kami percaya mendaki gunung-gunung dengan jalur pendakian ekstrem adalah obat meredam stres di masa pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai.

Baca Juga : Wow, Inilah 12 Gunung Dengan Sunrise Terindah di Indonesia

Tapi, kalau yang benar-benar niat untuk mendaki gunung sulit didaki, semua harus dipersiapkan dengan sangat matang. Mulai dari mental hingga fisik. Kawanjo yang ingin mendaki gunung ekstrem seperti Puncak Sejati Raung dan Puncak Jaya sangat disarankan adalah seorang pendaki profesional atau setidaknya bukan yang hanya sekadar coba-coba, serta naik dengan kelompok besar dan profesional.

Nah, Kawanjo kalau sudah mempertimbangkan dengan matang, persiapan juga telah oke, kami rekomendasikan lima gunung sulit didaki di Indonesia selain Puncak Sejati Raung dengan pemandangan spektakuler. Tapi, kalau mau mendaki selain siap mental dan fisik harus patut protokol kesehatan juga, ya. Sebagai catatan, nomor urut di sini bukan merupakan peringkat, melainkan hanya sebagai list.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru
Keindahan Gunung Semeru

Salah satu gunung paling sulit (tapi bukan yang paling sulit) didaki yang ada di daftar ini adalah Gunung Semeru. Gunung ini adalah yang tertinggi di Pulau Jawa. Puncak tersohor Mahameru setinggi 3676 dari permukaan laut. Rute Arcopodo menuju Mahameru yang terjal dengan pasir licin membuat kami harus memasukkan Semeru dalam daftar ini. Selain tertinggi di Jawa, Semeru adalah gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi dan Gunung Rinjani di Lombok.

Gunung Semeru sendiri berada di dua kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semeru dalam beberapa tahun, usai film 5 cm ditayangkan, jadi salah satu gunung favorit pendaki. Meski demikian, tidak mudah untuk mendaki Gunung Semeru. Syarat pertama mendaki Gunung Semeru Kawanjo wajib mendaftar online seminggu sebelum pendakian.

Baca Juga : Catat 7 Hal ini Sebelum Mendaki Gunung!

Usai daftar, Kawanjo akan memulai pendakian dari jalur Ranu Pani. Dari jalur pendakian awal Semeru Kawanjo akan disuguhkan pengalaman spektakuler. Mulai dari desa Ranu Pani, hijau berbukit Watu Rejeng, indahnya danau Ranu Kumbolo, uniknya tanjakan cinta sampai padang savana Oro-Oro Ombo.

Dari Kalimati menuju Arcopodo, perjuangan dimulai. Setelah itu, trek terberat yakni tanjakan pasir Mahameru telah menanti. Di puncak Gunung Semeru, Mahameru, segala bentuk lelah dan perjuangan ekstrem Kawanjo 100 persen terbayar. Kawanjo sudah berada di Atap Jawa di atas awan, seakan-akan seluruh pulau Jawa bisa terlihat di puncak Mahameru. So Kawanjo yang suka mendaki ekstrem harus ke Semeru atau ayo mendaki lagi ke Semeru bagi yang mau mengulang betapa serunya mendaki di gunung itu.

2. Gunung Puncak Jaya

Guu
Puncak Jaya di Papua

Setelah berbicara soal Semeru, kini kita beranjak ke Papua. Di sana ada Puncak Jaya yang masuk ke dalam daftar gunung Indonesia yang sulit didaki. Mungkin inilah yang tersulit dari yang paling sulit. Sebelum bercerita lebih dalam, kita punya info Puncak Jaya itu punya nama lain yaitu Carstensz Pyramid. Kawanjo juga pasti tahu, kalau Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia serta kawasan Pasifik Oseania.

Dengan fakta-fakta itu, mendaki Puncak Jaya yang masuk dalam bagian pegunungan Jayawijaya bukan perkara mudah. Tapi, bukan mustahil untuk didaki. Ada tiga jalur yang bisa Kawanjo ambil jika ingin mendaki Puncak Jaya yaitu Ilaga, Singa, dan Tembagapura.

Baca Juga: 4 Desa Wisata Menakjubkan di Papua yang Wajib Kamu Datangi.

Untuk mencapai Puncak Jaya setinggi 4884 mdpl, Kawanjo harus punya kemampuan panjat tebing. Terkait berapa lama jarak tempuh ke Puncak Jaya itu tergantung Kawanjo mengambil jalur mana. Nah, saat Kawanjo sudah sampai puncak maka pemandangan utama yang akan ditemui adalah salju abadi. Di atas sana terdapat pula berbagai glacier tropis yang bisa dilihat.

3. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong
Pemandangan perjalanan menuju puncak Gunung Latimojong

Gunung tersulit didaki di Indonesia selanjutnya ada di Pulau Sulawesi. Namanya Gunung Latimojong yang terletak di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Sama seperti Semeru dan Puncak Jaya, bukan perkara mudah mendaki gunung ini. Jalur yang ditempuh adalah hutan rapat. Tapi, jika sudah sampai puncak bukan pemandangan biasa yang ada di gunung setinggi 3.478 meter di atas permukaan laut.

Puncak Latimojong Rante Mario merupakan puncak paling tinggi di pulau Sulawesi, atau atap Sulawesi. Di Rante Mario Kawanjo akan melihat puncak-puncak lainnya yang ada di kawasan pegunungan Latimajong. Bisa bayangin, kan, gimana indahnya. Di puncak Rante Mario juga ada tugu yang terletak di tanah cukup datar. Jadi gak usah ragu masukin Gunung Latimojong ke daftar ya.

4. Gunung Leuser

Gunung Leuser
Ilustrasi Gunung Leuser

Gunung selanjutnya yang masuk daftar sulit didaki adalah Gunung Leuser yang berlokasi Provinsi Aceh dan terbentang di beberapa kabupaten yaitu Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tamiang. Bagian Gunung Leuser juga ada di Sumatera Utara. Inilah gunung dengan jalur perjalanan terjauh dan terpanjang di Indonesia. Beberapa sumber bahkan mengatakan salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara.

Kondisi Ekstrem pendakian Gunung Leuser berbeda dengan gunung-gunung lain. Kawanjo saat mendaki gunung ini tak akan menemukan jurang dan tebing. ‘Musuh’ Kawanjo di sini adalah hutan lebat belantara yang dihuni hewan buas. Kawanjo yang ingin mendaki sampai puncak Gunung Leuser harus masuk keluar hutan, dengan durasi tempuh mencapai 20 hari bolak-balik. Karena jalur ekstremnya yang mau mendaki di sana mesti seiizin polisi.

Baca Juga: Luar Biasa. Ternyata ini 8 Kota Penghasil Pria Tertampan di Indonesia.

Leuser memiliki beberapa puncak, yakni Puncak Leuser (3.119 mdpl), Puncak Loser (3.404 mdpl) dan Puncak Tanpa Nama (3.445 mdpl). Gunung Leuser jadi salah satu pendakian yang sangat bergengsi untuk para profesional.

5. Gunung Binaya

Gunung Binaya
Penampakan Gunung Binaya

Gunung tertinggi di Maluku ini menyimpan ‘harta karun’ wisata yang belum banyak diketahui warga kebanyakan. Binaya punya sejumlah misteri dengan daya tarik tersendiri.

Jika Kawanjo tertarik untuk mendaki Gunung Binaya maka Kawanjo harus pergi ke Pulau Seram Kabupaten Maluku Tenggara. Untuk mendaki gunung ini ada dua jalur ditawarkan bisa melewati jalur utara yaitu Desa Kanike atau Desa Piliana di sisi selatan. Dua jalur pendakian ini sama-sama menantang dan punya pemandangan spektakuler mulai dari pantai hingga tebing.

Baca Juga: Paket Trip ke Bromo Tengger Semeru, Memang Ada Apa Aja Sih Di sana?

Bila sudah sampai di puncak Gunung Binaya setinggi 3.021 mdpl maka pemandangan laut serta desa-desa dan puncak-puncak lain yang sudah dilewati akan terlihat. Dari pos terakhir hingga sampai ke puncak butuh waktu tiga jam. Banyak pendaki berkata, puncak Binaiya nagih untuk dikunjungi lagi karena pemandangan campur-campur dari atas, yaitu mulai dari pantai, gunung lain, hingga desa bisa terlihat.

Baca Juga: Bangga! Ini 5 Kopi Indonesia yang Mendunia.

Itu tadi lima gunung di Indonesia yang paling sulit didaki selain Puncak Sejati Raung, mulai dari Gunung Semeru hingga Puncak Jaya. Buat Kawanjo yang mau cobain trip ke destinasi lokal menarik dengan paket wisata terjangkau di masa pandemi COVID-19 ini, bisa langsung pesan di sini ya!

Baca Juga : Cinta Desa Wisata : Cerita Indah Sarat Makna

0 comments on “5 Gunung yang Sulit Didaki, Mulai dari Semeru hingga Puncak Jaya

Leave a Reply

%d bloggers like this: