Local Experiences

Ngabuburit Menunggu Bedug Magrib,Coba 5 Aktivitas Seru Ini

Nungguin bedug magrib biasanya disebut ngabuburit. Cobain aktivitas seru ini, nomor 4 paling seru sih!

Marhaban ya Ramadan, tidak terasa kawanjo, kita sudah dua kali menjalankan ibadah puasa di masa pandemi COVID-19. Semua tatanan kehidupan berubah drastis sejak COVID-19 menyerang Indonesia. Mulai dari cara bekerja, sekolah, bersosialisasi sampai liburan juga semuanya tidak lagi sama. Butuh pertimbangan matang, tidak heran beberapa tren wisata saat pandemi COVID-19 pun berubah. 

Selain berburu pahala di Ramadan, ada juga beberapa aktivitas seru yang suka dilakukan oleh beberapa umat muslim di Indonesia khususnya sembari menunggu adzan magrib. Nama kegiatanya adalah ngabuburit kawanjo. Ngabuburit biasanya dilakukan saat puasa Ramadan, khususnya jelang detik-detik adzan. Istilah ngabuburit lebih familiar untuk anak-anak dan remaja yang memiliki banyak waktu kosong saat menjalankan ibadah Puasa. Waktu kosong inilah yang disebut dengan ngabuburit.

Kata ngabuburit sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Sunda “burit” yang memiliki arti waktu menjelang sore. Secara keseluruhan ngabuburit merupakan singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai-santai menunggu waktu sore.Kata ini kemudian menjadi identik dengan Ramadan karena Ibadah Puasa  Ngabuburit sendiri kerap diisi dengan berbagai aktivitas. Beberapa daerah bahkan memiliki tradisi ngabuburitnya masing-masing. 

Penasaran kan aktivitas apa saja yang dilakukan umat Islam saat ngabuburit? 

1. Ngabuburit Jalan Sore

Ngabuburit
Ngabuburit motoran cari takjil

Satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadan bukanlah sebuah hal yang mudah. Ini jadi kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia. Setelah satu hari berpuasa, sudah pasti yang ditunggu adalah bedug magrib. Tapi sambil menunggu, biasanya orang Indonesia khususnya umat muslim pasti ngabuburit.  Berburu menu berbuka puasa di bulan Ramadan jadi alasan aktivitas seru buat ngabuburit.

Apalagi jika bukan berburu takjil, bener nggak kawanjo? Detik-detik menunggu bedug magrib, biasanya paling seru itu riding atau motoran bareng teman berburu takjil untuk berbuka puasa. Biasanya juga sambil mencuci mata, misalnya mengunjungi beberapa taman kota di sekitarnya. Seru banget deh!

Baca Juga : 26 Macam Es Khas Nusantara yang Enak Untuk Buka Puasa

2. Ngabuburit Main Badminton

Ngabuburit
Main Badminton menunggu adzan magrib

Menurut para pakar kesehatan sebenarnya olahraga yang bagus itu dilakukan sebelum sahur. Satu jam sebelum sahur pokok bagus untuk berolahraga. Tapi faktanya, orang Indonesia malah gemar ngabuburit sambil olahraga. Terutama olahraga yang selalu muncul saat Ramadan tiba nih kawanjo. Apalagi jika bukan main badminton. Bermain badminton juga jadi aktivitas seru umat muslim yang suka dilakukan menunggu bedug magrib. 10 menit jelang adzan magrib!

3. Ngabuburit Nonton Film Favorit

Di era pandemi COVID-19, kegiatan yang dilakukan selain pergi liburan singkat atau trekking, naik gunung dan main ke curug. Sudah pasti nonton film streaming jadi andalan. Biasanya di bulan Ramadan, banyak orang yang memilih untuk menonton serial film favorit di rumah sembari menunggu adzan magrib berkumandang. Dan ini termasuk kegiatan ngabuburit yang aman kawanjo. 

Waktu saat menjalankan ibadah puasa akan terasa tidak begitu lama. Tapi jangan lupa untuk menyalakan alarm adzan magrib di smartphone ya! Biar tahu jika waktu adzan magrib sekarang dan tidak lupa untuk membatalkannya. 

4. Ngabuburit Sepedaan

Ngabuburit

Selain olahraga badminton saat Ramadan, ternyata ada juga aktivitas ngabuburit yang seru dilakukan. Ngabuburit sambil naik sepeda pastinya seru. Kumpul bersama teman, eitss tentunya dengan protokol kesehatan COVID-19 ya kawanjo. Gowes ke taman kota sembari menunggu bedug magrib. Sesekali melipir dan melirik kumpulan pedagang es buah segar sambil menunggu adzan magrib berkumandang. Setelah membatalkan puasa, jangan lupa untuk melakukan ibadah salat magrib ya kawanjo.

5. Ngabuburit Main Game

Ngabuburit
Ngabuburit sambil main game

Aktivitas seru ngabuburit lainnya adalah bermain game sambil menunggu adzan magrib. Banyak game seru yang bisa kawanjo mainkan di bulan Ramadan, tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai umat muslim seperti shalat dan tadarusan di bulan suci Ramadan. Kegiatan ini hanya dilakukan di waktu menunggu bedug magrib saja ya! Jangan setiap waktu main game terus, nanti bukannya dapat pahala malah hilang dan dapat dosa. Buat yang mau coba ngabuburit berburu tiket wisata dan paket wisata menarik bisa juga coba di sini. Siapa tahu habis lebaran mau ngetrip sama teman pakai duit THR, hehehe.

Baca Juga : 5 Smartphone Murah Ini Siap Jadi Teman Traveling Kamu!

0 comments on “Ngabuburit Menunggu Bedug Magrib,Coba 5 Aktivitas Seru Ini

Leave a Reply

%d bloggers like this: