Kesehatan Local Experiences

5 Menu Buka Puasa Sehat, Dari Kurma Sampai Salad

Menu Buka Puasa Sehat seperti Kurma Sampai Salad Patut Dicoba untuk Menjaga Kesehatan saat Bulan Ramadan.

Bulan suci Ramadan 1442 Hijriah tinggal menghitung hari. Jelang bulan penuh berkah itu, Kawanjo yang berpuasa pasti sudah kangen dengan berbagai tradisi di bulan penuh berkah. Salah satunya adalah buka puasa bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Kawanjo, untuk berbuka puasa kami punya beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat. Jadi Kawanjo gak perlu tuh setiap buka puasa selalu santap gorengan, sirup manis, atau kolak.

Baca Juga: 26 Macam Es khas Nusantara yang Enak Untuk Buka Puasa

Menu buka puasa sehat yang kami rekomendasikan juga beragam. Kawanjo tidak perlu khawatir bosan dengan makanan atau minuman untuk membatalkan puasa yang sehat saat bedug magrib nanti. Dari Salad berbagai macam salad yang menggugah selera sampai kurma masuk rekomendasi kami. Yuk kita intip daftar 5 menu buka puasa sehat:

1. Buka Puasa Pakai Kurma

Menu buka puasa
Hidangan Kurma untuk Buka Puasa Kaya Manfaat

Menu buka puasa sehat pertama yang kami rekomendasikan adalah buah khas Timur Tengah yang selalu muncul di Bulan Suci Ramadan, kurma. Kawanjo pasti sudah kangen, kan, dengan legitnya kurma. Seperti sunah Nabi Muhammad SAW untuk memakan kurma dan minum air putih saat berbuka puasa, buah itu juga punya berbagai manfaat baik untuk kesehatan.

Menurut beberapa penelitian kurma mempunyai kandungan kalori cukup untuk mengembalikan energi usai berpuasa sehari penuh. Selain itu, kurma kaya akan nutrisi baik serta tinggi serat yang begitu baik untuk membantu menjaga kesehatan di bulan Ramadan. Jadi, jangan ragu untuk konsumsi kurma sebagai menu berbuka puasa sehat.

2. Buka Puasa Pakai Salad Sayur dan Buah

Menu Buka Puasa
Salad Belum Jadi Menu Populer untuk Buka Puasa

Menu buka puasa sehat selanjutnya jika dibanding kurma dan menu lain, mungkin masih kurang populer di tengah masyarakat Indonesia. Tapi, mengomsumsi salad sayur dan buah saat buka puasa baik untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal. Salah satu manfaat nyata menyantap salah buah atau sayur adalah memperlancar pencernaan kesehatan jantung.

Baca Juga: Hobi Trekking? Ini 6 Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Meski baik, Kawanjo yang ingin buka puasa sehat dengan salad disarankan untuk menggunakan bahan-bahan sayur segar. Kawanjo juga harus menghindari penggunaan buah-buahan olahan dan daging olahan di menu salad yang akan dikonsumsi saat berbuka nanti. Selain itu, dressing salad disarankan memakai olive oil dan tidak mayones atau taburan keju.

3. Buka Puasa Pakai Oatmeal

Menu Buka Puasa
Oatmeal Punya Segudang Kandungan Baik untuk Buka Puasa

Setelah salad dan kurma yang masuk rekomendasi ada makanan dari gandum yang kini cukup populer, oatmeal. Menyantap oatmeal bukan cuma bisa menjadi menu buka puasa sehat. Oatmeal juga pas untuk dikonsumsi saat sahur. Oatmeal yang berbahan dasar gandum direkomendasikan dikonsumsi karena manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak.

Oatmeal punya banyak serat, vitamin, serta mineral. Oatmeal juga bersifat antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Mengkonsumsi oatmeal baik ketika buka maupun sahur dapat pula membantu menurunkan kolesterol, diabetes, menjaga kesehatan jantung serta dapat membantu pertumbuhan bakteri baik untuk pencernaan.

4. Buka Puasa dengan Jus Sayuran

Menu Buka Puasa
Jus Sayur Segar untuk Buka Puasa

Menu buka puasa sehat selanjutnya yang masuk daftar dari kurma hingga salad, sangat simpel. Jus sayur dapat menjadi opsi kawanjo yang ingin menu buka puasa sehat nanti saat Ramadan. Meminum jus sayur nyatanya sangat baik untuk kesehatan selama puasa. Jus sayur juga baik mempertahankan berat badan ideal.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2021 Akhirnya Dilarang Pemerintah Terkait COVID-19

Sehingga seusai bulan suci Kawanjo gak usah pusing lagi soal berat badan yang seketika naik atau turun. Jus sayuran cocok dikonsumsi dikonsumsi di bulan suci Ramadan karena kaya serat dan mampu menyeimbangkan gizi. Kawanjo juga punya banyak pilihan untuk membuat jus sayur untuk buka puasa nanti.

5. Buka Puasa Makan Puding

Menu Buka Puasa
Puding Bisa Membantu Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Puding sudah jadi menu andalan buka puasa masyarakat Indonesia. Kelas ketenaran puding mungkin sudah sama dengan kolak, es buah, dan berbagai takjil populer di Indonesia. Puding jika bahan bakunya terbuat dari berbagai panganan sehat seperti buah segar hingga oatmeal ternyata mampu membatu Kawanjo memelihara kesehatan di bulan suci Ramadan.

Puding dari bahan baku seperti oatmeal dan buah segar kaya akan kandungan gizi alami yang mampu mengembalikan energi usai perpuasa seharian. Tapi, yang patut diingat jika ingin membuat puding jadi menu sehat di bulan puasa hindari penggunaan gula. Untuk menggantikan gula sebagai pemanis Kawanjo bisa memakai sari buah, sari kurma, madu serta kayu manis.

Nah itu tadi menu buka puasa sehat yang baik dikonsumsi. Setelah baca-baca rekomendasi di atas, yuk Kawanjo cek beberapa daftar paket wisata menarik di sini.

Baca Juga : Ngabuburit Menunggu Bedug Magrib,Coba 5 Aktivitas Seru Ini

0 comments on “5 Menu Buka Puasa Sehat, Dari Kurma Sampai Salad

Leave a Reply

%d bloggers like this: