PigiNews

4 Tempat Menarik dan Sejarah Taman Mini Indonesia Indah, Poin 4 Dulu Keren Banget

Taman Mini Indonesia adalah destinasi wisata menarik yang kerap jadi primadona wisatawan lokal di saat weekend tiba.

Beberapa hari terakhir ini topik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sedang ramai dibicarakan. Bukan dikarenakan ada wahana baru ataupun pertunjukan seni yang ngehits, tetapi perkara lain. Pemerintah Indonesia melalui Kemensetneg berencana akan mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita yang dirumorkan masih ada hubungan dengan keluarga cendana.

Taman Mini Indonesia Indah yang dikenal sebagai mini Indonesia ini adalah destinasi wisata liburan menarik yang di era Soeharto yang dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. Kini, Yayasan Harapan Kita pun diberikan waktu 3 bulan untuk menyerahkan pengelolaannya. Pengelola yang sekarang harus memberikan laporan pengelolaan.

“Dalam waktu 3 bulan, pengelola yang ada sekarang ini harus memberikan laporan pengelolaan kepada tim transisi dan kemudian pengelolaan selanjutnya akan dibahas oleh tim transisi,” kata Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021). Pratikno mengatakan, dalam 3 bulan ini, TMII masih dalam masa transisi dari pengelolaan Yayasan Harapan Kita ke Kemensetneg. Namun dia memastikan, dalam masa transisi ini, TMII tetap beroperasi seperti biasanya.

Baca Juga : Mudik Dilarang, Sandiaga Uno Prediksi Wisata Banten Ramai

Bicara soal Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pasti kita semua ingat ada apa saja di tempat wisata yang memiliki berbagai macam kebudayaan yang ada dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Asal mula Taman Mini Indonesia Indah (TMII), mulanya diinspirasi oleh Tien Soeharto. Kala itu Tien Soeharto tengah mengunjungi Disneyland di Amerika Serikat (AS) pada 1971.

Dilansir dari buku Dutch Culture Overseas: Praktik Kolonial di Hindia Belanda 1900-1942 (1995) yang ditulis Frances Gouda, ketika melihat Disneyland, Tien Soeharto lantas bermimpi bisa membangun taman bermain seperti Disneyland dengan menonjolkan spirit ke-Indonesiaan. Tien Soeharto ingin membuat miniatur Indonesia dalam sebuah taman bermain yang besarnya hampir sama seperti Disneyland.

Pro dan kontra pun bermunculan saat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan dibangun, terutama dari kalangan mahasiswa. Hal ini dikarenakan rencana pembangunan TMII ini karena Tien Soeharto mengumumkan biaya pembangunan TMII mencapai Rp 10,5 miliar. Tentu saja hal ini bertentangan dengan rencana presiden Soeharto yang saat itu malah menganjurkan anjuran hidup prihatin lantaran sebagian besar masyarakat masih hidup dalam taraf kemiskinan.

Buat kamu yang mau nostalgia sama Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pasti ingat dengan 4 tempat menarik ini.

1. Istana Anak Indonesia (TMII)

Istana Anak TMII
Taman Mini Indonesia Indah

Tidak heran jika setiap hari Sabtu tiba atau bahasa lainnya weekend, banyak orang Indonesia yang menjadikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai destinasi wisata favorit. Salah satu tempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang kerap dikunjungi adalah Istana Anak Indonesia. Di Istana Anak Indonesia (TMII) ini ada berbagai kesenian atau permainan anak tradisional. 

Di sini juga ada berbagai permainan seperti kereta api kelinci, kapal ayun, roller coaster, ATV motor, bumper dan masih banyak lagi. Untuk urusan tiket masuk, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terbilang merakyat, yaitu sebesar Rp 10.000 sampai Rp 25.000.

2. Snowbay Waterpark Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah
Snowbay TMII

Ini adalah salah satu wahana yang bisa dibilang terbaru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tetapi cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Di sini, wisatawan lokal bisa menikmati kolam ombak dan berbagai hal seru lainnya. Pokoknya,dijamin seru deh. Makanya setiap weekend tiba, Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  menjadi destinasi wisata favorit. Soalnya liburan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sangat seru. 

3. Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga

Taman Mini Indonesia Indah
Dunia air tawar TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu ada di hati masyarakat Indonesia. Museum Serangga Taman Mini Indonesia Indah ini menampilkan banyak satwa serangga yang diawetkan mulai dari kumbang, kupu-kupu sampai ngengat raksasa. Ada juga penangkaran kupu-kupu mulai dari kepompong sampai menjadi kupu-kupu.  Khusus Dunia Air Tawar yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menampilkan ikan mulai dari arwana, piranha, sampai ikan raksasa Arapaima.

4. Taman Legenda Keong Emas

Taman Mini Indonesia Indah
Wisata keong emas di TMII

Siapa yang gak tahu dan kenal Taman Legenda Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di era Soeharto, jika ada anak ataupun keluarga yang belum pernah mencoba wahana Taman Legenda Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini pasti dianggap liburannya kurang seru. Dulu di sini anak-anak bisa mengenal kehidupan dinosaurus di Taman Legenda Keong Emas. Ada 17 wahana, 3 diantaranya gratis, 9 wahana utama dan 5 wahana lainnya.

Baca Juga : Weekend Ini Kemana? Cobain Ngetrip ke 8 Tempat Seru di Sentul Yuk!

0 comments on “4 Tempat Menarik dan Sejarah Taman Mini Indonesia Indah, Poin 4 Dulu Keren Banget

Leave a Reply

%d bloggers like this: