Local Experiences

Catat, 7 Rekomendasi Kuliner Halal di Ubud!

Masih coba-coba bawa bekal dalam misi liburanmu? Jika main ke Ubud, Bali, cobain nih wisata kuliner halal yang bisa bikin kalian mampir lagi.

Bisa diakui, tujuan bervakansi tak hanya berjumpa dengan pemandangan hebat dengan segala histori dan pencapaiannya aja Kawanjo. Percayalah, ketika traveling, aspek kuliner itu sudah mengambil jatah setidaknya 55% dalam tujuanmu bervakansi. Menjumpai makanan khas setempat, apalagi terjadi penemuan kuliner yang tak biasa bisa jadi cerita yang tak terlupakan.

Efeknya, perjumpaan berikutnya selalu ada waktu untuk berkunjung, menghidupkan nostalgi melalui panganan yang tersaji. Nah, Bali ini cukup berbeda dengan destinasi wisata lain yang ada di Indonesia, khususnya makanan Kawanjo. Tak semua pengunjung bisa menikmati hidangan dengan bahan dasar pork (babi) yang diketahui marak mewarnai wisata kuliner di Bali.

Pastinya jangan sampai kita merasa tidak enak sama teman sendiri saat bahas makanan saat traveling. Untuk mencegah hal itu, kuliner halal menjadi solusinya. Biar Kawanjo nggak kebingungan dan malah makan waktu buat cari-cari tempat makan, berikut aku rangkum 7 rekomendasi destinasi kuliner halal di Ubud, Bali yang bikin nagih.

1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

The Legendary Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku.


Kuliner Bali yang terkenal di Ubud adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Kawanjo. Tempat Makan ini sudah berdiri sejak 1964 dan sudah terbilang legendaris. Uniknya, menunya cuma satu, yakni nasi ayam kedewatan. Tapi menu ini nggak bisa lepas dari yang namanya kuliner Bali Kawanjo. Buat yang suka kuliner dengan penguatan dirempah-rempahnya, menu satu ini wajib coba.

Satu porsi nasi ayam kedewatan Bu Mangku diisi dengan nasi, sambal, urap sayur, dan ayam bumbu khas yang bisa ditambahkan beragam lauk sesuai selera. Lauk pepes ayam urap, ayam betutu, ayam suwir, oseng ati ampela, dan sate lilit ayamnya juga bikin kangen lho. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini lokasinya berada di Jalan Raya Kedewatan, dan banyak dicari para pecinta masakan pedas.

2. Ayam Betutu Pak Sanur

Kuliner Halal Bali
Cara masaknya tradisional, rempahnya berasa. Berani coba?


Buat yang belum tahu, ayam betutu ini merupakan salah satu kuliner khas Bali yang sangat populer. Karena kepopulerannya itu, yang jual ayam betutu juga banyak Kawanjo. Kuliner khas Bali berbahan dasar ayam atau bebek ini dikenal dengan rasa gurih dan juicy-nya daging, berbalut mesra dengan bumbu khas Bali yang awet menjadi identitas kuliner Indonesia juga.

Jika hendak berlibur ke Ubud, sempatkanlah ke Ayam Betutu Pak Sanur Kawanjo. Letaknya di Jl. Arjuna No. 19. Saran saja, ada baiknya datang lebih awal supaya kalian tidak kehabisan menu ayam betutunya.

3. Warung Sate Kakul

Kuliner Halal Bali
Sate siput, diolah dengan bumbu khas bali.


Destinasi kuliner Bali yang ada di Ubud kali ini agak sedikit berbeda dan bisa dibilang antimainstream. Menu yang disajikan Warung Sate Kakul ini adalah sate siput Kawanjo. Karena Kakul itu ternyata artinya memang siput. Wah, Warung Sate Kakul ini pastinya bikin wisata kuliner Bali kalian sedikit berwarna ya. Sejatinya kan menu sate itu kalau tidak dibuat dari daging ayam, ya daging kambing.

Warung Sate Kakul ini berada di Jalan Raya Kengetan, yang sebenarnya sudah terkenal menjadi sentra kuliner favorit para turis. Dari kejauhan, kalian akan menemukan warung dengan kepulan asap disekelilingnya. Kuliner Bali satu ini benar-benar menggiurkan. Bumbu pedas khas Bali berpadu dengan kekenyalan tekstur dari siput membuat hidangan ini juara jika disantap dengan nasi hangat.

4. Bebek Betutu Pak Rimpin

Kuliner Halal Bali
Dari cara olahnya aja sudah bikin laper. Setuju Kawanjo?


Satu lagi menu betutu dari Ubud nih Kawanjo. Destinasi kuliner Bali kali ini berfokus pada olahan daging bebek. Jujur saja, mengolah bebek itu cukup dibutuhkan kemampuan khusus Kawanjo. Bisa-bisa dagingnya alot, dan kita malah tidak mau menyantapnya. Menu bebek betutul kali ini datang dari resep Pak Rimpin yang sudah cukup legendaris.

Berdiri sejak 1975, banyak pelanggan rela datang jauh-jauh hanya untuk merasakan lembut dan gurihnya Bebek Betutu ala Pak Rimpin. Tekstur bebeknya memang istimewa, konon dimasak dengah minyak kelapa dan rempah. Proses masak yang cukup memakan waktu menjadikan kuliner Bali satu ini seolah meleleh di mulut, lalu meninggalkan jejak kenikmatan di lidah.

5. Seniman Coffee Studio

Kuliner Halal Bali
Bosan ngopi, langsung lihat galeri seni.

Karena wisata kuliner tak selalu bicara makanan berat, maka satu kafe di bilangan Jl. Sri Wedari No.5, Banjar Taman Kelod, Kec. Ubud, Kab. Gianyar ini bisa kamu singgahi. Ubud itu sudah terkenal dengan situasi pedesaan yang menenangkan hati. Sudah pasti, jika kamu berencana traveling ke Bali dan meninginkan nuansa tenang, Ubud jawabannya.

Salah satu destinasi kuliner Ubud yang bisa kasih kenyamanan dan ketenangan hati adalah Seniman Coffee Studio. Meski judulnya kopi, mereka punya menu makanan juga kok. Bedanya suasana makan kamu akan berbeda dengan tatanan artistik, kombinasi antara galeri seni dan coffee shop. Di sana nggak hanya menyesap kopi saja, tapi juga mencoba roasting kopi sendiri.

Jenis kopi yang banyak digemari itu ada kopi Sumatera, kopi Kenya, dan kopi khas Bali, Kintamani. Ada pula kudapan ringan serta jajanan tradisional sebagai teman bersantai di sini.

6. Gula Bali The Joglo

Kuliner Halal Bali
Singkong salju, rujak serut, tipat cantok, serombotan, plecing, apa lagi?


Dari namanya saja sudah terdengar seperti tempat makan dengan menu tradisional. Tidak ada masalah, karena resep tradisional kuliner khas Bali ini cukup mendunia. Nilai tambahan jika kalian ke sini adalah pemandangan ciamik alam pedesaan yang masih asri khas Ubud. Sambil diterpa semilir angin, Kawanjo bisa pesan menu andalan seperti Singkong Salju, Rujak serut, Tipat Cantok, Serombotan, Plecing hingga bubur khas Bali. Menu vegetarian juga ada.

7. Laka Leke Ubud

Kuliner Halal Bali
Bikin makan malam nggak konsen. Karena ada pertunjukkan seni tari juga.


Kuliner Bali yang ada di Ubud selanjutnya adalah Restoran Laka Leke yang letaknya di Jalan Nyuh Kuning. Menu andalannya adalah dibuka oleh Ketut Setia pada 1997. Hidangan andalannya adalah bebek garing, tentunya dengan kulit garing dan daging bebek yang sama sekali tidak alot serta tak berbau. Selain bebek garing, Laka Leke juga menyediakan hidangan Bali lain seperti nasi campur ayam.

Selain sajian panganan yang menjadi kuliner khas Bali, Laka Leke juga menghadirkan workshop tradisional seperti tari-tarian dan bermain gamelan. Jika kalian datang setelah petang, restoran ini menyediakan paket makan malam dengan pertunjukkan tari tradisional. Well, itu dia beberapa tempat yang bisa kamu datangi bersama teman-teman tanpa harus buang waktu pilah-pilih tempat makan di area Ubud.

Nah rekomendasi seperti ini bisa ditemukan berkat peran local guides yang tentunya sudah berpengalaman di daerah setempat Kawanjo. Sudah banyak kok pemandu yang berpengalaman, bahkan bersertifikat. Kalau bingung carinya, coba cek di sini ya. Buat yang punya rekomendasi lain, boleh tulis di kolom komentar. Oh iya, jika masih bingung cari destinasi seru seputar Bali, kalian bisa cek di sini ya. Ciao!

Baca Juga: Menelusuri Surga Kopi di Lereng Malabar

0 comments on “Catat, 7 Rekomendasi Kuliner Halal di Ubud!

Leave a Reply

%d bloggers like this: