Local Experiences

Menelusuri 10 Danau Air Tawar Paling Memesona di Indonesia

Indonesia kaya akan destinasi wisata menarik dan indah. Salah satunya adalah destinasi wisata air tawar yang memesona.

Liburan saat pandemi COVID-19, kenapa tidak! Selama kita semua patuh dengan protokol kesehatan, sepertinya tidak masalah. Bicara soal liburan, di Indonesia sendiri banyak paket wisata yang menarik, terutama destinasi wisata danau. Bisa dibilang, destinasi wisata danau jadi populer. Tahu nggak kenapa? Ini dikarenakan, di Indonesia itu banyak sekali danau air tawar yang mampu menampilkan panorama hingga ukurannya yang luas menjadikannya sebagai destinasi wisata yang diminati para wisatawan. 

Traveling ke danau itu memang paling seru deh, dijamin gak bakalan lupa. Penasaran kan sama list 10 danau yang dianggap paling memesona, yuk dicek! Siapa tahu bisa jadi rekomendasi wisata kawanjo, buktikan sendiri deh betapa indahnya danau-danau yang ada di Indonesia ini. 

1. Danau Toba

Wisata air Danau Toba

Dari Sabang sampai Merauke, atau bahkan juga di luar negeri, dijamin deh hampir semuanya tahu Danau Toba. Ini danau toba memang keren abis deh, bikin takjub pokoknya kawanjo. Banyak kok paket wisata menarik ke Danau Toba, coba aja deh cek. Kenapa harus ke Danau Toba? Bicara soal sejarah, Danau Toba adalah danau yang terbentuk dari vulkanik dan masuk yang terbesar di dunia.

Dengan panjang 100 kilometer, lebar 30 KM, dan kedalaman 505 meter. Bisa dipastikan Danau Toba jadi danau yang terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia. 

Baca Juga : Ngetrip ke Danau Toba?Coba 5 Destinasi Keren Ini

2. Danau Maninjau

Wisata Danau Air Tawar Maninjau

Kawanjo, masih berputar-putar di sekitar Sumatera nih. Danau kedua itu adalah Danau Maninjau, tahu nggak nih hayo? Danau Maninjau ini itu letaknya di Kabupaten Agam, Sumatera barat. Adanya nih di ketinggian 459 meter, jadi dijamin suhu di sekitar danau ini itu masih  sejuk banget deh! Ini juga masuk sebagai danau terbesar di Indonesia sekaligus dikenal memiliki pemandangan yang sangat memukau dan mempesona. Tapi, jika kawanjo mau ngetrip ke sini, siap-siap ya melewati Kelok 44 yang dikenal curam. 

3. Danau Singkarak

Wisata Danau Air Tawar

Danau ini ada di Kabupaten Solok dan Tanah datar yaitu di Sumatera Barat. Danau Singkarak memang dikenal punya pemandangan yang ngehits banget alias indah deh. Ini juga masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika kawanjo pergi ke Sumatera barat. Danau Singkarak ini juga masuk jadi danau terluas di Pulau Sumatera. Dijamin sejauh mata memandang, sejauh itu pula kita yakin jika Indonesia itu memang negeri terbaik yang punya spot menarik serta danau air tawar indah yang melimpah. 

4. Danau Ranau

Danau Air Tawar Ranau

Masuk sebagai danau terbesar kedua di Indonesia. Danau Ranau ini adanya di perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan kawanjo. Sama juga, ini adalah danau vulkanik loh. Di tengah danau ini juga ada Pulau Marisa yang kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena punya tempat pemandian air panas yang alami. Pokoknya dijamin gak rugi deh wisata ke danau air tawar di Indonesia ini. Tinggal pilih aja. 

5. Danau Towuti

Wisata air danau tawar Towuti

Punya luas 561 km persegi,Danau Towuti ini berusia jutaan tahun kawanjo. Dana ini ada di Kabupaten Luwu Timur , Sulawesi Selatan. Danau ini juga merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Oh iya, dana ini juga satu dari 12 danau purba yang ada di dunia. Keren kan kawanjo, pokoknya Indonesia itu punya banyak destinasi wisata air tawar yang keren. 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Desa Wisata Paling Cantik di Indonesia Timur

6. Danau Matano

Wisata danau air tawar yang memukau di Indonesia

Jangan main-main dan menganggap remeh kedalaman Danau Matano kawanjo. Danau Matano yang ada di Sulawesi Selatan ini jadi danau yang paling dalam di Indonesia hingga Asia tenggara. Jika kawanjo tidak percaya, Danau Matano bahkan menempati urutan ke-11 sebagai danau air tawar terdalam di dunia dengan kedalaman 590 meter. Ini juga jadi destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan. 

7. Danau Poso

Keindahan wisata danau air tawar Poso

Masih berputar di Sulawesi kawanjo. Danau Poso ada di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini dikenal sebagai danau tektonik purba. Masuk ke dalam posisi ketiga sebagai danau terdalam di Indonesia. Uniknya Danau Poso adalah punya pasir yang berwarna kuning keemasan. Dijamin indah deh kalau kamu ngetrip kemari bareng teman-teman. 

8. Danau Sentarum 

Keindahan Danau Sentarum

Danau ini merupakan danau berjenis floodplain yang ada di Kalimantan Barat. Tidak dalam sih Danau Sentarum, tetapi danau ini masuk ke dalam daftar danau terbesar di Indonesia juga. Sebagai danau musiman, danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan di setiap tahunnya. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil.

9. Danau Sentani

Danau Sentani
Wisata Danau Air Tawar di Indonesia

Traveling dekat memang oke seperti trekking ke curug, camping ke gunung, atau bahkan hanya staycation aja di hotel. Tapi, tidak ada salahnya jika kawanjo coba lagi ngetrip jauh. Tentunya lakukan semua ini dengan standar protokol kesehatan COVID-19. Kali ini adalah destinasi wisata air tawar yang memesona di Indonesia. Ada Danau Sentani nih kawanjo. Pigijo yakin, kawanjo pasti tahu Danau Sentani yang membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura. 

Ini termasuk danau air tawar terluas di Papua Indonesia. Tak cuma terkenal akan keindahan alamnya, daya tarik wisata dari Danau Sentani adalah perhelatan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan tahunan setiap bulan Juni.Festival tersebut menampilkan berbagai pertunjukkan adat yang diselenggarakan di sekitar danau sehingga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata yang seru.

10. Danau Paniai

Danau Paniai
Wisata danau air tawar Paniai

Amazing pokoknya kalau bahas Indonesia, apalagi Papua. Jika kamu mau wisata ke Danau Paniai sebaiknya siapkan jaket tebal deh! Soalnya nih, destinasi wisata danau yang satu ini adanya itu di ketinggian 1.742 mdpl dan terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau itu mempunyai luas permukaan 195 km persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 50 meter. Gimana sudah siap liburan seru lagi belum nih? Jika masih belum siap terlalu jauh, boleh dicoba juga kok ngetrip yang dekat aja. Coba cek di sini ya. 

Baca Juga : 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kintamani Bali

0 comments on “Menelusuri 10 Danau Air Tawar Paling Memesona di Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: