PigiNews

Pemerintah Ngebut! 8 Dermaga Baru Bakal Segera Dibangun di Danau Toba

Sudah siap berwisata ke Danau Toba? Jangan kuatir karena tahun ini 8 dermaga baru akan segera diresmikan!

Pada Desember 2020 silam Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 5 destinasi wisata di Indonesia yang disebut sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP)? Jika belum, maka kelima destinasi tersebut adalah Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, Likupang, dan Borobudur. Sandiaga Uno pun bekerja keras untuk mengenyam tanggung jawab tersebut.

Tepat pada 7 April 2021 kemarin, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) pun tampak semakin keras berupaya dalam mendukung program Pariwisata Super Prioritas ini. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub Budi Setiyadi, menyatakan bahwa salah satu program kerja yang paling gencar untuk diselesaikan adalah pembangunan dermaga di Sumatera Utara.

Strategi ini diharap mampu memulihkan ekonomi Tanah Air dengan segera. Oleh sebab itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan juga bahwa perencanaan pembangunan kelima destinasi wisata tersebut telah pula dilakukan secara terpadu berbarengan dengan penyelesaian delapan dermaga yang telah diagendakan akan selesai tahun ini.

Baca juga: 4 Tempat Menarik dan Sejarah Taman Mini Indonesia Indah, Poin 4 Dulu Keren Banget

“Sebenarnya ada 13 dermaga yang akan dibangun di Danau Toba. Namun yang akan dikebut untuk selesai tahun 2021 sejauh ini delapan dulu, yaitu Ambarita, Marbun Toruan, Simanindo, Muara, Balige, Tongging, Hajibata, dan Tigaras.” Tegas Budi Setyadi dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (7/4/2021), di Senayan, Jakarta.

Danau Toba sendiri merupakan destinasi wisata super prioritas yang memiliki anggaran terbesar yaitu Rp1,07 triliun khusus untuk laksanakan 21 paket konstruksi yang mencakup juga infrastruktur jalan dan jembatan. Tak hanya itu, untuk mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia khususnya di Danau Toba, baru dibangun pula 3 unit kapal penyeberangan Ro-Ro dan 1 Unit Bus Air.

Kenapa Danau Toba jadi bagian dari Destinasi Super Prioritas? Karena keindahan alamnya yang luar biasa dan merupakan salah satu keajaiban dunia di mana ada danau sangat besar seperti lautan yang terbentuk akibat letusan gunung purba. Danau yang pada dasarnya merupakan ceruk kawah itu bak menunjukkan sebesar apa letusannya dahulu.

Baca juga: Mudik Dilarang, Sandiaga Uno Prediksi Wisata Banten Ramai

Memiliki luas kurang lebih 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba pun masuk sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Ini lah yang makin jadi daya tariknya. Oleh sebab itu, tak salah jika destinasi ini makin gencar dikembangan demi percepatan pariwisata di Indonesia khususnya pada masa pendemi seperti sekarang.

Jika kawanjo ingin bepergian tapi bingung mau ke mana dan ambil paket tur yang mana, boleh langsung intip di sini, ya! Ada banyak pilihan agenda jalan-jalan yang komplet dan terjangkau, lho. Ingin ke Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika pun ada paketnya. Jangan sampai kelewatan!

Baca Juga : Ngetrip ke Danau Toba?Coba 5 Destinasi Keren Ini

0 comments on “Pemerintah Ngebut! 8 Dermaga Baru Bakal Segera Dibangun di Danau Toba

Leave a Reply

%d bloggers like this: