Taman Mini Indonesia Indah yang dikenal sebagai miniatur Indonesia
Local Experiences

4 Wisata Seru di Jakarta Timur Selain Taman Mini

Taman Mini Indonesia Indah bukan satu-satunya tempat wisata di Jakarta Timur, ada berbagai wisata lainnya yang tak kalah seru dan menarik.

Selama empat dekade terakhir Taman Mini Indonesia Indah menjadi primadona wisata murah-meriah di Jakarta Timur. Rekreasi di Taman Mini jadi magnet wisatawan dari semua kalangan dan golongan, baik dari dalam maupun luar Indonesia. Tidak heran jika Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jadi destinasi wisata favorit. Kini, ‘Indonesia kecil’ itu kembali menjadi sorotan.

Rencana Pemerintah mengambil Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat TMII dari Yasasan Harapan Kita bentukan istri Presiden kedua RI Soeharto, Tien Soeharto, menjadi perbincangan hangat. Tetapi yang kita mau bahas bukan soal pengelolaan TMII yang baru.

BACA JUGA: 4 Tempat Menarik dan Sejarah Taman Mini Indonesia Indah, Poin 4 Dulu Keren Banget

Kawanjo tahu tidak jika ada fakta yang lebih menarik dibanding rencana peralihan kepemilikan itu. Hal tersebut adalah letak TMII yang berada di Jakarta Timur, wilayah yang dirancang bukan dijadikan kawasan wisata, seperti Bali, Sumba atau Danau Toba, atau Bandung. Jakarta Timur lebih pada wilayah pemukiman penduduk.

Meski wilayah pemukiman, fakta menarik lainnya TMII ternyata bukan satu-satunya objek wisata seru di Jakarta Timur. Kota Administrasi ini punya berbagai objek wisata selain TMII yang sudah berusia empat dekade lebih. Hebatnya lagi, objek wisata di Jakarta Timur itu bukan mal, atau kafe-kafe serta tempat hangout modern yang menjamur di ibu kota.

Kita kasih bocoran untuk Kawanjo wisata apa di Jakarta. Di kota ini ada taman bunga dan tempat piknik. Itu baru satu, objek wisata sejarah bangsa Indonesia saat masa pergolakan dekade 1960-an lalu satu-satu di negeri ya cuma di Jakarta Timur. Nah, daripada Kawanjo makin penasaran, ini rekomendasi empat objek destinasi wisata seru di Jakarta Timur:

1. Monumen Pahlawan Revolusi

Taman Mini Indonesia Indah
Monumen Pancasila Sakit yang berdekatan dengan Taman Mini.

Berlokasi di Kecamatan Cipayung di Jakarta Timur, tempat ini bersampingan dengan Taman Mini. Dikenal pula dengan Monumen Pancasila Sakit, monumen Pahlawan Revolusi dibangun atas tanah seluas 14,6 hektare. Pembangunan monumenuntuk menghormati jasa-jasa Pahlawan Revolusi yang terbunuh akibat membela Pancasila dari ancaman komunis.

Di dalam Monumen Pancasila Sakti, Kawanjo bisa melihat rekam jejak perjuangan Pahlawan Revolusi mempertahankan Pancasila. Terdapat sebuah museum di dalam lingkungan Monumen Pancasila Sakit yang menyimpan benda-benda bersejarah milik Pahlawan Revolusi. Selain itu, Kawanjo bisa pula melihat sumur tua tempat pembuangan Pahlawan Revolusi hingga ruangan saksi bisu penyiksaan para pejuang tersebut.

Untuk Kawanjo yang tertarik dengan wisata sejarah dan edukasi, Monumen Pancasila Sakti wajib masuk dalam daftar wisata Kawanjo yang ingin plesiran di Jakarta Timur tapi selain di Taman Mini Indonesia Indah.

2. Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Mini Indonesia Indah
Keindahan Taman Rekreasi Wiladatika

Selain Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur juga ada ‘taman’ yang tidak kalah indah. Namanya Taman Rekreasi Wisata Wiladatika. Lokasi tepatnya berada di Ciracas yang jaraknya kurang lebih 5,5 kilometer dari lokasi Taman Mini berada ata 15 sampai setengah jam dari miniatur Indonesia itu.

Di masa lampau Taman Wiladatika langganan syuting layar lebar hingga sinetron. Nah, kalau sudah dipakai untuk syuting sudah pasti dong, Taman Wiladatika menyimpan keindahan tersediri. Hal itu pun bukan sekadar pendapat saja, namun fakta. Walau namanya masih kalah tenar dibanding TMII, Taman Wiladatika punya daya tarik sendiri.

Taman Wiladatika seluas 32 hektare ini terdapat, fasilitas outbond, kolam renang, lapangan tenis, hingga penginapan. Lapangan Gajah Mada di area taman bisa dipakai untuk piknik. Sebab, lapangan ini adalah hamparan padang rumput bersih dan pohon rindang. Duduk-duduk di taman ini Kawanjo digaransi merasakan semilir angin. Kalau piknik ke sana dijamin stres atau tekanan waktu kerja bisa terlupakan.

3. Agro Wisata Cibugary

Taman
Belajar mengenai Sapi perah di Cibugary

Argo Wisata Cibugary di Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung, kalau dibanding Taman Mini hingga Monumen Pancasila sakti adalah objek wisata termuda di Jakarta Timur. Meski demikian, sang ‘adik bungsu’ ini dalam beberapa tahun terakhir jadi primadona, khususnya bagi anak-anak sekolah dari tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah dasar.

Berkonsep Agro Wisata, Cibugary adalah sebuah kawasan peternakan sapi perah. Cibugary dirancang sebagai kebun dan taman yang cocok bagi anak-anak mempelajari sapi perah, susu dan produk turunannya. Selain edukasi, nilai plus lain Kawanjo bisa melihat indahnya kawasan bumi perkemahan. Bagi Kawanjo yang ingin mengajak anak untuk Cibugary itu jadi pilihan tepat. Sebab, edukasi di Cibugary selain belajar wawasan adalah pratik yang pasti disukai oleh anak-anak.

4. Agro Wisata Cilangkap

Tam
Keindahan danau di Agro Wisata Cilangkap

Kawanjo tahu tidak di Jakarta Timur ada agro wisata lainnya selain Cibugary yatu Agro Wisata Cilangkap. Luasnya 19 hektare, dan lokasi wisata ini dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta lawat Dinas Pertanian dan Kehutanan DKI Jakarta. Tujuan pendirian Agro Wisata ini agar masyarakat ibu kota sadar mengenai manfaat hutan dan tumbuh-tumbuhan.

Terletak di Jalan Raya Cilangkap, Agro Wisata ini terdiri dari taman yang dikelilingi oleh aneka pepohonan rindang dan berbagai macam tumbuh-tumbuhan lainnya. Selain sarana edukasi, di Agro Wisata Cilangkap ada pula jogging track yang bisa dipakai untuk menyehatkan raga. Ada arena bermain anak juga di sini.

Tak hanya itu, ada pula sebuah danau di Agro Wisata Cilangkap yang boleh dipakai memancing. Kalau sudah tahu soal berbagai tempat wisata di Jakarta Timur, kita mau ingetin Kawanjo yang mau plesiran tetap disiplin protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum usai, jadi waspada itu penting. Kalau sudah siap wisata lagi, Kawanjo juga perlu cek paket wisata yang kami sediakan di sini

Baca Juga : Catat, 7 Rekomendasi Kuliner Halal di Ubud!

0 comments on “4 Wisata Seru di Jakarta Timur Selain Taman Mini

Leave a Reply

%d bloggers like this: