Local Experiences

Wajib Tahu Seputar Fakta Menarik Desa Wisata di Indonesia

Destinasi desa wisata semakin digencarkan demi memulihkan kembali gairah dunia pariwisata Indonesia.

Liburan, destinasi wisata rekomendasi, sampai paket wisata ataupun open trip seru, sudah pasti bisa kawanjo temukan di Indonesia deh! Bicara soal Indonesia, dunia pariwisata sendiri kini sedang mencoba bangkit dari keterpurukan akibat serangan pandemi COVID-19. Banyak cara yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia untuk memulihkan dan membangkitkan kembali gairah masyarakat untuk pergi liburan tanpa diselimuti rasa takut akan COVID-19.

Selain mewajibkan mematuhi para traveler untuk ketat dengan protokol kesehatan COVID-19, memajukan destinasi wisata lokal juga jadi strategi.Salah satunya dari sekian banyak strategi Kemenparekraf membangkitkan dunia pariwisata adalah mencoba mengenalkan desa wisata. Pasti kawanjo sudah pernah dengar desa wisata kan, hehehe.

Baca Juga : Trip Desa Wisata Bisa Jadi Tren Liburan Pascapandemi

Desa wisata di Indonesia itu banyak banget kawanjo, bahkan jika ditelusuri ada beberapa fakta menarik seperti ada lebih dari seribu desa wisata yang ada dari seluruh Indonesia, gimana keren kan? Semua desa wisata punya keindahan dan keunikannya masing-masing loh!

  • Indonesia Surganya Desa Wisata

Bicara soal destinasi wisata rekomendasi ataupun paket wisata menarik, Indonesia adalah jawabannya. Salah satu yang sedang digaungkan di dunia pariwisata Indonesia adalah desa wisata oleh Kemenparekraf. Total Indonesia punya 1.734 desa wisata. Pertama di Sumatera ada 355 desa wisata, Jawa-Bali ada 857 desa wisata, Kalimantan ada 117 desa wisata, Sulawesi ada 119 desa wisata, Nusa Tenggara ada 189 desa wisata, Maluku ada 23 desa wisata, dan Papua sebanyak 74 desa wisata.

  • Desa Wisata Dapat Penghargaan Global Green Destinations Foundation (GGDD)

Kawanjo tahu gak jika desa wisata di Indonesia itu mendapatkan penghargaan dunia loh! Nama penghargaannya adalah Global Green Destinatifons Foundation (GGDD) dalam kategori ‘top 100 Destinasi Berkelanjutan di Dunia’. Pasti penasaran kan dimana aja itu kawanjo, nih Pigijo kasih tahu. Pertama itu desa wisata yang ada di Desa Penglipuran Bali, posisi kedua juga Desa Pemuteran Bali, Ketiga Desa Nglanggeran, dan terakhir itu ada di Desa Pentingsari Yogyakarta.

  • Desa Wisata Indonesia Juga Masuk Unesco

Setidaknya ada lima desa wisata di Indonesia yang masuk ke dalam bagian Global Geopark yang diakui oleh UNESCO. Pertama adalah desa wisata Trunyan, Geopark Gunung Batur, kedua desa wisata Nganggeran Geopark Gunung Sewu, ketiga desa wisata Aik Berik Geopark Gunung Rinjani, keempat desa wisata Sigapiton Geopark Kaldera Toba, dan kelima adalah desa wisata Sirnaresmi Geopark Ciletuh.

  • Desa Wisata Jadi Lokasi Shooting Film Nasional dan Internasional

Desa wisata jadi local pride kawanjo! Banyak spot dan tempat indah untuk diabadikan lewat kamera ataupun dijadikan sebuah lokasi shooting film nih. Ada lima film yang Pigijo berhasil temukan menggunakan desa wisata sebagai lokasinya. Pertama ada film ‘Bumi Manusia’ yang ada di Desa Wisata Gamplong Yogyakarta.

Kedua ada film ‘Beyond Skyline’ di Desa Wisata Jatimulyo, Yogyakarta. Ketiga ‘Habibie & Ainun’ Desa Wisata Nglaggeran Yogyakarta, Keempat ‘Eat Pray Love’ yang berlokasi di Desa Wisata Ubud Bali, dan terakhir paling seru menurut Pigijo. Lokasinya ada di Indonesia Timur, film apalagi jika bukan ‘Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak’ yang menggunakan lokasi Desa Wisata Tanggedu Sumba. Buat yang mau coba gimana sih serunya liburan ke desa wisata, coba cek paket wisatanya di sini.

Baca juga : Trip Yang Deket Aja Dulu

0 comments on “Wajib Tahu Seputar Fakta Menarik Desa Wisata di Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: