Menangis membatalkan puasa
Health Lifestyle

Apakah Berenang dan Menangis Bisa Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, ada beberapa hal yang harus diwaspadai biar tidak batal.

Bulan Ramadan tiba, semua umat muslim di seluruh dunia pun wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Di bulan yang penuh dengan berkah ini, menjadi andalan bagi para umat muslim untuk berburu pahala. Tidak hanya dengan berpuasa tapi juga dengan beramal dan juga menjaga diri dari segala hal yang dianggap bisa membuat pahala berkurang.

Banyak pelajaran bagus yang bisa dipetik saat menjalankan puasa di bulan Ramadan. Namanya saja bulan mulia, tidak heran jika banyak sekali manfaat bulan Ramadan khususnya bagi umat Islam. Di bulan Ramadan juga banyak aktivitas seru yang bisa dicoba, mulai dari berburu takjil, salat tarawih, sahur, sampai ngabuburit sambal menunggu bedug adzan magrib.

Baca Juga : Bulan Puasa Masih Bisa Diet? Ini 6 Tip Sehatnya

Tapi ingat, meskipun menahan puasa satu hari, jangan sampai kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat ya! Bicara aktivitas saat Ramadan, ada dua hal yang selalu saja menjadi pertanyaan setiap orang muslim saat menjalankan ibadah puasa nih. Pertanyaan itu tidak lain adalah soal fakta menangis dan berenang yang dianggap bisa membatalkan puasa.

Menangis sendiri merupakan suatu respon tubuh atas luapan emosi yang dirasakan manusia. Tak hanya untuk kesedihan, bisa jadi manusia menangis saat shalat karena merenungkan dosa atau menunggu suatu harapan agar dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Lantas apakah menangis itu mampu membatalkan puasa kita, mitos atau fakta?

Tentu saja menangis saat berpuasa bisa membatalkan puasa tersebut. Jika memang air mata yang keluar saat menangis dengan sengaja terminum oleh orang yang berpuasa. Oleh karena itu selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kita harus bisa mengontrol diri dengan cara berwudhu, dzikir, diam, atapun melakukan aktivitas yang dianjurkan oleh agama Islam selama berpuasa di bulan Ramadan.

Bagaimana dengan olahraga renang saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan? Melansir berbagai sumber, hukum dasar berenang saat berpuasa adalah mubah. Tidak ada larangan berenang bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Tetapi jika sampai menyelam, bagi orang yang sedang puasa tentu hukumnya makruh. 

Berenang membatalkan puasa
Berenang bisa membatalkan dan membuat makruh puasamu

Orang berpuasa yang berenang tidak otomatis menjadikan puasanya batal apabila memang tidak sampai ada air yang masuk ke hidung, mulut, telinga, dan lubang lainnya. Dengan begitu, jika sedang berpuasa dan menyelam, tetapi tidak ada satu air pun masuk ke lubang tujuh tersebut, maka puasanya tidak makruh.

Tetapi jika memang dengan sengaja, otomatis puasanya makruh. Apalagi jika air tersebut sampai tertelan, sudah pasti puasanya batal. Jadi daripada kamu melakukan aktivitas yang bisa secara tidak langsung mengurangi pahala puasa ataupun membatalkannya, lebih baik cek beberapa paket wisata menarik di sini.

Siapa tahu kamu weekend nanti mau staycation sama teman dan keluarga dengan tujuan mencoba menikmati indahnya Ramadan dari tempat lain.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa Sehat, Dari Kurma Sampai Salad

0 comments on “Apakah Berenang dan Menangis Bisa Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: