Curug Bogor
Local Experiences

Trekking Curug Leuwi Hejo vs Curug Cibeureum, Lebih Asyik yang Mana Nih?

Ngetrip ke curug memang seru, apalagi bareng teman nih. Selain bisa ditempuh pulang pergi, air terjunnya juga sejuk banget.

Buka website Pigijo , kamu pasti menemukan banyak pilihan paket wisata menarik, atapun review seputar ngetrip ke curug-curug yang ada di Bogor Indonesia, Jawa Barat. Kawanjo pasti sering banget mendengar tempat wisata Curug Leuwi Hejo kan? Ini curug viral abis dan ngehits deh, dari kalangan milenial sampai para selebriti tanah air.

Di Pigijo juga ada kok open trip ke curug leuwi hejo dan curug-curug lain yang dijamin menyenangkan. Tapi kali ini, kita tidak akan membahas paket wisata menarik ataupun open trip, melainkan perbandingan curug yang lebih oke untuk urusan trekking.  Di sini ada Curug Leuwi Hejo dan Curug Cibeureum kawanjo. Memang secara lokasi jelas sekali berbeda sih.

Baca Juga: Trip Yang Deket Aja Dulu

Curug Leuwi Hejo itu adanya di wilayah Sentul, tepatnya di jalur Babakan Madang nih. Sedangkan Curug Cibeureum itu adanya di Cibodas, jika tidak salah perjalanannya juga satu jalur dengan arah pendakian Gunung Pangrango, tetapi beda jalan saat menuju ke Curug tersebut. Oke berikut ini adalah fakta yang berdasarkan pengalaman trekking ke Curug Leuwi Hejo dan Curug Cibeureum, yuk disimak.

  • Curug Leuwi Hejo

Trekking Singkat

Perjalanan singkat trekking menuju Curug Leuwi Hejo

Banyak artikel atau video di youtube yang menjelaskan jika perjalanan menuju Curug Leuwi Hejo ini memakan waktu sekitar 2-3 jam. Faktanya, perjalanan menuju curug leuwi hejo cukup menyenangkan dan tidak menyulitkan para traveler kok. Destinasi wisata curug leuwi hejo jadi ngehits mungkin karena faktor mudahnya, jika memang inging langsung menuju ke curugnya.

Bisa dibilang ini masuk jadi daftar curug yang ramah untuk keluarga kawanjo. Jika kamu membawa kendaraan mobil, kamu bisa keluar di Sentul, tepatnya arah Jungleland. Tetapi sebelum tiba di Jungleland, kamu langsung belok kiri arah Gunung Pancar jika tidak salah. Sepanjang jalur ini kawanjo akan menemukan banyak destinasi wisata curug yang menarik.

Baca Juga : Daftar Destinasi Curug yang Aman Untuk Anak-Anak, Yuk Cobain Serunya

Jika tidak salah ada Goa Garunggang, Gunung Pancar, dan curug-curug hits juga yang lain. Perjalanan membutuhkan sedikit keahlian dan perhitungan yang matang, ini dikarenakan medan menuju curug leuwi hejo terbilang cukup suit. Jalur yang sempit dan berada di tebing, ditambah jalan yang kurang mulus, membutuhkan keahlian berkendara kawanjo.

Tapi begitu tiba di gerbang curug leuwi hejo, kamu gak usah pusing. Trekking dari parkiran mobil menuju air terjun yang hits tersebut tidak butuh waktu yang lama.

Air Terjun yang Bagus 

Curug yang ngehits ini memang luar biasa. Setelah sampai di curug, kawanjo akan diberikan banyak pilihan. Jika tidak bisa atau enggan berenang di curug yang memiliki kedalaman 7 meter lebih ini, tidak usah khawatir karena bisa bermain air di bagian yang tidak dalamnya. Airnya jernih dan berwarna biru, namun untuk tingkat kedinginan masih kurang dingin tetapi bisa dibilang sangat sejuk.

Dikarenakan curug ini ngehits, usahakan kawanjo tiba di Curug Leuwi Hejo jam 7, karena suasana akan lebih terasa mengingat belum ramai wisatawan berdatangan. Jadi kamu bisa bebas berenang di mana saja kawanjo. 

  • Curug Cibeureum

Mungkin bagi para pendaki gunung ataupun generasi 90-an, pasti tahu dan akrab dengan Curug Cibeureum ini. Curug ini itu adanya di Cibodas kawanjo. Masih sih masih di Jawa Barat, tapi ini bukan di Sentul ya. Jika kawanjo berkesempatan menginap di wilayah Puncak, mungkin bisa menyisihkan waktu di pagi hari untuk mencoba trekking di curug cibeureum ini.

Curug Cibeureum
Perjalanan menuju curug cibeureum

Curug ini memang kalah hits dari destinasi wisata curug yang ada di sekitar Bogor, Jawa Barat. Tetapi jika kawanjo mau merasakan sensasi trekking, curug cibeureum jawabannya. Jika kawanjo ingin trekking, curug cibeureum jawabannya. Jika ingin trekking di sini, jangan lupa siapkan benda curug yang wajib dibawa ya!

Perjalanannya cukup menyenangkan dan menguras tenaga jika dibandingkan dengan curug leuwi hejo. Di Sepanjang perjalanan kamu akan menemukan pemandangan hutan yang sejuk dan menenangkan jiwa. Jangan lupa membawa camilan yang mengandung karbohidrat jika ingin trekking ke curug cibeureum ya.

Di sini bonding kamu sama teman akan makin terasah deh. Mirip dengan cerita perjalanan naik gunung. Bedanya, ini trip ke curug saja bukan ke gunung Pangrango.  Oh iya selain punya jalur trekking yang panjang dan seru, kawanjo juga akan menemukan sebuah telaga yang sangat sunyi di perjalanan. Nama telaganya adalah Telaga Biru.

Telaga biru curug cibeureum
Telaga biru ini ada di perjalanan trekking menuju curug cibeureum

Telaga Biru bisa cocok didatangi pelancong yang ingin menghapus rasa penat dan bosan dari rutinitas harian. Pemandangan indah yang ditawarkan tempat ini bakal membuat pikiranmu kembali jernih. Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki air berwarna biru jernih yang begitu menyejukkan mata.

Air Terjun yang Sejuk

Selain air terjun utama Curug Cibeureum, terdapat dua air terjun lain yang lebih kecil, yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Jadi kawanjo bisa memilih dan berpindah-pindah bermain air di sini. Curug Cibeureum adalah air terjun yang berada di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mungkin curug ini sekarang memang kalah hits dengan curug-curug yang ada di kawasan Bogor, Sentul, Jawa Barat.

Tetapi jika sudah sampai di air terjun cibeureum ini, dijamin dingin banget airnya deh. Sampai menusuk ke tulang. Bedanya di curug ini tidak dalam kawanjo, jadi jangan pernah berharap bisa berenang. Bisa dikatakan, di curug cibeureum ini kamu hanya bisa menikmati kesejukan air dengan bermain air saja.

Mau ke Curug Leuwi Hejo ataupun Curug Cibeureum, intinya kamu harus cobain serunya ngetrip sehari bersama teman-teman curug. Buat tahu paket wisata dan open trip yang menarik terkait destinasi wisata ngehits yang dekat, coba cek di sini. 

Baca Juga : Liburan Ke Curug Cikuluwung, Salah Satu Surga Air Terjun di Bogor

0 comments on “Trekking Curug Leuwi Hejo vs Curug Cibeureum, Lebih Asyik yang Mana Nih?

Leave a Reply

%d bloggers like this: