Health Lifestyle

5 Olahraga Ringan yang Baik Dilakukan saat Puasa Ramadan

Olahraga ringan saat bulan puasa Ramadan dapat membantu menjaga kondisi tubuh dan menyehatkan pikiran.

Bulan Suci Ramadan akhirnya tiba. Bulan yang penuh pahala dan berkah tersebut merupakan waktu paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim. Selama sebulan penuh umat Muslim menahan lapar dan haus serta hawa nafsu sembari terus memperbanyak ibadah.

Selama dua tahun berturut-turut, perayaan bulan suci Ramadan berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan tubuh saat puasa Ramadan jadi barang wajib. Olahraga rutin di bulan Ramadan merupakan salah satu solusi jitu menjaga kondisi tubuh, agar tidak terserang berbagai macam penyakit yang bisa mengganggu puasa dan ibadah.

BACA JUGA: Catat, 7 Rekomendasi Kuliner Halal di Ubud!

Berbagai macam olahraga bisa Kawanjo lakukan sembari beribadah puasa. Kawanjo juga enggak perlu olahraga berat di bulan suci Ramadan ini. Olahraga ringan saja, sudah cukup kok. Kalau Kawanjo bingung olahraga apa saja yang cocok dilakukan tanpa harus mengganggu ibadah puasa, kita punya daftarnya, yuk diintip:

Joging

Olahraga sambil berpuas
Joging jadi opsi olahraga di bulan Ramadhan

Joging ringan saat bulan Ramadan bisa jadi pilihan olahraga ringan yang bisa Kawanjo lakukan. Tidak perlu waktu panjang, 20 menit saja cukup. Asalkan joging dilakukan rutin, bisa empat sampai lima kali dalam seminggu itu sudah cukup. Lokasi joging ringan tidak perlu jauh-jauh bisa disekitaran tempat tinggal Kawanjo.

Menurut berbagai studi waktu terbaik joging ringan di bulan Ramadan adalah sebelum Magrib setelah tarawih. Joging ringan juga diyakini dapat membantu menjaga kondisi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa berdampak buruk saat menjalani puasa.

Jalan Santai

Olahraga sambil berpuas
Jalan santai membantu jaga kesehatan jantung

Olahraga satu ini, disebut-sebut sebagai salah satu kegiatan fisik yang paling cocok dilakukan di bulan suci Ramadan. Alasannya sederhana, jalan santai tidak menguras energi terlalu banyak. Kawanjo yang jalan santai juga tidak akan banyak bercucuran keringat yang bisa membuat cepat haus. Jalan santai di bulan suci Ramadan juga banyak manfaatnya.

Salah satu paling utama adalah menjaga kesehatan jantung. Yang perlu diingat saat jalan santai di masa puasa harus dilakukan di sore hari jelang berbuka. Kawanjo juga disarankan jalan dengan intensitas ringan dan tidak terlalu jauh agar tidak lemas yang bisa mengganggu ibadah puasa.

Sepeda

Olahraga sambil berpuasa
Sepeda rutin dengan intensitas ringan baik dilakukan saat puasa Ramadan

Dalam beberapa tahun terakhir olahraga ini tengah digandrungi. Hampir di setiap sisi jalanan kota pasti kita lihat ada yang sedang gowes, baik itu sendiri atau berkelompok. Olahraga bersepeda ini ternyata bagus dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh saat puasa Ramadan. Berbagai studi menyebut, sepeda sore hari jelang buka puasa dapat menyehatkan tubuh dan mental.

Jantung akan sehat jika rutin sepeda dengan intensitas rendah di bulan puasa. Bersepeda juga bisa membuat pikiran lebih tenang yang berdampak lebih banyak oksigen masuk ke tubuh.

Latihan Beban

Olahraga sambil berpuas
Angkat beban aman dilakukan di tengah puasa

Banyak orang bertanya-tanya, angkat beban saat puasa boleh gak sih? Pertanyaan itu muncul seiring kecemasan bahwa olahraga ini masuk kategori berat. Olahraga di saat puasa dianjurkan dengan intensitas ringan. Ternyata angkat beban di puasa Ramadan aman dilakukan asalkan mematuhi beberapa saran.

Olahraga yang bertujuan untuk menjaga masa otot ini, jika Kawanjo ingin lakukan saat berpuasa baiknya dikurangi masa bebannya. Bila Kawanjo biasa angkat beban 10 kg, di bulan puasa bisa dikurangi jadi 5 kilogram. Repetisinya pun dikurangi. Kalau di bulan-bulan lain bisa 12 sampai 15 repitisi, di bulan puasa 8 sampai 10 repitisi sudah cukup.

BACA JUGA: Bulan Puasa Masih Bisa Diet? Ini 6 Tip Sehatnya

Waktu angkat beban di bulan puasa disarankan selama 30 sampai 60 menit jelang berbuka puasa. Hal ini patut dilakukan agar Kawanjo terhindar dari dehidrasi dan menurunya kadar gula darah. Angkat beban juga tidak usah dilakukan seminggu full, cukip dua atau tiga sepekan. Dari penjelasan di atas, Kawanjo yang mau tetap menjaga masa otot di bulan puasa enggak perlu ragu lagi.

Yoga

Olahraga sambil berpuasa
Yoga saat puasa membantu jaga fisik dan pikiran

Ingin bugar saat puasa, yoga patut jadi pilihan Kawanjo. Olahraga ini sangat baik dilakukan di saat bulan suci Ramadan. Alasannya, yoga sejalan dengan rekomendasi pengurangan aktivitas fisik saat puasa. Meski demikian, manfaat bisa didapat dari yoga di bulan puasa bisa sangat maksimal.

Jika dilakukan dengan benar, yoga di bulan puasa akan membantu detoksifikasi tubuh, melancarkan oksigen ke otak serta mengurangi kecepatan jantung memompa darah. Yoga disertai puasa juga akan membantu Kawanjo tetap bugar, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa mengganggu puasa. Habis menjalankan ibadah puasa, jangan lupa jika liburan atau traveling juga bisa membuat pikiran jadi fresh. Cek di sini

BACA JUGA: Ngabuburit Menunggu Bedug Magrib,Coba 5 Aktivitas Seru Ini

0 comments on “5 Olahraga Ringan yang Baik Dilakukan saat Puasa Ramadan

Leave a Reply

%d bloggers like this: