Kuliner Banyuwangi
Local Experiences

Ayo ke Banyuwangi, Cobain Kulineran Ini Dijamin Bikin Nagih

Benar sudah pernah ke Banyuwangi? Kalau gak yakin lebih baik balik lagi terus coba kuliner khas Banyuwangi.

Banyuwangi namanya kerap muncul jika kawanjo sedang ingin mencari destinasi tempat wisata yang keren. Banyuwangi jadi rekomendasi buat sebagian besar traveler untuk ngetrip. Tidak bisa dipungkiri jika Banyuwangi memang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Daerah ini berada di ujung Timur Pulau Jawa. Banyuwangi dikenal karena Pelabuhan Ketapang-nya yang jadi titik penyebrangan ke Pulau Jawa ke Bali.

Banyak orang yang mengetahui bahwa terdapat banyak surga tersembunyi di kota ini. Banyuwangi memiliki pantai-pantai yang tidak kalah dengan Bali perihal keindahannya. Yup, banyak destinasi wisata wisata populer di Banyuwangi karena memiliki keindahan alam. Jadi traveling ke Banyuwangi pasti berkesan, selain banyak tempat wisata dan pilihan paket wisata menarik, kawanjo juga wajib tahu jika di sini banyak kulineran yang menggugah selera. 

Penasaran kan kuliner apa aja yang ada di Banyuwangi, yuk simak di bawah ini. 

1. Pindang Koyong Banyuwangi

soto koyong Banyuwangi
Kuliner Banyuwangi

Jika kawanjo berkesempatan traveling ke Banyuwangi, ingat jangan sampai lupa untuk menikmati kuliner khas yang satu ini. Namanya Pindang Konyong! Ini adalah masakan khas Banyuwangi yang memiliki bahan dasar ikan yang tampilannya mirip seperti soto ikan (ikan tongkol atau ikan tenggiri). Sensasi rasanya adalah asam peda yang langsung strike ke lidah saat mencicipi kuahnya. 

2. Rujak Soto Banyuwangi

Rujak soto Banyuwangi
Rujak soto kuliner khas Banyuwangi

Ngetrip ke Banyuwangi dijamin tidak akan menyesal. Selain banyak tempat wisata yang ideal dan kerap direkomendasikan diberbagai situs travel seperti Pigijo, Banyuwangi juga juara untuk urusan kulinernya. Banyuwangi punya menu Rujak Soto kawanjo. Ini adalah makanan unik di Banyuwangi yang punya perpaduan rasa antara rujak sayur dengan soto. 

Baca Juga : Wow, Inilah 12 Gunung Dengan Sunrise Terindah di Indonesia

Jenis soto-nya pun bermacam-macam, mulai dari soto daging sampai soto babat. Bahkan ada juga beberapa diantaranya yang memadukannya dengan soto ayam atau soto ceker (kaki ayam). 

3. Pecel Rawon Ala Banyuwangi

Kuliner khas Banyuwangi

Banyuwangi memang punya banyak cerita. Itulah sebabnya ada banyak alasan kenapa kita harus kembali lagi ke Banyuwangi. Kali ini ada lagi kuliner khas Banyuwangi yang wajib dicobain saat kawanjo ngetrip ke sini. Namanya pecel rawon. Ini adalah nasi pecel dengan sayur mayur lengkap dengan bumbu kacang disajikan dengan kuah rawon daging tanpa lemak.  Para traveler hobi makan ini jika ke Banyuwangi loh!

4. Nasi Kalak Banyuwangi

kuliner khas Banyuwangi
Nasi Kalak kuliner khas Banyuwangi

Tidak hanya Kawah Ijen saja yang jadi destinasi wisata favorit di Banyuwangi. Tapi, ujung Timur Pulau Jawa ini juga punya banyak rekomendasi kuliner yang wajib dicoba. Seperti nasi kalak ini. Nasi dicampur dengan mie, serundeng, sayur tumis, sambal dan lauk pauk lainnya. Pokoknya jika traveler ke Banyuwangi wajib cobain deh nasi kalak fenomenal ini. 

5. Klemben Banyuwangi 

kuliner khas Banyuwangi
Klemben kue sejenis bolu kuliner khas Banyuwangi

Terakhir dari Banyuwangi adalah klemben nih kawanjo. Ini adalah kue yang tekenal di Banyuwangi dan cocok sekali jadi camilan saat perjalanan. Dengan kata lain, klemben Banyuwangi ini mirip dengan kue bolu kawanjo. Yuk balik ke Banyuwangi! Coba cek paket wisata menariknya di sini.

Baca Juga : Wajib Tahu Seputar Fakta Menarik Desa Wisata di Indonesia

0 comments on “Ayo ke Banyuwangi, Cobain Kulineran Ini Dijamin Bikin Nagih

Leave a Reply

%d bloggers like this: