Legenda tempat wisata
Local Experiences

Inilah Destinasi Wisata Indonesia yang Punya Kisah Melegenda

Indonesia tidak hanya indah, tapi juga punya banyak cerita yang melegenda di setiap destinasi wisata yang ada.

Menikmati keindahan alam, melepas stres sudah pasti obatnya adalah pergi liburan ke destinasi wisata yang sangat rekomendasi. Banyak cara yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk kembali membangkitkan gairah dunia pariwisata di Indonesia. Selain mengedepankan desa wisata, ada juga nih yang terbaru dari Kemenparekraf kawanjo. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberitahu jika sebenarnya ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang kisahnya melegenda. Jadi kalau kawanjo berkunjung ke sini, tidak hanya mendapatkan keindahan saja tetapi juga beberapa cerita seru di masa lampau terkait tempat wisata tersebut. 

Adanya sebuah legenda atau mitos, bisa menjadi sebuah daya tarik besar bagi dunia pariwisata. Tidak bisa dipungkiri jika sebenarnya banyak destinasi wisata di Indonesia itu yang punya legenda hingga mitos tapi justru malah menjadi daya tarik tersendiri. bahkan mampu mendongkrak kepopuleran destinasi wisata setempat.

Seperti contohnya, tangkuban perahu yang lekat dengan legenda sangkuriang. Penasaran kan ada apa saja? Di bawah ini ada beberapa destinasi wisata yang punya kisah melegenda. Jika masih ada yang kurang, kawanjo bisa kasih komentar ya!

Baca Juga : Tahun Ini Wajib Ngetrip ke Banyuwangi, Dijamin Seru!

  • Pantai Air Manis Padang Sumatra Barat
Destinasi wisata Indonesia yang melegenda
Kisah Malin Kundang di Padang Sumatra Barat

Siapa yang tidak tahu legenda Maling Kundang? Atau jangan-jangan ada yang jadi malin kundang versi sekarang nih, hehehe. Becanda ya kawanjo. Nah, bicara soal destinasi wisata yang punya legenda. Pantai Air Manis juga masuk nih. Di sini ada prasasti yang beruwujud puing kapal dan jasad malin kundnag yang sudah berubah menjadi batu.

Seperti kita ketahui, legenda maling kundang adalah sebuah cerita tentang seorang anak yang durhaka terhadap orangtuanya. Udah sukses merantau, eh malah sombong jadi deh dikutuk. Kira-kira seperti itu ceritanya. 

  • Danau Toba Sumatra Utara
Destinasi wisata Legenda
Danau Toba dan kisahnya yang cukup melegenda.

Kawanjo kudu cobain nih ngetrip ke Toba! Sejuk banget pokoknya. Oh iya, bicara soal danau Toba, pasti kawanjo tahu jika destinasi wisata ini juga punya cerita legenda. Kalau gak salah, kisahnya cukup seru dan mengharukan. Ada seorang pemuda bernama Tobayang menikah dengan ikan mas yang meyerupai perempuan cantik.

Suatu hari, Toba berdebat dengan sang istri, dan tidak sengaja mengungkit asal usul sang istri. Sang istri pun menangis sampai membentuk sebuah danau. Kira-kira seperti itu kisahnya, tapi kalau ada versi yang lebih lengkap dan oke boleh ya dikomentarin. Oh iya, Danau Toba juga masuk ke dalam satu dari 5 destinasi super prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tidak hanya itu saja, bahkan Danau Toba juga sudah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2020. 

  • Candi Prambanan
Destinasi wisata Legenda
Destinasi Legenda wisata

Ngetrip ke Jawa Tengah atau Yogyakarta pasti ke sini deh! Dulu viral lantaran masalah lokasi kawanjo ingat tidak? Banyak para traveler yang menganggap Candi Borobudur itu ada di Yogyakarta, padahal itu kan di Magelang. Oke, bicara soal Candi, ada juga Candi Prambanan yang jadi candi Hindu terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Destinasi wisata ini juga punya cerita legenda nih. Candi Prambanan dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang, Candi Prambanan terkenal dengan kisah cinta yang tak terbalas. Candi yang terbentuk karena cinta sebelah tangan ini, masuk warisan dunia UNESCO. Candi Prambanan merupakan destinasi wisata yang wajib kamu datangi saat berada di Yogyakarta. Konon, arca dalam Candi Prambanan baru lengkap setelah Pangeran Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang sebagai arca keseribu. 

Selain destinasi wisata di atas, ada lagi gak nih kira-kira yang punya legenda lebih seru? Kalau sudah tahu dan makin penasaran, cobain aja ngetrip seru bersama teman-teman. Untuk mengecek paket wisata menariknya bisa di sini.

Baca Juga: 11 Upacara Adat yang Bakal Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia!

0 comments on “Inilah Destinasi Wisata Indonesia yang Punya Kisah Melegenda

Leave a Reply

%d bloggers like this: