Destinasi wisata di kota kelahiran R A Kartini
Local Experiences

Ngetrip ke Kota Kelahiran Ibu R.A Kartini, Ada Apa Aja Sih?

Ibu Kita Kartini juga punya banyak destinasi wisata di kota kelahirannya.

“Ibu Kita Kartini, Putri sejati, putri Indonesia, harum namanya“…. hayo siapa yang masih hafal dengan lirik lagu Ibu Kita Kartini? Tepat 21 April ini, kita kembali memperingati hari kelahiran sosok yang menjadi inspirasi para perempuan di Indonesia nih kawanjo. Kota kelahiran Ibu Kita Kartini adalah di Jepara Jawa Tengah. Jika bicara soal sejarah Ibu Kartini, kawanjo pasti tahu. Tapi, jika membahas ada destinasi wisata apa saja di kota kelahirannya sih, pasti tidak semua tahu.

Baca Juga : Ayo ke Banyuwangi, Cobain Kulineran Ini Dijamin Bikin Nagih

  • Museum R.A Kartini
Ngetrip ke kota kelahiran RA Kartini
Museum R.A Kartini di Jepara

Penuh perjuangan dan sepak terjang perjuangan R.A Kartini semasa hidupnya.Di sini kawanjo bisa tahu semua tentang R.A Kartini. Destinasi wisata sejarah ini adanya di sebelah utara alun-alun kota Jepara kawanjo. Kawanjo juga bisa melihat kerangka raksasa ‘Joko Tuo’ sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton. Ini adalah ikan besar yang ditemukan pada tahun 1989 di pulau Karimun Jawa.

  • Taman Nasional Karimun Jawa
Ngetrip ke kota kelahiran RA Kartini
Karimun Jawa

Terletak sekitar 83 km ke arah barat laut kota Jepara. Ini adalah taman dengan tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove dan terumbu karang. Uniknya, kepulauan karimun punya gugusan kepulauan sebanyak 27 pulau kawanjo. Banyak aktivitas seru yang bisa kawanjo cobain di sini.

  • Pantai Kartini
Ngetrip ke kota kelahiran RA Kartini
Pantai kartini

Salah satu daya tarik pantai ini ialah Kura-Kura Ocean Park yang berisi akuarium besar tempat kura-kura dan penyu berhabitat. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju objek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang

  • Air Terjun Songgo Langit
Ngetrip ke kota kelahiran RA Kartini
Air terjun songgoh langit di kota kelahiran RA Kartini

Ngetrip ke curug atau air terjun memang hits. Tapi kalau kawanjo mau coba curug atau air terjun yang jauh dikit boleh berkunjung ke sini. Tempat wisata alam ini ada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang sejauh 30 km ke arah utara dari pusat kota Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter lebar airnya mencapai 2 meter.

Konon ceritanya, air terjun ini jika dilihat dari bawah, deras dan tingginya air terjun tersebut tampak seolah-olah sedang menyangga cakrawala langit. Duh, keren banget kan kawanjo, ayo buruan ngetrip deh!

  • Danau Blingoh
Ngetrip ke kota kelahiran RA Kartini
Danau Blingoh di kota RA Kartini

Tidak cuma museum, dan air terjun aja di kota kelahira R.A Kartini. Tapi juga ada danau loh! Memang danau ini belum terkenal dan populer sebagai destinasi wisata di Jepara. Nama danau Blingoh ini sendiri diambil dari nama desa letak danau itu berada. Terletak di Dukuh lembah, Desa Blingoh Kecamatan Donorejo. Danau ini terbentuk akibat genangan bekas air penambangan batu putih yang tidak direklamasi, danau ini berukuran kecil-mungil, walaupun belum trekenal tapi danau ini indah loh, tapi sayang, akses menuju danau ini masih belum baik.

  • Benteng Portugis
Ngetrip ke kota R A Kartini
Benteng Portugis di kota kelahiran RA Kartini

Indonesia itu punya banyak kenangan jika bicara sejarah. Di daerah kelahiran R.A Kartini saja berdiri kokoh sebuah benteng di pinggir laut yang dibingkai bukit. Lokasinya di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo. Objek wisata sejarah ini masih kekar, juga benteng ini menawarkan suguhan keindahan alam yang banyak disukai para pecinta jalanan. Karena lokasi dan posisi benteng ini yang pas berada di pinggir laut, sehingga memilki pemandangan yang mengasyikkan.

Sebenarnya masih banyak lagi sih spot menarik buat ngetrip di kota kelahiran R.A Kartini. Cuma poin diatas diambil yang asyik dan mungkin masih cocok dengan kawanjo. Tapi kalau kawanjo punya tambahan silahkan loh isi di kolom komentar, atau mungkin langsung ke TKP. Untuk pilihan paket wisata menarik dan trip serunya bisa cek di sini. Buruan ngetrip deh biar fresh!

Baca Juga: Usai Lebaran, Jangan Lupa Kunjungi Pantai Tersembunyi di Bali yang Spektakuler

0 comments on “Ngetrip ke Kota Kelahiran Ibu R.A Kartini, Ada Apa Aja Sih?

Leave a Reply

%d bloggers like this: