Local Experiences

5 Pantai Penuh Misteri Ini Jarang dikunjungi Loh!

Kamu si pecinta misteri dan hal mistis wajib banget buat coba dateng kesini, berani gak?

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali pantai indah dan eksotis yang sebagian telah menjadi tempat tujuan pariwisata. Dengan karakteristik pantai yang berbeda-beda, ada sejumlah pantai yang kental dengan mitos dan misteri yang menyelimutinya. Apa aja sih? Nah, Pigijo telah mengulasnya khusus untukmu.

1. Pantai Air Manis dan legenda Malin Kundang

Pantai Malin Kundang
Pantai Malin Kundang

Terletak di Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan tepatnya di Provinsi Sumatera Barat. pantai Air Manis dapat dicapai dengan berkendara selama kurang lebih 20-30 menit dari pusat kota Padang. Pantai yang telah disiapkan dengan baik sebagai salah satu tujuan destinasi wisata populer di Padang. Di sini terkenal sebagai tempat untuk berselancar, camping dan tentu juga sebagai tempat untuk menikmati keindahan pemandangan pantai.

Dibalik keindahan pantainya ada sebuah mitos yang menyelimuti tempat ini, yaitu legenda rakyat Malin Kundang. Alkisah, ada seorang anak laki-laki bernama Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya, lalu dikutuk menjadi batu di tempat ini. Kamu dapat menemukan sebuah batu yang berbentuk seperti seseorang yang sedang telungkup menghadap tanah.

Tak berapa jauh dari batu itu, terdapat batu-batu lain yang menyerupai tong dan tali berukuran besar. Di sekitar pantai juga terdapat batu-batuan besar yang tersebar yang dikaitkan sebagai pecahan kapal yang berubah menjadi batu.

2. Pantai Semeti yang memakan korban jiwa

Pantain Semeti
Pantain Semeti

Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, lokasinya tak jauh dari Pantai Mawun dan Pantai Kuta Lombok. Pantai mulai dikenal sebagai pantai yang instagramable dengan pemandangan karangnya yang menantang dan warna biru air lautnya. Namun dibalik keindahannya, pantai ini menyimpan sebuah misteri yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Pantai ini telah menelan korban jiwa beberapa kali. Tahun 2000 ada seorang turis yang bermain di tepi pantai lalu terseret ombak dan menghilang ke tengah laut. Warga sekitar memohon dengan sesajen dan ritual untuk meminta turis itu dikembalikan. Namun sayangnya turis tersebut kembali dalam keadaan tidak bernyawa.

Kemudian hal yg sama terjadi lagi pada tahun 2018. Sepasang kekasih yang sedang berfoto selfie terseret ombak dan hanya satu orang yang kembali dalam keadaan meninggal, sementara satunya lagi tidak pernah ditemukan hingga sekarang. Tidak berhenti di situ saja ceritanya. Ada juga seorang turis asing dan anaknya berwarga negara Arab Saudi yang juga hilang terseret oleh ombak pada tahun 2019 lalu.

Pantai indah dengan pemandangan  sunset yang menakjubkan ini, terus menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung kesana. Namun warga sekitar menghimbau para turis untuk menjaga dan menghormati leluhur desa dan menjaga tingkah laku.

Baca Juga : Usai Lebaran, Jangan Lupa Kunjungi Pantai Tersembunyi di Bali yang Spektakuler

3. Pantai Parangtritis dan legenda Ratu Pantai Selatan

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Sebagai pantai yang populer di Yogyakarta, selain Pantai Ngrawe yang instragamable itu. Pantai Parangtritis terkenal karena keindahannya, dan juga terkenal oleh karena legenda penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul. Dikisahkan bahwa Nyi Roro Kidul menggemari warna hijau, dan barangsiapa yang mengenakan baju warna hijau di pantai pasti akan diambil untuk dijadikan pelayan olehnya.

Tidak hanya Pantai Parangtritis yang dihubungkan dengan legenda Nyi Roro Kidul. Pantai lain di pesisir selatan Pulau Jawa seperti Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Pantai Sembukan di Jawa Tengah dan Pantai Pangandaran di Jawa Barat. Semuanya memiliki tradisi yang sama dalam membatasi pemakaian warna hijau di pantainya.

4. Pantai Seger dan legenda Putri Mandalika

Pantai wisata
Pantai seger Lombok

Terletak di wilayah Desa Sukadane, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Pantai Seger adalah pantai berpasir putih yang terkenal dengan kegiatan Festival Bau Nyale. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang diadakan pada bulan Februari hingga Maret, dan biasanya dilaksanakan pada hari ke-20 bulan ke-10 dalam penanggalan tradisional Sasak.

Pantai ini memiliki legenda kisah pilu Putri Mandalika, yang namanya diabadikan sebagai nama kawasan ini. Alkisah, terdapat seorang Puteri yang mengorbankan dirinya dengan terjun ke laut untuk menghindari perang dari para pangeran yangmemperebutkan hak untuk mempersuntingnya. Meski telah tiada, Putri Mandalika yang telah berubah wujud menjadi cacing Nyale ini, dipercaya masih memilik rasa cinta terhadap masyarakatnya.

5. Pantai Slamaran dan legenda Dewi Lanjar

Pantai Slamaran
Pantai Slamaran

Pantai Slamaran merupakan sebuah pantai cantik yang berada di Pekalongan Utara, tepatnya di Desa Krapyak Lor, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Meski tergolong kecil dengan luas hanya sekitar 3,5 hektar, Pantai Slamaran merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh penduduk sekitar Jawa Tengah.

Seperti pada umumnya pantai utara Pulau Jawa yang memiliki gelombang lebih kecil dari Pantai Selatan, tempat ini cocok untuk merenung, menikmati semilir angin laut sambil memandang matahari terbit. Dibalik kesunyian dan kesederhanaanya, tersimpan sebuah cerita misteri mengenai legenda Dewi Lanjar, sang penguasa laut utara.

Pantai ini dikenal sebagai tempat pesugihan dan menurut mereka yang memiliki mata batin, melihat bahwa di tempat ini berdiri istana Dewi Lanjar yang megah. Jika diketahui ada anak kecil yang hilang ditempat ini, dikatakan bahwa anak itu diambil oleh Dewi Lanjar. Hingga sekarang, pantai yang penuh misteri ini masih terjaga kealamiannya.

Gimana Kawanjo, kamu masih berani buat pergi berpetualang ke pantai-pantai ini? Kalo gak yakin, mending kamu ngetrip ke tempat lainnya aja. Kamu bisa pilih liburan seru lainnya di www.pigijo.com dan rasain liburan seru bareng sama Pigijo!

Baca Juga : Pantai Atau Gunung, Kamu Lebih Suka Ngetrip Kemana Kawanjo?

0 comments on “5 Pantai Penuh Misteri Ini Jarang dikunjungi Loh!

Leave a Reply

%d bloggers like this: