Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Lifestyle Technology

Aplikasi End-to-End Untuk Membantu Wisatawan Selama Ngetrip di Indonesia

Demi membantu kemudahan wisatawan saat ngetrip ke destinasi wisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan satu aplikasi end-to-end.

Dunia pariwisata Indonesia sedang berusaha bangkit. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mulai dari protokol kesehatan, vaksinasi, wajib swab, sampai larangan mudik. Meski pada akhirnya, Indonesia lagi kecolongan datangnya turis India ataupun orang Indonesia yang baru datang dari negara yang sedang kena gelombang tsunami COVID-19. 

Terlepas dari permasalahan COVID-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun kini sedang menyiapkan satu aplikasi end-to-end. Aplikasi end-to-end ini dipercaya oleh Kemenparekraf bisa membantu traveler untuk merencanakan sekaligus menerapkan protokol kesehatan selama ngetrip di Indonesia. Menparekraf Sandiaga Uno pun mengatakan jika pihaknya sedang bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait.

Baca Juga : Travel Pattern Hadir, Ngetrip di Sulsel Makin Mudah dan Terintegrasi

Pembuatan aplikasi end-to-end ini melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT Telkom dan dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Kerennya aplikasi end-to-end ini akan mampu memantau wisatawan mulai dari awal tahap perencanaan trip sampai waktu kepulangannya dari lokasi destinasi wisata. Rencananya sendiri menurut Menparekraf, aplikasi end-to-end ini akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain yang ada di setiap daerah. 

“Kita menyasar sebelum mereka mendarat (di Indonesia) dalam menentukan dan merencanakan perjalanan hingga selesai dan memberi testimoni atas kunjungannya ke Indonesia,” tuturnya dalam weekly briefing pada Selasa (27/4/2021) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri sebenarnya sudah banyak melakukan berbagai strategi guna memulihkan kembali dunia pariwisata Indonesia. Salah satunya di tahun 2020 adalah mencanangkan terobosan tur virtual diharapkan bisa menjadi solusi bagi wisatawan tetap mendapatkan pengalaman berwisata namun tetap aman. Kemenparekraf juga sudah membuat beberapa pilar untuk memulihkan dunia pariwisata Indonesia.

Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa waktu lalu, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sedang fokus mengembangkan desa wisata di Indonesia. Desa wisata sendiri adalah strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk kembali memulihkan bisnis pariwisata sekaligus mengembalikan gairah masyarakat Indonesia untuk kembali berwisata di beberapa lokasi yang resmi dijadikan sebagai desa wisata.

Untuk informasi terkait paket wisata menarik dan destinasi rekomendasi hits di Indonesia, kamu bisa cek di sini.

Baca Juga : Industri Pariwisata Gunakan 4 Teknologi Ini Agar Tetap Eksis di Masa Pandemi

0 comments on “Aplikasi End-to-End Untuk Membantu Wisatawan Selama Ngetrip di Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: