Larangan penerbangan India
PigiNews

Daftar 9 Negara yang Batasi Penerbangan dari India, Termasuk Indonesia

India negara yang saat ini sedang mengalami tsunami COVID-19 yang dahsyat. Banyak negara yang melarang dan membatasi penerbangan dari negara tersebut.

Indonesia kembali kecolongan, pasalnya beberapa waktu lalu viral jika banyak warga negara asing dari India yang tiba di Indonesia. Bukan hanya itu saja, bahkan juga warga negara Indonesia yang baru tiba dari India diizinkan masuk tanpa karantina. Padahal sudah jelas, jika India saat ini jadi negara yang sedang mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang bisa dibilang dahsyat.

Meski sebelumnya India juga dianggap sebagai negara yang mendekati herd immunity karena jumlah kasus yang menurun dengan cepat. Namun sayangnya, India kini justru sedang menghadapi kasus COVID-19 varian baru mutasi ganda yang lebih cepat penularannya. Keadaan ini jelas membuat negara-negara di seluruh mengambil tindakan cepat yaitu menghentikan penerbangan internasional demi menyetop dan memperlambat varian baru tersebut. Berikut daftar negara yang melarang penerbangan dari India.

1. Australia

Australia sendiri akan mengurangi jumlah penerbangan ke India setidaknya sebesar 30 persen. Hal ini dikarenakan, hampir sebanyak 40 persen kasus yang ditemukan selama wajib karantina 14 hari di hotel yang diterapkan di negara tersebut berasal dari warga Australia yang baru saja pulang dari India.

2. Kanada

Tepat di tanggal 22 April 2021, pemerintah federal resmi memberlakukan larangan 30 hari pada seluruh penerbangan komersial dan pribadi dari India dan Pakista. Waduh serem sepertinya varian baru COVID-19 ini.

Baca Juga : Resmi! Geopark Belitung Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

3. Perancis

Berbeda dengan Kanada dan Australia, Perancis tidak secara langsung melarang penerbangan dari India. Tetapi justru menerapkan karantina 10 hari bagi para pelancong yang baru tiba dari India.

4. Hongkong

Menurut Simple Flying, Hongkong resmi melarang perjalanan ke India. Bahkan larangan ini meliputi Pakistan dan Filipina berlangsung selama 14 hari mulai dari 20 April-3 Mei.

5. Indonesia

Negara kita sendiri sudah resmi menyetop pengeluaran visa bagi warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal dan/ atau berkunjung ke India dalam kurun waktu 14 hari mulai dari Minggu (25/4/2021). Meskipun beberapa waktu lalu, Indonesia pernah kecolongan WNA dari India.

Meski begitu, WNA masih diizinkan memasuki wilayah Indonesia berdasarkan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Adapun, Permenkumham tersebut menyebutkan bahwa hanya WNA yang melakukan perjalanan bisnis saja yang boleh masuk ke Nusantara.

6. Selandia Baru

Warga Selandia Baru, orangtua, pasangan, serta anak-anak mereka masih diizinkan untuk masuk ke sana. Aturan ini berlaku mulai 28 April.

7. Singapura

Negeri singa ini juga ikut melarang seluruh kedatangan bagi pelancong non-penduduk yang tiba dari India sejak Kamis (23/4/2021).

8. Uni Emirat Arab

Kasus tsunami COVID-19 membuat Uni Emirat Arab yang juga melarang seluruh penerbangan dari India selama 10 hari mulai Minggu.

9. Inggris Raya

Inggris turut menjadikan India masuk daftar merah. Bisa dikatakan, hanya warga Inggris, Irlandia, atau mereka yang memiliki hak tinggal di Inggris Raya saja yang diizinkan memasuki negara tersebut. Tapi, biaya karantina selama 10 hari di hotel yang ada di Inggris Raya membutuhkan biaya sekitar Rp 35 jutaan.

Jadi gimana menurut kalian, apakah kita juga seharusnya total menutup penerbangan dari rute India seperti negara lain, atau dengan cara Indonesia seperti di atas? Untuk informasi seputar paket wisata dan rekomendasi tempat menarik di Indonesia bisa cek di sini.

Baca Juga : Masih Nekat Mudik? Cek Nih Dendanya!

0 comments on “Daftar 9 Negara yang Batasi Penerbangan dari India, Termasuk Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: