Takjil Ramadan khas Papua Barat
Local Experiences

Cobain Kuliner Khas Ramadan Papua Barat

Ada 3 jajanan dari pasar Tambrauw Papua Barat untuk berbuka puasa. Dijamin, pasti enak deh kulinernya.

Indonesia kaya akan budaya, adat istiadat dan juga kulinernya. Tidak heran jika di bulan Ramadan ini banyak sekali rekomendasi kuliner ataupun takjil dari berbagai daerah di Indonesia yang menggugah selera. Papua, apa yang terlintas di pikiranmu mendengar nama ini?

Surga yang dipenuhi dengan kekayaan alam, itulah Papua. Bicara soal Papua, kali ada kuliner khas Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Tambrauw. Kabupaten Tambrauw yang mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam ini umumnya adalah perantau dari Sulawesi Selatan, bersuku Bugis atau Bajo (Bajau).

Mereka semua hidup berdampingan dengan masyarakat yang menganut agama lain seperti Kristen dan Katolik. Saat Ramadan tiba, di Papua Barat tepatnya di pusat pasar tradisional Kampung Emaus, di dekat pesisir pantai utara Tambrauw, Distrik Sausapor punya menu kuliner jajan atau takjil berbuka puasa.

Baca Juga : Catat! 6 Kuliner Langka ini Cuma Ada di Bulan Ramadan Saja

Kulineran ini adalah campuran resep khas Bugis dan pesisir Papua Barat. Melansir tempo, inilah 3 takjil khas campuran Papua Barat dan Bugis yang wajib kamu ketahui :

  • Cantik-manis Papua Barat

Namanya lucu dan unik ya. Sesuai dengan namanya, kuliner takjil khas Ramadan ini adalah kue yang punya penampilan cantik dan menarik plus citarasa manis. Cantik-manis sebenarnya lebih mirip putu ayu, hanya saja tidak menggunakan kelapa parut. Cantik-manis terbuat dari tepung, telur, gula dan santan. Tidak lupa, kuliner khas Ramadan Papua Barat ini diberi perasa pandan dan vanili.

  • Kue Susu Khas Papua Barat

Kue susu sudah pasti semua orang tahu jenis ini. Kue susu adalah kue kering yang punya tekstur lembut. Seperti diketahui, bahan kue susu ini terbuat dari susu cokelat yang dicampur dengan tepung, gula halus, dan minyak kelapa. Bedanya, kue susu ini dicetak kotak-kotak, lalu dipanggang di atas talang oven. Nah di sini perbedaannya lagi, oven yang digunakan untuk memasak kue susu adalah oven manual. Saat berbuka puasa di bulan Ramadan, kue susu kering khas Papua ini cocok dimakan dengan teh pahit karena memilki rasa manis.

  • Kue Pia Papua Barat

Kue pia tidak hanya bisa kamu temukan di Jawa Tengah atau Bali, tetapi juga di Papua Barat. Kue Pia di Tambrauw ini terbuat dari campuran gula merah, tepung, dan kacang hijau. Bedanya, di sini ada campuran minyak kelapa pada adonan yang tentunya akan membuat tekstur kue pia khas Papua Barat Tambrauw ini jadi lebih renyah.

Pia khas Tambrauw pun rasanya tak semanis pia di Jawa Tengah atau Bali. Di sini, pia memiliki dominan rasa gurih. Sementara cara memasaknya ialah dibakar. Yang mengejutkannya lagi, semua jajanan ini dibanderol Rp 1.000 per biji. Jadi kawanjo bisa menjumpainya di Pasar Kampung Emaus jelang berbuka puasa di bulan Ramadan. Yuk kuy kesana, cek paket wisata menariknya di sini.

Baca Juga : 26 Macam Es khas Nusantara yang Enak Untuk Buka Puasa

0 comments on “Cobain Kuliner Khas Ramadan Papua Barat

Leave a Reply

%d bloggers like this: