Lifestyle Technology

5 Cara Jitu Memilih Jenis Gadget yang Tepat Untuk Bertualang

Tidak usah bingung lagi pilih-pilih gadget untuk bertualang ke alam bebas. Baca 5 pakem berikut dan segalanya akan jauh lebih mudah.

Tak perlu selalu mahal, memilih gadget untuk bertualang memang kerap jadi momok tersendiri bagi calon penggunanya. Selain harga di pasaran terus bersaing, fitur-fitur yang ditawarkan pun kian beragam. Mulai dari smartphone, kamera, sampai jam tangan selam, semua punya momen membingungkannya masing-masing saat sedang dipilih dan ditimbang-timbang. Hmmmm

Nah, kalau kawanjo sering pusing dalam memilih mana yang terbaik, artikel ini akan coba membantu kawanjo dalam menentukan pilihan. Jadi baca sampai habis, ya. Daripada bingung terus-terusan, kan. Karena gadget tak hanya akan kawanjo pakai dalam hitungan bulan melainkan hitungan tahun. So, jangan sampai salah beli, oke!

1. Tahan banting

HP Tahan Banting
Biar jatuh juga tetap mulus!

Jika kawanjo suka bertualang ke tempat-tempat yang menantang, maka ada baiknya pilih gadget yang meski jatuh sekali pun, tak akan lekas rusak atau hancur. Pernah dengar rugged smartphone? Nah, ini adalah salah satu contoh jenis gadget tersebut. Anti debu, anti guncangan, dan masih berfungsi walau jatuh dari ketinggian!

Apa saja merknya? Ada Blackview BV9800 Pro, Unihertz Atom XL, Doogee S95 Pro, hingga Elephone Soldier. Semuanya dijamin tahan banting! Bagaimana dengan jenis lain seperti kamera dan jam tangan? Tentu ada juga. Ada Casio G-Shock dan Sunto untuk jam tangan dan ada Nikon Coolpix W300, Panasonic Lumix FT7/TS7, hingga Olympus Tough TG-5 untuk kamera. Everything’s tough!

Jadi untuk apa beli yang mahal kalau hanya untuk bergaya tapi jika dipakai ke alam terbuka cepat keok? Lebih baik beli yang tangguh yang sebenarnya harganya juga tidak murah. Meski menurut orang lain nggak stylish, tapi kan kebutuhan kawanjo bukan untuk itu. So, kalau suka off road, rafting, rock climbing, atau motor trail, sudah pasti gadget seperti ini yang wajib dipunya.

Baca juga: Traveler Kekinian Harus Punya 7 Gadget ini!

2. Kualitas kamera bagus

Outdoor Camera
Pilih yang bagus supaya hasil lebih maknyus

Mau beli kamera atau smartphone, tentu salah satu yang jadi pertimbangannya adalah apakah gadget tersebut bisa menghasilkan visual alam yang jernih dan natural saat dipotret. Untuk mengetahuinya, baiknya sering-sering riset ulasan tentang produk yang kamu incar baik dari Youtube atau pun Google. Hal ini sungguh sangat menbantu agar tak menyesal kemudian.

Untuk kamera, ada Canon 80D, Panasonic Lumix ZS70, hingga Nikon D3500 yang punya teknologi terbaik untuk digunakan menangkap panorama alam. Hasilnya jernih dan natural persis seperti aslinya. Tak hanya itu, harganya pun tak semuanya selangit. Ada yang terjangkau seperti Nikon dan ada juga yang high budget layaknya Panasonic Lumix. Semua tergantung kemampuanmu.

Lalu untuk smartphone, tentu sekarang sudah banyak pilihan. Mulai dari Iphone 12 Pro Max, Samsung Galaxy S20 Ultra, sampai Google Pixel 4, semua memang menggiurkan untuk dibawa jalan-jalan. Hanya saja, siap-siap merogoh kocek di atas sepuluh juta, ya. Karena harga smartphone memang jauh lebih mahal ketimbang langsung beli kameranya sendiri and everybody knows it.

3. Baterai Awet

Garmin
Semua petualang pasti butuh benda-benda ini

Mencari sinyal di dalam hutan, daerah tertinggal, atau di atas gunung memang sangat menghabiskan daya! Oleh sebab itu, cari gadget dengan kapasitas baterai besar yang akan membuat kawanjo lebih aman saat ingin menghubungi orang-orang penting atau tersayang. Tak hanya itu, untuk gadget lain seperti speaker, senter, atau lainnya, cari juga yang berdaya baterai lama.

Namun jika kawanjo sudah terlanjur punya gadget yang baterainya cepat bocor, saran terbaik adalah bawa lebih dari satu powerbank. Pasalnya, baterai dan powerbank sama-sama butuh daya lain which is harus di charge. Apalagi jika kena udara dingin, mereka pasti akan cepat mati. Oleh sebab itu, baiknya pilih yang baterainya kuat sejak awal supaya tidak kebingungan saat diperlukan.

Untuk GPS, ada Garmin Fenix 6X Pro Solar yang belum ada tandingannya. Sistem pengisian daya yang bisa dilakukan dengan sinar matahari menjadikannya tetap bisa menyala saat malam atau di dalam goa sekali pun. Kalau untuk smart watch, salah satunya ada Samsung Galaxy Watch Active 2 yang bisa menyala sampai dua hari berturut-turut.

Bagaimana dengan headlamp? Tenang, karena ada The Princeton Tec Apex Extreme yang tahan menyala sampai 200 jam! Sedangkan untuk smartphone, ada Xiaomi Mi 10T Pro dengan kapasitas baterai 5,000mAh dan Samsung Galaxy S21 Ultra yang punya kapasitas baterai yang sama dengan Xiaomi. Semakin lama semuanya semakin canggih!

4. Tahan air

Tahan air
Tak heran kenapa gadget selam tak ada yang murah. Bisa tahan air sampai kedalaman 200 meter! WOW!

Sama hal nya seperti tahan banting, tahan air juga jadi salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan saat akan membeli outdoor gadget. Karena pasti kawanjo akan berenang, susur goa, kayaking, diving, dan lain sebagainya, jadi gadget yang mumpuni harusnya bisa tetap awet meski dibawa menyelam ke kedalaman tertentu sekalipun.

Apa saja contohnya? Kalau telepon seluler tentu kawanjo harus pilih jenis rugged phone karena hampir seluruhnya punya kemampuan tahan air. Lalu untuk jam tangan, ada Luminox Evo Navy Seal Blackout, Garmin Fenix 3 HR, sampai Victorinox Swiss Army I.N.O.X yang sudah terbukti aman dipakai menyelam ke dalam air laut bahkan sampai kedalaman 200 meter!

Lalu bagaimana dengan headlamp untuk diving? Tentu ada Slonik berdaya 1000 Lumen, Super Bright Headlight yang mampu menerangi sampai 10.000 lumen, sampai Zoomable Waterproof Cree Headlamp dengan kapasitas LED 45.000 LUMEN!! WOW! Tak kebayang kalau diving pakai headlmap ini. Rasanya pasti seperti sedang menyinari satu perairan. Hehehe!

Baca juga: Aplikasi End-to-End Untuk Membantu Wisatawan Selama Ngetrip di Indonesia

5. Fungsional dalam banyak hal

Outdoor gadget
Belilah yang sudah pasti akan membuat kawanjo termudahkan. Jangan justru sebaliknya

Terakhir, untuk memudahkanmu melakukan banyak hal selama perjalanan, kawanjo harus pilih gadget yang betul-betul fungsional. Jangan sampai membeli tapi pada akhirnya tak bisa meringankan beban apalagi sampai tak membantu kawanjo saat menemukan kesulitan. Ingat, fungsi gadget adalah memudahkan hidup manusia. Jika tidak, berarti dari awal kawanjo sudah salah pilih.

So, perhatikan pakem-pakem di atas, ya. Mahal boleh tapi harus benar-benar diperlukan dan canggih sekalian. Murah juga sudah cukup apabila ternyata teknologinya memang bagus. Jangan sampai hanya berujung jadi outdoor socialite, ya. Semua gadgetnya mahal tapi jarang digunakan secara maksimal atau bahkan jarang bepergian. Jatohnya jadi sayang, kan. Jadi, selamat memilih!

Oh, iya! Untuk trip-trip seru nan menantang, kawanjo bisa langsung cek di sini, ya! Banyak paket menarik yang bisa dipilih untuk habiskan liburan saat sudah siap untuk bepergian lagi nanti. Bon voyage!

0 comments on “5 Cara Jitu Memilih Jenis Gadget yang Tepat Untuk Bertualang

Leave a Reply

%d bloggers like this: