Local Experiences

6 Rumah Makan Khas Minang Terbaik di Jakarta Untuk Buka Puasa

Bagi yang masih galau mau buka puasa di rumah makan Minang yang mana, pilih saja satu dari lima rumah makan ini. Kelezatannya sudah tak perlu diragukan lagi!

Siapa tidak suka masakan Padang? Pastinya tidak ada. Sebab semua orang suka makanan asli dari provinsi Sumatra Barat ini. Mulai dari warga lokal sampai mancanegara, semua pasti tergila-gila oleh racikan kaya rempah yang berbaur dengan santan dan berbagai bahan dasar layaknya daging, ayam, ikan, dan sayur-sayuran. Belum lagi varian sambalnya yang menggugah. Duh!

Nah, untuk kawanjo yang ingin buka puasa tapi bingung mau makan apa, berikut, Pigijo infokan 6 rumah makan khas Minang terbaik di Jakarta versi Pigijo. Untuk yang sudah tahu atau yang sudah kadung legendaris, tak apa Pigijo masukkan juga. Karena belum tentu kawanjo yang ada di luar Jakarta tahu, kan? So, selamat ngiler! Hayooo, kira-kira kamu sepakat gak nih sama list-nya?

  1. Bopet Mini Bendungan Hilir
Bopet Mini Benhil
Pilih makanannya, nikmati kelezatan autentiknya

Berlokasi di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Selatan, rumah makan yang terkenal enak dan punya cita rasa khas Minang yang kental ini nampaknya tak pernah sepi pengunjung. Di luar Bulan Ramadan saja, kalau kawanjo mau beli makan siang harus datang sebelum jam 12.00 karena biasanya jam 13.00 lauk-lauknya sudah banyak yang habis. Bagaimana saat mendekati buka puasa!

Namun meski demikian, makanan di sini memang worth to buy! Ada rendang hitam yang lezat, ragam gorengan yang tebal, besar-besar, dan mantap, ketupat sayur, sate padang, sampai bubur kampiun yang begitu legit! Cocok sekali untuk berbuka dan harganya juga pas di kantong! Jadi kawanjo tak bakal terlalu boncos kalau tiba-tiba kalap pesan macam-macam.

Cara penyajiannya pun unik. Terdiri dari 2 lantai, lantai bawah bisa langsung kawanjo tempati dengan memanggil pelayan untuk order makanan, sedangkan lantai atas dirancang supaya kawanjo bisa antre sambil memilih menu yang dipajang layaknya Nasi Kapau. Padahal ini rumah makan Padang, lho. Hihihi.. Nanti kawanjo tinggal tunjuk mau yang mana lalu diambilkan deh satu per satu.

Baca juga: Cobain Kuliner Khas Ramadan Papua Barat

2. RM Sepakat Mayestik

Sepakat Mayestik
Tempat nan kecil dengan cita rasa yang begitu besar

Nah, ini juga terkenal enak! Bahkan orang Minang yang lidahnya masih sangat medok pun setuju kalau RM Sepakat memanglah lezat. Namun jangan bayangkan rumah makan yang luas dengan tempat duduk dan meja yang telah tertata, ya. Sebab RM Sepakat ini amat mungil dan terletak di basement Pasar Mayestik. Jadi udaranya pun cukup panas kalau makan di tempat.

Saran Pigijo sih baiknya beli untuk dibungkus lalu makan di rumah. Karena biar bagaimana pun sensasi makan nasi Padang yang dibungkus itu pasti beda. Betul tidak? Lalu, apa yang menarik? Sebenarnya yang menggiurkan itu salah satunya adalah ketersediaan Gulai Gajeboh pada etalasenya. Padahal biasanya gulai punuk sapi ini hanya ada di kedai nasi Kapau. Kawanjo wajib coba!

3. RM Garuda

RM Garuda
Perpaduan cita rasa Minang dan Melayu yang bakal menggoyang lidahmu

Rumah makan yang punya kombinasi rasa Minang – Melayu ini memang beda dari restoran Padang kebanyakan. Rasanya lebih halus dan tidak sekental Minang tapi variannya persis masakan Minang. Mulai dari rendang sampai ayam bakar Padang, semua tersedia namun dengan cita rasa yang lebih ringan. Pilihan sayurnya pun lebih beraneka ragam. Unik sekali.

Tak hanya itu, untuk side dish yang biasanya mungkin hanya ada daun singkong, RM Garuda punya keripik kentang pedas yang bisa dinikmati bersama nasi, sayur, dan lauk. Wah! Sudah terbayang belum nikmatnya? Inilah yang menjadikan restoran ini selalu ramai. Karena dengan varian menu yang berbeda, rasanya juga lezat dan berbeda dengan rumah makan lainnya. Yumm!

4. RM Pagi Sore

RM Pagi Sore
Sulit rasanya menghindar dari imajinasi tentang nikmatnya Pagi Sore!

Siapa yang tak tahu restoran ini. Sudah jadi salah satu destinasi wajib bagi para pencinta masakan Padang di Jakarta saat sedang kangen makan makanan Padang, Pagi Sore memang tak boleh tak masuk dalam list. Menyajikan makanan khas Minang dengan rasa yang sangat autentik sekaligus ngangenin, Pagi Sore memang berani menggunakan bumbu dalam tiap masakannya.

Bahkan orang asli Minang sendiri pun mengakui bahwa Pagi Sore betul-betul sesuai dengan rasa masakan asli di kampung halaman mereka. Saran Pigijo, kalau ke sini baiknya makan di tempat. Karena menunya banyak, sehingga saat disajikan di tengah meja akan membuat kawanjo kebingungan untuk memilih. Tak hanya itu, di sini juga ada es tebak, lho. Segarr untuk berbuka!

Oh, iya. Bagi yang ingin memesan tempat untuk bukber, nampaknya harus dilakukan jauh hari atau langsung datang ke tempatnya karena biasanya dari jam 4 sudah full booked! Tak usah heran kalau di sekitaran Pagi Sore sudah macet dari sore. Karena kebanyakan ya mau mampir untuk makan atau memesan makanan di sana. Jadi tak mungkin tak enak, kan? Hehehe

Baca juga: Cobain, 5 Makanan Nusantara Unik Khas Ramadan

5. RM Surya

Surya Benhil
Anthony Bourdain pernah makan di sini, lho!

Nah, rumah makan ini juga wajib kawanjo datangi. Berlokasi tepat di samping Bopet Mini Benhil, ada rumah makan lainnya yaitu Rumah Makan Surya. Sudah sering muncul di berbagai film dan channel Youtube, rumah makan ini pada dasarnya sudah sangat lama ada di Jakarta yaitu sejak tahun 1964. Tak heran hitungannya sudah jadi rumah makan khas Minang legendaris di Jakarta.

Hampir semua makanannya enak. Hanya saja harganya sedikit mahal sehingga banyak orang yang lebih senang mampir ke Bopet Mini di mana sama-sama enak tapi harganya lebih murah. Meski demikian tak usah kuatir. Karena rasa masakan di Rumah Makan Surya juga tak kalah lezat. Kawanjo harus mampir ke sini untuk tahu cita rasa masakan Padang yang berhasil melegenda se-ibukota.

6. RM Pagi Siang Malam

Pagi Siang Malam Kalcit
Terlaris kedua setelah RM Mak Ciak

Last but not least, bagi yang tinggal atau sering main ke Apartemen Kalibata City, ada restoran Padang lezat bernama Pagi Siang Malam. Ini pun termasuk autentik karena semua bumbunya meresap sampai ke dalam tulang khususnya untuk ayam dan ikan bakarnya. Rendangnya juga enak karena teksturnya sudah nyaris mendekati rendang hitam khas Minang. Sambal hijaunya pun mantap!

Tapi kalau ke sini kawanjo harus pilih yang tempatnya paling besar dan lemari makanannya tertutup kaca semua. Sebab ada beberapa rumah makan dengan nama yang sama namun dengan kualitas dan higienitas yang berbeda. Kalau kawanjo tak masalah sih sebenarnya tak apa-apa. Tapi jika hal ini cukup penting apalagi di kondisi pandemi seperti ini, pilih yang tertutup rapat, ya.

So, selamat buka puasa dengan makanan khas Minang! Jangan lupa sambil berbuka puasa, cek paket wisata dan open trip menariknya di sini.

0 comments on “6 Rumah Makan Khas Minang Terbaik di Jakarta Untuk Buka Puasa

Leave a Reply

%d bloggers like this: