Ketupat Lebaran
Local Experiences

Lebaran Idul Fitri Datang, Ini Menu Wajib yang Harus Ada di Rumah

Setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, tiba saatnya merayakan hari kemenangan yaitu Idul Fitri 1442 H.

Lebaran idul fitri tahun ini memang tidak begitu berbeda dibandingkan tahun 2020. Situasi masih sama yaitu diselimuti pandemi COVID-19. Meski begitu, umat muslim tetap semangat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini. Satu bulan menahan lapar, haus, dan amarah. Ada satu hari yang sangat ditunggu umat muslim yaitu hari kemenangan atau lebaran Idul Fitri. 

Di hari lebaran, semua umat muslim sudah dipastikan selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dan menikmati hari kemenangan yang diawali dengan salat Idul Fitri. Usai salat, umat muslim pun melakukan tradisi bermaaf-maafan. Mungkin karena lagi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, dilakukan secara protokol kesehatan. 

Idul Fitri 1442 H disituasi pandemi COVID-19 tidak akan pernah bisa melunturkan tali silaturahmi umat muslim di seluruh dunia. Nah, bicara lebaran Idul Fitri, kawanjo pasti tahu dong apa aja yang akan ada di rumah orang tua kita nih, hayoo apaan?

Ketupat Lebaran 

Menu wajib Lebaran
Ketupat lebaran menu wajib di meja kita

Hem…. ini menu wajib! Mau pandemi COVID-19, ataupun gaji dibayar setengah, mungkin juga tidak dapat THR. Dapur wajib ngebul, daripada beli baju baru mending pilih masak ketupat deh! Lebaran tanpa ketupat, rasanya sedih banget kawanjo. Menurut wikipedia, ketupat itu adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. 

Sedangkan arti ketupat menurut KBBI makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa, berbentuk kantong segi empat dan sebagainya, kemudian direbus, dimakan sebagai pengganti nasi. Hehehe, jadi kamu gak bisa alasan, “duh gue belum makan nasi nih, baru aja makan ketupat doang,”. 

Baca Juga : Cobain, 5 Makanan Nusantara Unik Khas Ramadan

Opor Ayam

Menu wajib lebaran idul fitri
Opor ayam lauk wajib yang kerap disajikan dengan ketupat saat Lebaran Idul Fitri tiba

Ketupatnya ada, tapi gak ada opor ayam? Yah, sama aja minum teh manis tapi lupa menggunakan gula, hehehe. Opor ayam itu menu wajib, karena seirama dengan kuah ketupat lebaran kawanjo. Ketupat yang masih baru, sayur yang hangat, diguyur dengan kuah opor yang masih hangat dan juga ayam dengan kualitas yang terbaik alias gak keras karena direbusnya dengan benar.

Dijamin, kamu bakal nambah dan gak akan pergi deh dari meja makan. Menurut Travelling Chef Wira Hardiansyah, ketupat dan opor dipasangkan karena maknanya meminta maaf atas segala kesalahan baik tindakan juga pikiran buruk atas sesuatu atau seseorang.

Sambal Goreng Hati

Lebaran Idul Fitri
Sambal goreng hati ini juga enak disajikan bersama ketupat saat Lebaran Idul Fitri tiba.

Kentang dipotong kecil-kecil kemudian juga dicampur dengan hati ayam atau sapi. Cara memasaknya, untuk kentang digoreng terlebih dahulu, sedangkan hati ayam atau sapi direbus dahulu. Kemudian ditumis bersamaan dengan sambal balado. Ini juga jadi menu wajib yang harus ada di meja. Bahkan nih, jika kamu kehabisan sayur ketupatnya, jangan khawatir.

Makan ketupat tanpa sayurnya tapi masih ada sisa lauk sambal goreng hati, tentu masih nikmat disantap di suasana lebaran Idul Fitri. Gimana, pasti sudah tidak sabar kan mencoba bersantap ketupat lebaran bersama keluarga di rumah? Jangan lupa kawanjo, sambil bersantap ketupat lebaran dengan opor ayam, sambil cari juga rekomendasi wisata menariknya di sini. Siapa tahu, dua hari berikutnya kamu mau ngetrip

Baca Juga : 6 Rumah Makan Khas Minang Terbaik di Jakarta Untuk Buka Puasa

0 comments on “Lebaran Idul Fitri Datang, Ini Menu Wajib yang Harus Ada di Rumah

Leave a Reply

%d bloggers like this: