Kepulauan Seribu
Local Experiences

Mengenal Lebih Dekat Trip Wisata di Pulau Seribu

Anak pantai masa nggak tahu Pulau Seribu, itu berarti kamu ngetripnya belum maksimal. Kenalan dulu dong sama destinasi wisata yang dekat ini.

Short vacation tapi mau main ke pantai, apa sih yang gak ada di Indonesia. Jawabannya, tentu saja ada kawanjo. Trip wisata di Pulau Seribu, nah nggak asing kan kawanjo sama destinasi wisata yang masih satu wilayah administrasi, tepatnya berada di sebelah utara Kota Jakarta nih. Meskipun memiliki nama pulau seribu, tetapi destinasi wisata Kepulauan Seribu itu pulaunya tidak sampai seribu kok,hehehe. 

Meski begitu trip wisata ke Pulau Seribu selalu jadi daya tarik anak muda begitu juga bagi para penggiat traveling untuk ngetrip. Kepulauan Seribu punya sederet pulau-pulau indah dengan daya tariknya sendiri. Kalau kawanjo tahu, pulau terdekat di Kepulauan Seribu itu sekitar 45 km dari Kota Jakarta. Eits jangan salah dulu, 45 km ngetrip ke Kepulauan Seribu itu beda.

Beda soalnya, trip wisata ke Pulau seribu itu ditempuh lewat jalur laut, jadi kawanjo tidak akan pernah menemukan kemacetan serumit perjalanan dari pulang kantor ke rumah deh. Bicara soal trip wisata di pulau seribu, di sini itu secara umum memiliki tiga peruntukan. Ada pemukiman di Kepulauan Seribu, pariwisata dan konservasi. Di Kepulauan Seribu ada beberapa pulau besar yang berpenduduk.

Pulau besar yang berpenduduk di Kepulauan Seribu ini seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Pari. Penduduk dari pulau ini berasal dari berbagai wilayah di tanah air, so kamu selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat asri dan mempesona, bisa juga sekaligus melihat perpaduan budaya yang unik saat ngetrip ke pulau seribu. 

Bagi pulau yang berpenduduk pada umumnya punya fasilitas yang cukup memadai, seperti pendidikan, kesehatan, jaringan komunikasi, kedai makan dan sebagainya. Untuk berangkat ke pulau seribu, biasanya ada transportasi dari Muara Angke atau Marina Ancol. Yuk cek beberapa pulau keren yang ada di Kepulauan Seribu. 


Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Wah kalau mendengar nama Pulau ini pasti kawanjo kepikiran sama kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bukan? Tapi bukan kok, beda ini kawanjo. Pulau Pramuka ini berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Walaupun populasi penduduknya tidak sebanyak seperti Pulau Tidung dan Pulau Harapan, tapi di sini fasilitasnya lengkap juga. Ditambah lagi, masih dekat dengan Ibukota Jakarta, jadi nggak usah khawatir. 

Terus mau ngapain aja ngetrip di Pulau Pramuka? Di sini kawanjo bisa explore pantai, pulau dengan bersepeda. Menjelajahi pulau di Pulau Semak Daun, Pulau Air, pulau pasir Gosong Patrick, pulau Karya. Belum lagi kawanjo bisa mengunjungi penangkaran hiu dan penyu sisik bersama Pigijo. Ditambah snorkeling yang pastinya akan menyajikan pemandangan keindahan bawah laut. 

Baca Juga : Jakartans Boleh Serbu, Paket Wisata Seru di Bawah Rp 500 Ribu Nih!

Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Pulau Harapan di Kepulauan Seribu

Amazing… pasti kamu akan langsung seperti itu saat tiba di pulau yang memiliki luas lahan sebesar 48 hektare ini.  Dermaga pasir putih yang membentang, tiupan angin semilir yang menerbangkan aroma laut ditambah jernihnya air membuat kamu seakan berada di pulau tersembunyi. Ditambah lagi banyaknya ikan dan biota laut yang masih terjaga kemurniannya, jadi makin berkesan deh ngetrip ke pulau harapan di Kepulauan Seribu. Dengan keindahannya yang alami, maka pantas kiranya Pulau Harapan dijadikan sebagai rekomendasi wisata andalan. 

Pulau Pari Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Pulau Pari di Kepulauan Seribu yang sangat memukau

Siapa yang tidak kenal dengan pulau Pari. Pulau Pari di Kepulauan Seribu ini sudah terkenal, terutama dikalangan traveler. Pemandangannya pun sangat spektakuler. Bisa kawanjo bayangkan, gugusan pulau kecil tersebar di pantai Pulau Pari, tentu saja hal ini bisa menjadikan aktivitas berenangmu semakin seru saja.

Oh iya, bahkan tingkat kedalaman dari pantai di Pulau Pari juga sangat mudah dilihat. Jika warnanya biru tua itu punya kedalaman sekitar 2-5 meter. Tapi jika masih berwarna gradasi putih dan hijau toska, itu hanya 1-2 meter saja. 

Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Pulau Tidung di Kepulauan Seribu

Ada dua pilihan menarik yaitu Pulau Tidung Besar dan juga Pulau Tidung kecil di Kepulauan Seribu. Ngetrip ke pulau seribu, terutama di Pulau Tidung Besar ini punya fasilitas wisata seperti penginapan dan warung makan. Sedangkan untuk Pulau Tidung Kecil itu adalah pulau tanpa penghuni dan hanya dijadikan sebagai wilayah konservasi saja. Di kawasan wisata ini juga merupakan kawasan pengembang biakan mangrove dan ilalang, dengan pantai yang berpasir putih.

Gimana sudah siap one day trip atau menginap beberapa hari sebagai bentuk pelarian dari kejenuhan aktivitas setelah lebaran Idul Fitri 2021 juga boleh kok. Yuk, cek paket wisatanya di sini.

Baca Juga : Berani Caving ke Gunung Kapur Ciampea? Cobain Trip Serunya Bareng Pigijo

0 comments on “Mengenal Lebih Dekat Trip Wisata di Pulau Seribu

Leave a Reply

%d bloggers like this: