PigiNews

Dukung Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Keluarkan 60 Miliar

Pemerintah mulai anggarkan dana insentif untuk industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan mulai dibagikan pada pertengahan tahun ini.

Demi tingkatkan geliat ekonomi kreatif, pengembangan, serta pembangunan desa wisata di Indonesia, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah menyiapkan dana setidaknya 60 miliar rupiah untuk program insentif pemerintah (BIP). Rencananya, dana ini akan siap diberikan pada Juni 2021 mendatang.

Mengingat dana ini termasuk bombastis dan menyasar industri ekonomi kreatif dan pariwisata yang paling terdampak selama pandemi, maka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan bahwa seluruh dana bantuan ini akan tepat sasaran, adil, dan diberikan para masyarakat serta para pihak yang benar-benar membutuhkan.

Sandiaga Uno
Sektor ekonomi kreatif dan pariwisata siap terima gelontoran bantuan mulai Juni 2021

Selain diharapkan dapat meningkatkan kualitas industri kreatif dan pariwisata, insentif ini pada dasarnya juga diharapkan dapat merangsang terbukanya lapangan kerja. Semakin banyak persona yang bekerja di balik industri kreatif dan pariwisata, maka akan semakin siap pula industri ini menghadapi masa pasca-pandemi nanti di mana masyarakat sudah siap berwisata kembali.

Baca juga: 3 Kota Ini Dijadikan Travel Bubble Untuk Gaet Wisatawan Mancanegara

Fadjar Hutomo, selaku Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa sesungguhnya bantuan seperti ini sudah tiga kali dilaksanakan di mana tahun ini sudah masuk program bantuan di tahun ketiga. Oleh sebab itu, tahun ini sangat diharapkan bahwa pasokan dana ini benar-benar akan tepat guna bagi semua.

Ekonomi kreatif
Bantuan diharapkan akan tepat guna agar bisa membuka lapangan kerja dan membangkitkan geliat ekonomi kreatif bangsa

Ada lima subsektor ekonomi kreatif dan pelaku pariwisata di desa wisata yang akan menerima insentif ini. Oleh karenanya, Kemenparekraf akan sangat selektif dalam menentukan, membagikan, dan menyalurkan bantuan dana sebesar 60 miliar ini supaya tepat sasaran. Pembagiannya pun dilakukan secara transparan sesuai apa yang ada di lapangan.

Wish nothing but the best for this! Tapi jangan lupa, kalau kawanjo ingin ngetrip tahun ini, selalu jaga protokol kesehatan dan intip paket trip menarik di sini, ya! Dijamin liburan kawanjo gak bakalan ngebosenin. Yuk, sama-sama bantu tingkatkan lagi industri pariwasata dan ekonomi kreatif Indonesia. Tak ada salahnya, kan bantu pemerintah untuk Indonesia yang lebih baik

Baca juga: Sertifikasi Destinasi Wisata Akan Diteruskan Sandiaga Uno

0 comments on “Dukung Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Keluarkan 60 Miliar

Leave a Reply

%d bloggers like this: