Health Lifestyle

5 Wellness Trip Wajib Coba di Bali dan Jawa Untuk Tenangkan Jiwa Raga

Sudah waktunya benahi diri secara keseluruhan lewat wellness trip yang kian berkembang

Beberapa tahun belakangan, terlebih sejak pandemi terjadi, bisnis trip berbasis wellness atau kesehatan jiwa raga tumbuh semakin subur di Indonesia. Mulai dari yang terjangkau sampai yang luar biasa mewah, semua bisa kawanjo pilih sebagai alternatif untuk ngetrip yang beda dari biasanya. Tak cuma bisa jadi pelepas stress, trip jenis ini juga akan membuatmu merasa seperti pribadi baru.

Gimana enggak. Di sini kawanjo akan dapat banyak pelayanan menenangkan dan menyehatkan tubuh serta pikiran mulai dari spa, olahraga, clean eating, hingga bermalam di tempat yang jauh dari keramaian dan dikelilingi pemandangan indah. Tentu rasanya seperti ingin stay lebih lama di tempat-tempat seperti itu! Belum lagi saat di perjalanan pulang. Pikiran rasanya plong!

So, daripada berlama-lama, yuk intip 5 rekomendasi tempat untuk lakukan trip wellness terbaik versi Pigijo yang bisa kawanjo coba kalau sudah mulai suntuk. Namun perlu diingat, kawanjo harus tetap perhatikan protokol kesehatan selama ngetrip, ya. Karena biar bagaimanapun, hal ini tetap harus diterapkan. Jangan sampai trip wellness ini malah bikin kawanjo unwell, lho. Just don’t.

1. Rumah Atsiri & Atsiri Glamping

Rumah Atsiri
Kawanjo akan merasa amat positif saat berada di seluruh area kebun dan area workshop

Suka essential oil? Tahu bahwa salah satu fungsi essential oil adalah untuk meredam emosi, merelaksasi pikiran, dan meredakan stress? Nah, di sini kawanjo akan diajak masuk ke dalam kebun tanaman yang akan dijadikan bahan dasar pembuatan minyak atsiri (essential oil). Lansekapnya cantik sekali dan akan mengingatkan kawanjo pada kebun bunga di luar Indonesia.

Selain memanjakan mata dan menenangkan jiwa, tempat yang berlokasi di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini juga menawarkan kelas membuat essential oil yang sudah tentu semerbak aromanya memenuhi ruang kelas tersebut. Siapa yang tak jatuh cinta, coba! Sudah indah, tempat ini dipenuhi bau harum pula. Duh, semakin bikin tenang hati nurani!

Glamping
Kalau Nicholas Saputra saja suka, apalagi kawanjo 😝

Tak hanya itu, Rumah Atsiri juga punya area glamping yang begitu zen. Eksteriornya sederhana bak mengusung tema minimalis. Sedangkan interiornya didominasi aksen kayu dan warna putih layaknya rumah-rumah di Jepang dan Skandinavia. Nicholas Saputra saja sudah pernah bermalam di sini, lho! Giliranmu kapan? Yah, pokoknya kalau sudah mulai mumet, masukkan tempat ini ke dalam rencana escaping kawanjo, ya. Cuz it’s totally worthy!

2. Revivo Wellness Resort

revivo
Tersembunyi di area Nusa Dua yang teduh, sunyi, dan penuh kenyamanan

Nah, kalau mau cari yang eksklusif dan terhitung sangat mewah, kawanjo bisa merapat ke sebuah akomodasi di Nusa Dua Bali bernama Revivo Wellness Resort. Di sini, konsep wellness yang diusung betul-betul menyeluruh sampai ada sesi konsultasi dengan psikolog, lho! Jadi sistemnya, kalau mau menginap di sini kawanjo bukan booking kamar melainkan booking paket wellness yang tersedia.

Maksudnya? Jadi kawanjo tinggal pilih mau ambil paket wellness untuk 3 hari atau 5 hari. Setelah booking, otomatis kawanjo akan dapat itinerary padat mulai dari pagi saat bangun sampai malam sebelum tidur. Isi itinerary-nya adalah kegiatan yang bisa kawanjo ikuti untuk menjaga keseimbangan jiwa dan juga raga. Mulai dari minum jamu, sarapan clean foods, yoga, sampai spa, semua ada.

Healthy foods
Selama 3 atau 5 hari, kawanjo akan makan makanan sehat yang kalori dan nutrisinya sudah dihitung oleh ahli gizi

Selain itu, disediakan juga sepeda untuk dipakai gratis oleh para tamu yang ingin jalan-jalan keliling hotel. Pokoknya kalau menginap di sini, kawanjo akan keluar seperti terlahir kembali. Pagi-pagi minum 3 shot jamu segar, cemilan yang disediakan semuanya sehat dan kaya serat, siang hari workout, lalu menyantap makanan clean eating, serta melakukan spa yang merelaksasi sebelum tidur.

Lalu, kelas workout dan kelas yoga nya pun tak main-main. Benar-benar dibimbing oleh trainer dan yogi profesional yang paham betul bagaimana membuat tubuh jadi lebih fit, menjernihkan pikiran, dan membuang konten negatif dalam diri sehingga kawanjo bisa jadi individu yang lebih positif setidaknya sepulang dari tempat ini.

yoga
Yoga di sini benar-benar mampu mencuci bersih segala negatifitas dalam diri

Belum habis fasilitas yang diberikan, kawanjo juga bisa dapat sesi konsultasi dengan ahli gizi yang akan menambah pemahaman mengenai konsep wellness secara keseluruhan. Jadi semua memang berpengaruh! Mulai dari apa yang kawanjo makan hingga aktivitas apa yang dilakukan, akan kawanjo pahami dalam waktu 3 atau 5 hari. Tak heran harga paketnya sangat bombastis!

Baca juga: Kemenparekraf Mau Kembangkan Wisata Kesehatan di Indonesia

3. Kampung Kopi Lerek Gombengsari

kebun kopi
Tempat yang tepat untuk buang stress

Berlokasi di kaki gunung Ijen, wisata kopi ini cocok untuk kawanjo yang suka sekali minum kopi atau senang dengan bau kopi. Selain bisa berkeliling perkebunan kopi sambil memetik biji kopi di lahan seluas ribuan hektar ini, kawanjo juga bisa mampir ke peternakan kambing etawa milik warga setempat di mana kawanjo bisa ikutan memerah susu kambing! Hihihi.. Seru, kan?

Selain bisa juga langsung mencoba atau membeli bubuk atau biji kopi di sini, kawanjo juga bisa ikut tur kebun sambil mengenal jenis-jenis kopi, panen kopi, belajar cara memproses kopi secara tradisional (sangrai, menumbuk, sampai menyeduh), memerah susu kambing, hingga menikmati hiburan masyarakat setempat layaknya musik patrol dan sepak bola api. Seru!

Kambing Etawa
Ngetrip sambil memerah susu kambing? Waaw, kapan lagi?

Kenapa termasuk wellness trip? Karena jalan-jalaan mengelilingi kebun kopi sambil memetiknya, belajar proses pembuatannya, hingga coba meminumnya di tempat adalah satu rangkaian kegiatan yang bisa menenangkan hati kawanjo. Nothing but walking in nature! Sebab aktivitas ini merupakan salah satu hal paling baik untuk mereduksi stress yang menumpuk di kepala.

4. Bukit Dagi Abhinaya

Menikmati momen matahari terbit sambil sarapan menu tradisional yang nikmat dan berbalut budaya Jawa nan kental

Dikelola oleh PT. Taman Wisata Candi Borobudur, tempat ini punya pemandangan matahari terbit yang sangat cantik. Oleh sebab itu, kalau kawanjo ke sini, kawanjo bisa pilih paket Dagi Abhinaya Picnic Breakfast supaya bisa sarapan pagi dengan menu tradisional lezat dengan penataan modern sambil menunggu momen matahari terbit yang memesona.

Tak hanya itu, sambil menikmati santapan nikmat, kawanjo juga akan diiringi oleh gamelan Jawa yang akan membuat pagi kawanjo jadi tambah nyaman. Udaranya pun sejuk karena berada pada ketinggian 275 Mdpl. Menyenangkannya lagi, kawanjo juga bisa ikut kelas yoga yang sering dilaksanakan di sini. Jadi, jiwa semakin senang, pikiran pun jadi makin tenang.

Yoga di Borobudur
Yoga sambil memandagi panorama alam yang menenangkan jiwa

Lagipula, kawasan Candi Borobudur memang selalu dikenal dengan ‘kekuatan magisnya’ yang dipercaya dapat membuat siapa pun merasa dan menjadi lebih calm down. That’s why banyak penginapan mewah yang menyajikan paket wellness di sekitar candi Buddha terbesar di dunia ini. Selain itu, karena berlokasi di Magelang, maka tak sulit menemukan bahan makanan organik yang makin mendukung konsep wellness dari dalam diri. What you eat is what you are ❤️

5. Amandari

Amandari room
Kamar luas yang dirancang dengan desain dan interior tradisional nan megah

Last but not least, ini dia penginapan sultan yang punya paket wellness super lengkap dan amat sangat berkelas. Merupakan bagian dari grup penginapan Aman yang dikenal mewah namun tetap punya konsep menyatu dengan alam, Amandari yang ada di Ubud, Bali ini betul-betul akan membuat kawanjo tenggelam pada pelayanan, alam, dan keindahan akomodasinya sendiri.

Megah berdiri di atas cantiknya Sungai Ayung, resor dengan 31 suite dan 1 buah vila ini punya infinity pool cantik di dekat lobi yang akan menunjang momen relaksasi kawanjo. Bagaimana tidak. infinity pool pertama di Ubud berikut menghadap langsung ke Sungai Ayung dan punya pemandangan pepohonan serta matahari terbenam yang memesona. Yes, it’s a real wellness retreat, baby!

Amandari Pool
Berenang sambil memandangi Sungai Ayung dan pepohonan indah di infinity pool pertama area Ubud

Lalu karena merupakan salah satu wellness resort terbaik di Bali, maka tak disediakan televisi di setiap kamar agar kualitas tidur kawanjo bisa lebih maksimal dari hari-hari biasanya. Ya, detail semacam ini takkan lepas dari perhatian mereka karena biar bagaima pun, mind, body, and soul harus punya ketenangan yang seimbang agar wellness retreat benar-benar berhasil.

Amandari Sapa
Merelaksasi tubuh di salah satu spa terbaik di Bali

Tak berhenti sampai di situ, di tiap kamar juga disediakan outdoor bathtub supaya kawanjo bisa makin menikmati bermalam di Amandari. Ingin cari kesibukan? Tak usah kuatir karena ada banyak aktivitas menarik yang bisa diikuti. Mulai dari memasak menu makanan lokal bersama warga setempat, melakukan yoga atau meditasi lewat paket yang ditawarkan, spa, rafting di Sungai Ayung, sampai trekking dan bersepeda. Semua menyenangkan!

Amandari cooking class
Belajar masak masakan tradisional Bali bersama warga lokal

Maka tak perlu disangsikan, kawanjo akan dapat banyak pengalaman relaksasi yang LEBIH dari biasanya. Sebab dengan harga yang ditawarkan, experience yang bakal kawanjo dapat tentu sangat sesuai dengan budget yang dikeluarkan. Meski harganya selangit, namun secluded accommodation ini tahu betul apa yang harus mereka lakukan untuk membuat kawanjo merasa lebih tenang.

Yuk cek info paket wisata menariknya di sini.

Baca juga: Sandiaga Uno Bakal Jadikan Ubud Lokasi Wisata Edukasi di Bali

0 comments on “5 Wellness Trip Wajib Coba di Bali dan Jawa Untuk Tenangkan Jiwa Raga

Leave a Reply

%d bloggers like this: