PigiNews

Labuan Bajo dan Likupang Bakal Punya Kapal Wisata Glass-Bottom Karya Anak Bangsa

Sebentar lagi kita bakal punya kapal wisata yang lantainya tembus pandang!

Akhir-akhir ini, nampaknya pemerintah memang sedang gencar meningkatkan mutu destinasi wisata Dalam Negeri dengan memperbaiki fasilitas pendukung yang belum prima dan menambah akomodasi yang belum ada. Oleh sebab itu, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sudah berencana membuat glass-bottom boat untuk menunjang kegiatan wisata super prioritas.

Untuk destinasi pertama, Likupang dan Labuan Bajo jadi pelopornya. Dilengkapi kaca pada bagian bawah kapal yang telah memiliki Standar Pengaturan Klasifikasi Indonesia (BKI) Volume VII Rules for Small Vessels up to 24 Meters sebagai jenis kapal penumpang, kapal ini juga merupakan hasil karya putra-putri terbaik bangsa dari Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Kapal kaca
Seru dinikmati bersama teman atau keluarga

Jumlahnya memang tak banyak. Hanya 4 unit di mana 2 diantaranya adalah jenis Catamaran dan 2 sisanya merupakan jenis Trimaran dengan Tripell Hull. Meski demikian, kapan ini sama-sama keren untuk ditumpangi, kok. Bagaimana tidak, kawanjo tak perlu snorkeling hanya untuk bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut. Dari atas kapal pun bisa!

Baca juga: 4 Tempat Seru dan Tenang untuk Memulai Work From Bali

Bagi yang belum paham, kapal ini sesungguhnya kapal biasa yang punya keistimewaan tertentu yaitu memiliki kaca tembus pandang di bagian bawah lambung kapal. Jadi kalau kawanjo ingin lihat terumbu karang atau ikan hias berenang-renang, maka cukup sewa satu perahu dan langsung saja saksikan cantiknya alam bawah air dari kaca di dekat kaki kawanjo. Indahnya aduhaii..

‚ÄúPembangunan Kapal Wisata Glass-Bottom ini merupakan wujud nyata upaya Kementerian Perhubungan dalam melaksanakan arahan Bapak Presiden RI untuk membangun sarana pariwisata maritim, dalam hal ini berupa Kapal Wisata sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan usaha pariwisata,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha.

Kapall kaca
Rasakan sensasi melihat biota laut dari atas kapal tanpa perlu snorkeling apalagi divibf

Oleh sebab itu, jika kapal ini benar-benar ada dan terwujud, maka kapal jenis ini akan jadi yang pertama ada di Indonesia dan merupakan hasil karya Anak Bangsa. Jadi, kalau nanti kawanjo akan pergi ke Labuan Bajo dan Likupang, semoga kapal ini sudah ada dan siap disewa, ya. Karena kalau dipahami, konsep kapal ini memang cocok untuk dioperasikan di perairan NTT dan Sulawesi Utara.

Baca juga: 7 Penginapan Atas Air di Indonesia yang Mirip Maladewa

Buat kawanjo yang takut berenang di laut atau bahkan tak bisa berenang, naik kapal jenis Glass-Bottom adalah keputusan paling baik agar kawanjo tetap bisa menikmati indahnya kehidupan bawah laut tanpa harus menyelam ke dalam air. Sabar saja. Sebentar lagi rasanya Indonesia akan punya banyak fasilitas pendukung berkualitas bertaraf internasional dan buatan lokal. Bangga? Itu jelas!

Keren ya… Kawanjo udah ada rencana ngetrip belum? Jika belum bisa cek info paket wisatanya di sini.

0 comments on “Labuan Bajo dan Likupang Bakal Punya Kapal Wisata Glass-Bottom Karya Anak Bangsa

Leave a Reply

%d bloggers like this: