Local Experiences

Perlu Liburan Anti Mainstream? 4 Aktivitas ini Rekomendasinya!

Kini saatnya coba liburan gaya baru yang mungkin belum pernah kamu rasakan di Indonesia.

Sudah bingung mau ngetrip ke mana saat ada waktu senggang? Bosan dengan tempat ramai yang tak mengindahkan social distancing? Atau malas kalau liburan cuma staycation-staycation saja? Nah, kini saat yang tepat untuk mengganti jenis liburan kawanjo ke jenis liburan yang lebih fun dan jauh dari keramaian. Penasaran? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

1. Tenangkan diri di kabin tengah hutan

Bobocabin Rancaupas
Konsep baru menginap ala nomad

Well, kawanjo tahu nggak, sih kalau sekarang itu di Indonesia sudah ada kabin tengah hutan seperti di luar negeri? Iya, semacam yang sering kawanjo lihat di majalah Kinfolk atau majalah-majalah kekinian lainnya. Berterimakasihlah pada Bobocabin karena telah mewujudkan angan-angan ini! Berlokasi di Ranca Upas, Cikole, Bandung, kawanjo bisa menginap di kabin imut namun superkeren!

Bobocabin
Dirancang sempurna untuk memberikan pengalaman menginap di kabin tengah hutan yang bersih dan modern

Desain eksterior dan interiornya benar-benar menyerupai kabin penginapan di Norwegia, Swiss, dan Amerika. Mungil namun compact. Ini yang Pigijo suka! Lalu kerennya lagi, ada bagian luar kabin yang di tengah-tengahnya terdapat fire pit dan di belakangnya langsung menghadap ke sebuah danau. Serasa seperti sedang di hutan Amerika betulan! Duh, gemas sekali!

Cabin in the Wood
Ada fire pit di tengah-tengahnya! Kawanjo bisa bikin grilled marshmallow kayak di film-film Amerika

Kalau kawanjo mau ke sini, saran Pigijo sih booking dari jauh-jauh hari dan jangan pilih saat akhir pekan, ya. Sebab, selain harganya lebih mahal, pengunjung penginapan saat weekend tentu bakal lebih banyak. Apalagi akomodasi ini masih baru. Jadi pasti masih bikin penasaran. So, awal dan pertengahan minggu nampaknya jadi waktu paling tepat untuk berkunjung.

2. Keliling Indonesia dengan Campervan

Jogja Campervan
Menikmati pemandangan alam sambil road trip, pasti akan menyenangkan sekali!

Kalau ini sebenarnya merupakan ide lama nan brilian yang entah kenapa baru terwujud sekarang di Indonesia. Padahal kalau mau disusuri dengan campervan, alam Nusantara ini cantiknya luar biasa, lho! Untunglah kini konsep-konsep dan mimpi besar para traveler dalam negeri betulan bisa terwujud dengan adanya pilihan fasilitas campervan yang bisa disewa lengkap dengan segala isinya.

Pilihannya banyak. Mau keliling Sumatera, Jawa, Jawa-Bali, bahkan mau lebih jauh lagi pun ada. Asal kawanjo kuat nyetir saja, sih intinya. Hehehe.. So, untuk pilihan yang tersedia, kawanjo bisa pilih di beberapa tempat penyewaan unggulan seperti di Bobovan, Jogja Camper Van, Majesty Motorhome, Jakarta VW Campervan, hingga Sumatera Adventure Campers.

Bobovan
Lagi! Terbaru dari Bobo Adventure. Bobovan nyaman untuk traveling dengan campervan!

Liburan sambil menikmati jalur darat memang lain rasanya. Lebih gimaanaa gitu. Setuju, nggak? Apalagi sekarang aktivitas road trip juga lagi gencar-gencarnya dilakukan demi menjaga jarak sosial akibat pandemi. Jadi cara berlibur pun mau tak mau harus diubah. Namun, melakukan long driving dan long journey memang terhitung berat. Tak semua orang bisa melakukannya.

Oleh sebab itu, pelajari dulu cara mengatur jam istirahat, ya. Kapan harus jalan dan kapan harus berhenti nyetir, kapan harus makan dan kapan harus isi bensin. Semua harus diperhatikan betul-betul. Kalau tak kuat nyetri lama, setidaknya bawa seseorang yang bisa jadi pengganti. Kalau dipaksa nyetir terus-terusan sendiri, bisa berbahaya terlebih untuk yang belum biasa. Safety first!

3. Menginap di dalam Taman Nasional

Plataran Menjangan
Bangun tidur lihat rusa? Cuma di Plataran Menjangan kawanjo bisa begini

Next, kalau kawanjo ingin nginap di penginapan bagus tapi sedang coba menghindari keramaian hotel, maka sudah waktunya alihkan perhatian ke hotel di dalam Taman Nasional. Plataran Menjangan Resort yang ada di dalam Taman Nasional Bali Barat salah satunya. Di sini, kawanjo bisa menikmati waktu sambil lihat flora & fauna yang dilindungi, lho.

Karena ada di dalam taman nasional, maka hewan dan tumbuhannya pun hidup bahagia karena dipelihara oleh negara. Jadi jangan heran kalau bangun tidur, kawanjo bisa lihat kijang dan rusa berjalan-jalan di sekitar kamar, lalu kicauan burung-burung langka terdengar saat sedang jalan pagi, atau menemukan sejumlah bunga liar yang cantik dan rupawan di sekitar hutan.

Jangan kuatir akan layanan yang diberikan karena sebagaimana Plataran Group selalu menyediakan servis dan fasilitas terbaik bagi para tamunya, maka kawanjo pun akan merasa dapat pelayanan bintang 5 di tengah-tengah hutan. Kalau untuk desain bangunan dan interior tentu tak perlu ditanya lagi. Plataran will do anything to please their guests with supernice accommodations. Always.

Menjangan Bali Barat
Meski berada dalam Taman Nasional, Plataran Menjangan punya layanan bintang lima yang tak terlupakan

Bagaimana dengan aktivitas yang ditawarkan? Tentu beraneka ragam! Mulai dari trekking di sekitar Taman Nasional, birding, spa, piknik beralaskan selimut dengan hamparan makanan lezat, sampai makan malam di atas kapal pesiar adalah beberapa kegiatan yang bisa kawanjo lakukan untuk kabur sejenak dari rutinitas harian. Menyenangkan sudah pasti, memuaskan apalagi.

4. Melakukan aksi bersih pantai

Trash Hero
Kapan lagi liburan sambil melakukan aksi baik untuk bumi?

Berikutnya, ada kegiatan yang mungkin tak pernah kawanjo pikir bakal kawanjo lakukan saat sedang liburan. Ya, membantu komunitas setempat untuk ikut sama-sama membersihkan area pantai dari sebaran sampah di berbagai area. Selain kegiatan ini cukup anti mainstream dan begitu mulia, kawanjo juga bisa dapat teman baru yang sama-sama peduli dengan lingkungan.

Bingung mau mulai dari mana? Nah, jika sedang di Bali khususnya di area Canggu, kawanjo bisa mulai datangi komunitas Trash Hero Indonesia. Biasanya, mereka akan ngumpul pada hari Minggu sore pukul 16.30. Temui saja langsung di titik pertemuannya dekat Warung Alus Bali. Cari kumpulan orang berbaju kuning bertuliskan ‘I’m A Trash Hero’ dan datangi untuk langsung ikutan.

Jika agak awkward, kawanjo bisa buka Instagram mereka yaitu @trashhero_canggu, kirim DM, tunggu balasan, dan mulailah bergerak untuk perubahan sekaligus liburan yang tak begitu-begitu saja. Tapi kalau sedang tidak di Canggu dan ingin ikutan Trash Hero di daerah lain di Indonesia, kawanjo bisa buka akun Instagram mereka yang lain yaitu @trashheroindonesia dan tanyalah melalui DM. Mereka welcome banget, kok!

Gimana seru kan rekomendasi aktivitas yang pigijo berikan? Cek info lebih lengkapnya di sini ya.

0 comments on “Perlu Liburan Anti Mainstream? 4 Aktivitas ini Rekomendasinya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: