Wisata surga Sangihe
Local Experiences

Mengenal Lebih Dekat Surga Wisata di Sangihe yang Viral Karena Tambang Emas

Sangihe Sulawesi Utara mendadak jadi sorotan karena persoalan tambang emas yang diyakini akan merusak tatanan alam yang ada di sana. Kawanjo tahu nggak di Sangihe itu punya banyak destinasi wisata menarik?

Setelah Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong Meninggal dunia saat perjalanan pulang dari Bali menuju Manado lewat Makassar, tambang emas Sangihe pun jadi dilaksanakan. Sekedar informasi, Helmud Hontong dikenal sebagai orang yang paling menentang dan menolak tambang emas di wilayah Sangihe, Sulawesi Utara. 

Lantas memangnya ada apa sih di Sangihe Sulawesi Utara ini kawanjo? Lokasi Sangihe ini sebenarnya ada dekat sekali dengan Pulau Mindanao, Filipina sekaligus berada di Samudera Pasifik. Wilayah Kabupaten Sangihe punya tiga klaster, termasuk Tatoreang, Sangihe, dan juga perbatasan perairan internasional dengan provinsi Davao del Sur, Filipina. 

Mungkin nama Sangihe mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Sangihe mungkin mulai dicari tahu sejak mencuat kasus tambang emas, tetapi kawanjo tahu nggak jika di Sangihe itu sebenarnya surganya wisata alam. Pemandangan yang eksotis, air terjun, gunung api bawah laut, sampai pantai yang menawan di hati semuanya ada di Sangihe. 

Air Terjun Nguralawo Sangihe

Wisata Surga Sangihe
Air terjun indah di Sangihe, tapi masih ada lagi loh

Banyak yang bilang jika ini adalah curug atau air terjun tempat mandinya bidadari, mantab nggak tuh kawanjo? Letak air terjun Nguralawo Sangihe ini adanya di kawasan Gunung Sahendarumang, Kecamatan Tamako. Di sini ada dua buah air terjun yang masih berdekatan. Yang pertama itu biasanya jadi tempat mandi, dan bermain air, sedangkan air terjun yang kedua itu punya ketinggian 30 meter hingga airnya pun meluncur sangat deras ke bawah. Saking derasnya, kawanjo akan melihat buliran-buliran air yang membentuk seperti kristal dan berhamburan ke sungai. 

Baca Juga : Jarang Orang Tahu! Ini Dia 4 Rekomendasi Cafe Instagrammable di Bali. Dijamin Gak Akan Nyesel!

Selat Sea Grass Mahumu Island

Wisata surga Sangihe
Selat Sea Grass Mahumu Island

Sangihe Sulawesi Utara memang dikenal surganya wisata. Selain air terjun nguralawo, ada juga  Pulau Mahumu. Buat pecinta pantai dan dan trip hutan bakau, Pulau Mahumu is the right choice for you. Di sini kamu bisa menemukan banyak pohon bakau yang subur. Di perairan selatnya juga banyak karang dan ikan-ikan bagus plus goyangan rumput laut. 

Jika ingin mencari ketenangan saat ngetrip, Pulau Mahumu cocok nih. Soalnya, Pulau Mahumu ini adalah pulau kecil dengan laut yang cukup tenang. Konon katanya di Pulau ini itu jadi habitat dugong dan kerap terjadi fenomena perkawinan dugong masal karena melimpahnya sumber makanan. 

Pulau Nenung

Wisata surga sangihe
Pulau Nenung juga jadi trip surga di Sangihe

Cocok buat kamu yang mau ngetrip mencari ketenangan. Coba kunjungi Pulau Nenung, di sini kawanjo bisa bersantai dan menyepi. Biasanya para nelayan suka mampir ke pulau ini untuk beristirahat. Kamu juga bisa menyelam di sini sampai kedalaman 20 meter untuk menikmati panorama bawah laut di titik Montipora Garden. Tapi kamu wajib tahu jika cuaca menuju pulau ini memang sangat tidak bersahabat, dan ini juga alasan kenapa pulau ini tidak berpenghuni. Tapi urusan spot diving, Pulau Nenung Sangihe juara!

Gunung Api Bawah Laut

Wisata surga di Sangihe
aksi diving di Gunung api Banua Wuhu Mahengetang

Bicara soal gunung api, di Sangihe itu ada dua setidaknya gunung api bawah laut. Pertama adalah gunung api Banua Wuhu Mahengetang, kedua adalah gunung api Kawio. Gunung api bawah laut Banua Wuhu Mahengetang ini punya ketinggian 400 meter dari dasar laut. Puncaknya ada di kedalaman lima meter di bawah permukaan air. Ada taman laut dengan panorama yang sangat menakjubkan. Kalau mau snorkeling or diving coba sekitar bulan Maret-Mei atau Agustus dan Oktober.

Wisata surga Sangihe
Gunung Kawio juga ada di bawah laut

Untuk gunung api kedua yaitu Kawio lokasinya ada di Tinakareng dan Pulau Nipa. punya ketinggian sekitar 3.200 meter dan puncaknya ada di kedalaman 1.900 meter. Kawanjo bisa menikmati pesona gunung api bawah laut sambil melihat keindahan alami terumbu karang dan ikan warna-warni. 

Kalau masih ada lagi destinasi wisata surga di Sangihe boleh isi di kolom komentar atau mungkin bisa kasih masukan biar kita buat lagi artikelnya nih kawanjo. Untuk kamu yang sudah nggak sabar mau ngetrip, bisa cek paket wisatanya di sini. 

Baca Juga : Perlu Liburan Anti Mainstream? 4 Aktivitas ini Rekomendasinya!

0 comments on “Mengenal Lebih Dekat Surga Wisata di Sangihe yang Viral Karena Tambang Emas

Leave a Reply

%d bloggers like this: