kesehatan mental, pandemi, covid-19, covid, depresi, mental, stres, kawanjo, kesehatan, protokol kesehatan,
Health Lifestyle

Kesehatan Mentalmu Terganggu? Buruan Cegah dengan Hal Ini

Kita semua menuju dua tahun pandemi covid-19 yang tak kunjung usai. Keadaan serba terbatas bisa- bisa membuat mental kita terganggu. Sebahaya apa? Simak yuk!

Habit yang mau tak mau diubah dan menetap hampir dua tahun lamanya jelas memiliki pengaruh pada pikiran, juga perasaan kita sebagai manusia. Tak hanya itu saja, pandemi covid-19 punya dampak yang besar terhadap kehidupan. Ada yang kehilangan mata pencahariannya, atau mungkin bisnis yang bertahun-tahun dibangun malah hancur berantakan.

Ini jelas hal tersebut suatu yang sepele. Tak hanya memunculkan stres, tetapi juga memungkinkan menimbulkan depresi. Bisa dibayangkan, jika situasi tadi diperkeruh dengan menjadi pasien covid-19 yang kerap disuguhkan besarnya data korban meninggal?

Masalah kesehatan mental bagi yang terkena dampak memang tidak dapat dihindari. Namun, stres dan rasa cemas berlebihan bisa dikelola dan ditangani, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari. Makaitu sedikit kami rangkum beberapa tips menjaga kesehatan mental saat pandemi:

1. Batasi Penggunaan Media Sosial

kesehatan mental, pandemi, covid-19, covid, depresi, mental, stres, kawanjo, kesehatan, protokol kesehatan,
Segala yang berlebihan jadi tak baik Kawanjo.


Tak ada salahnya mengikuti perkembangan berita yang sedang terjadi. Namun apakah hal tersebut tak mengganggu psikis kalian? Jika berdampak pada psikis masing-masing orang, sebaiknya batasi penggunaan media sosial. Tak baik juga jika terus-menerus terpapar berita yang ternyata berdampak negatif bagi kesehatan mental. Lebih baik, batasi penggunaan teknologi ya Kawanjo. Ambil pilihan untuk mencari aktivitas lain yang membuat diri sendiri merasa senang dan nyaman.

2. Sibukkan Diri dengan Aktivitas Positif

kesehatan mental, pandemi, covid-19, covid, depresi, mental, stres, kawanjo, kesehatan, protokol kesehatan,
Bikin band keluarga seru juga.


Menyambung dari tips yang pertama, menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas merupakan pilihan bijak agar kesehatan mental kita tetap terjaga. Mungkin kalian bisa mulai dengan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang kalian sukai seperti memasak, bermusik, olahraga, atau bercocok tanam. Yang penting, apa yang kalian lakukan itu merupakan hal yang kalian sukai. Dengan melakukan kegiatan yang disukai akan menghindari kamu dari pikiran negatif.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

3. Tetap Bangun Interaksi Sosial

kesehatan mental, pandemi, covid-19, covid, depresi, mental, stres, kawanjo, kesehatan, protokol kesehatan,
Karena keluarga adalah obat mujarab selama pandemi Kawanjo.


Terkurung di rumah pastinya menghasilkan stres yang cukup berdampak. Apalagi bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Rasa kesepian berpotensi menimbulkan pikiran negatif yang berdampak pada kesehatan mental. Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya adalah bersama-sama ambil sisi positif dari masa karantina ini, yakni kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan keluarga atau orang terkasih. Kalian bisa diskusikan dengan mereka soal apapun. Apapun ya, mulai dari olahraga, peluang bisnis, bahkan aktivitas menyenangkan apa saja untuk dilakukan bersama.

4. Tetap Jaga Kesehatan Tubuh dengan Baik

kesehatan mental, pandemi, covid-19, covid, depresi, mental, stres, kawanjo, kesehatan, protokol kesehatan,
Jangan tunggu sampai sakit, baru minum vitamin ya Kawanjo.


Pernah dengar istilah stres itu sumber segala penyakit? Tak salah Kawanjo, kesehatan fisik dan mental memang sangat erat kaitannya. Jika kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan mengikuti, pun sebaliknya. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan. Jika belum bisa keluar rumah, sudah banyak aplikasi yang menawarkan jasa antar atau beli obat. Jangan malas minum vitamin ya.

Demikian tips menjaga kesehatan mental di tengah pandemi yang kembali marak di Indonesia. Yuk kita bersatu melawan virus covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Hindari kerumunan dan selalu patuhi protokol kesehatan di manapun kalian berada.

Pokoknya tertib dulu Kawanjo. Jika keadaan sudah membaik, tak salah jika kalian mengapresiasi diri dengan mengajaknya liburan seru ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Banyak banget tempat kece di Indonesia. Kalau bingung, kalian bisa cek di sini untuk pilihan berbagai paket wisata menarik. Dijamin nggak akan menyesal deh.

Baca juga: Trip Desa Wisata Bisa Jadi Tren Liburan Pascapandemi

0 comments on “Kesehatan Mentalmu Terganggu? Buruan Cegah dengan Hal Ini

Leave a Reply

%d bloggers like this: