Pulau Spongebob
Local Experiences

Trip ke Pulau Manimbora di Berau, Pulau Spongebob di Dunia Nyata

Pulau Spongebob ada di dunia nyata lho, lokasinya di Kalimantan Timur.

Siapa yang tak terpingkal-pingkal dengan ulah tokoh kartun Spongebob dan kawan-kawannya. Tayangan tersebut menjadi populer bukan cuma di kalangan anak-anak namun pula di orang dewasa. Bagi Kawanjo yang suka nonton Spongebob pasti pernah melihat sebuah pulau kecil dengan beberapa pohon kelapa serta pasir putih.

Pulau misterius itu biasanya muncul di awal tayangan Spongebob. Pulau itu berguna sebagai penanda awal adegan. Ada fakta menarik mengenai pulau kecil di serial Spongebob itu. Pulau tersebut ternyata ada di dunia nyatanya. Yang lebih mengejutkan lagi pulau itu ada di negara kita, Indonesia.

BACA JUGA: Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela

Pulau tersebut adalah Pulau Manimbora. Pulau mirip dengan pulau di Spongebob terletak di di Berau Provinsi Kalimantan Timur. Julukan tersebut didapat Pulau Manimbora saat dikunjungi oleh seorang turis asal Jerman. Dia melihat Pulau Manimbora mirip dengan pulau di serial Spongebob.

Keindahan Pulau Manimbora

Bagi Kawanjo yang tertantang mengujungi Pulau Manimbora atau Pulau Spongebob, maka upaya ekstra harus keluar. Memulai perjalanan di pulau ini dimulai dari kota Balikpapan. Usai tiba di kota Balikpapan Kawanjo harus naik pesawat lagi menuju Kabupaten Berau.

Sesampainya di Berau, perjalanan masih panjang. Kawanjo harus langsung menuju Pelabuhan Tanjung Batu dan menyewa speedboat ke Pulau Derawan. Tiba di Derawan perjalanan belum usai, Kawanjo wajib menyewa kapal lagi untuk akhirnya sampai di Pulau Manimbora.

Perjalanan sangat jauh tersebut akan terbayar saat Kawanjo sampai di Pulau Manimbora. Tiba di pulau Spongebob ini Kawanjo akan disambut hamparan pasir putih serta sejumlah pohon kelapa yang menjulang tinggi. Oh iya, Pulau Manimbora ini sama sekali tidak berpenguhi.

Pulau Spongebob di Berau

Keindahan Manimbora tidak cuma soal putihnya pasir dan pohon-pohon menjulang tinggi. Air laut di sini sungguh menakjubkan, gradasi warna air laut hijau kebiruan dijamin membuat Kawanjo berdecak kagum.

Pulau Manimbora sendiri sangat kecil luasnya tak lebih dari dua lapangan voli. Untuk mengitari seluruh pulau Spongebob Kawanjo hanya akan memakan waktu kurang lebih 10 menit. Meski kecil, luas pulau ini akan bertambah jika air laut surut. Di sana Kawanjo akan melihat hamparan pasir putih memanjang.

BACA JUGA: Biar Tetap Sehat Saat Traveling Simak 4 Tips Ini

Saat surut, laguna di Pulau Manimbora akan terlihat jelas. Hamparan pasir putih di pulau itu biasanya dijadikan spot foto paling kece di Pulau Manimbora. Saking indahnya Pulau Manimbora, pulau ini mendapat predikat surga kecil di pinggir Derawan. Para pelancong kini bahkan memasukkan Pulau Spongebob ke daftar wisata saat berkunjung ke Derawan.

Meski demikian tidak setiap saat Pulau Manimbora disarankan untuk dikunjungi. Kebanyakan wisatawan direkomendasikan pergi ke pulau ini saat pagi atau sore. Sebab,waktu itu adalah waktu terbaik menikmati berbagai aktivitas di Pulau Manimbora. Selain itu pagi dan sore sinar mentari pulau Manimbora tak terlalu menyengat tubuh.

Wisata Horor

Pulau Manimbora sarat dengan mistis

Bicara soal Pulau Manimbora tidak cuma mengenai keindahan pasir pantai atau air laut. Bagi Kawanjo yang bernyali bisa menelusuri wisata horor di Pulau Spongebob. Wisata horor? iya benar, Kawanjo enggak salah baca dan kami tidak salah ketik tulisan atau penejelasan.

Di kalangan masyarakat lokal, sebelum jadi magnet wisata Pulau Manimbora terkenal angker. Di Pulau Manimbora terdapat tumpukan tulang manusia. Sampai saat ini tidak ada yang tahu itu kerangka siapa dan bagaimana tulang belulang itu bisa sampai di pulau itu.

Kengerian Pulau Manimbora tidak sampai situ saja, di satu sisi pulau terdapat seperti nisan kayu tua, letaknya tak jauh dari tumpukan kerangka manusia. Kengerian di pulau ini tidak sampai situ saja, ada pula bangunan kecil seperti pusara yang dikeliling pagar kayu. Nah, sudah bikin Kawanjo merinding belum? kini setelah berbagai penjelasan itu apakah Kawanjo punya nyali plesir ke Pulau Spongebob?

Kalau Kawanjo sudah punya nyali, ditunggu wisatanya ke Pulau Spongebob, tapi ingat selalu patuh protokol kesehatan, ya. Kalau sudah melihat penjelasan soal Pulau Manimbora, yuk lihat paket wisata menarik kami di sini.

Baca Juga : Kasus COVID-19 Melonjak, Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

0 comments on “Trip ke Pulau Manimbora di Berau, Pulau Spongebob di Dunia Nyata

Leave a Reply

%d bloggers like this: