PigiNews

Sandiaga Uno Bantu Percepatan Vaksinasi Nasional dengan Wisata Vaksin di Bali

Wisata Vaksin di Bali kini sudah masuk tahap finalisasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mencanangkan Bali akan jadi provinsi pilot project wisata vaksin. Menurut Sandiaga akan banyak manfaat yang bisa didapat Bali sukses menjadi tempat wisata vaksin di Indonesia.

Pertama, pariwisata di Bali yang babak belur dihantam COVID-19 akan perlahan pulih saat wisata vaksin ini mulai berjalan. Yang kedua wisata vaksin dapat pula membantu tingkat vaksinasi COVID-19 di Bali dan nasional. Pemerintah saat ini mencanangkan vaksin sebagai salah satu solusi untuk keluar dari pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung setahun lebih.

BACA JUGA: Pulau Bali Akan Jadi Contoh Wisata Vaksin di Indonesia?

“Berdasarkan diskusi dengan berbagai pihak dan juga dengan pembicaraan bersama Pak Presiden dan Gubernur Bali saat rapat internal lalu, konsep wisata berbasis vaksin di Bali ini kita gagas untuk bantu percepatan vaksinasi nasional,” kata Sandiaga dalam press briefing virtual awal pekan ini.

Sandiaga menambahkan, dari data yang diterima sudah 70 persen warga Bali menerima vaksin dosis satu. Meski dosis satu tinggi, untuk penyuntikan dosis dua masih rendah yaitu 25 persen. Sandiaga pun yakin dengan adanya wisata vaksin maka tingkat vaksinasi warga Bali akan meningkat yang bakal berkontribusi pada tingkat vaksinasi nasional.

Sandiaga Uno di Bali

“Jadi, ini adalah bagian dari peningkatan herd immunity. Kita terus mendorong vaksinasi secara luas,” terang Sandiaga.

Wisata vaksin di Bali sendiri rencananya akan dibuat dalam suatu paket prioritas. Namun, paket itu prioritas tersebut hanya berlaku untuk pelancong lokal. Sedangkan untuk turis mancanegara akan lebih condong pada vaksin mandiri. Perbedaan tersebut dilakukan agar jatah vaksin nasional tidak diambil oleh wisatwan mancanegara.

Sandiaga Uno

Nantinya, Kawanjo yang ikut dalam program wisata vaksin akan disediakan tiga jenis vaksin COVID-19 dari Sinovac, Pfizer, dan Novavax. Namun, sampai saat ini belum ditentukan apakah Kawanjo bisa memiih vaksin mana yang bisa dipilih.

Sementara itu, terkait kapan wisata vaksin dapat dimulai, Sandiaga mengatakan kini program tersebut masuk tahap finalisasi. Dia berharap wisata vaksin dapat diluncurkan dalam waktu dekat.

0 comments on “Sandiaga Uno Bantu Percepatan Vaksinasi Nasional dengan Wisata Vaksin di Bali

Leave a Reply

%d bloggers like this: