Pulau Menjangan
Local Experiences

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Coba Ngetrip ke Pulau Menjangan

Buat kamu yang hobi ke pantai dan cinta lautan, jangan sampai ketinggalan nih cobain ngetrip ke Pulau Menjangan yang ada di Bali Barat

Tinggal di Indonesia tidak perlu khawatir kehabisan kesenangan kawanjo. Apalagi jika itu menyangkut tempat liburan atau ngetrip seru. Tinggal pilih saja mau ngetrip yang deket atau jauh. Bicara soal trip, siapa sih yang gak pernah pergi ke Bali, pasti semua sudah pernah. Hanya saja, pasti destinasi wisata yang dipilih jika ngetrip ke Bali pasti ke Kuta, makan seafood di Jimbaran, dan belanja oleh-oleh di pasar seni Sukawati Gianyar.

Yang menjadi pertanyaan, apakah destinasi Bali hanya ada itu aja? Tentu Bali punya banyak hidden gems. Tetapi ada juga destinasi wisata yang tidak kalah menarik seperti objek wisata di Pulau Menjangan Bali Barat. Nah, kali ini kawanjo tahu nggak atau pernah mendengar nama Pulau Menjangan? Nama Pulau Menjangan memang masih terdengar asing. 

Letak pulau Menjangan ini adanya di sebelah Utara Taman Nasional Bali Barat, atau di Desa Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Oh iya, lokasinya juga gak jauh dari Pantai Lovina, yaitu sekitar 60 KM. Kalau kamu datang dari Banyuwangi, kamu hanya perlu waktu 1 jam perjalanan laut menuju lokasi Pulau Menjangan. Di sini banyak aktivitas seru kawanjo. 

Destinasi disini ternyata memiliki panorama bawah laut yang luar biasa? Bahkan banyak wisatawan yang menyebut Pulau ini sebagai kepingan surga di Tanah Bali. sedikit cerita tentang nama menjangan yang artinya dalam bahasa Jawa berarti rusa. Pemberian nama ini tidak sembarangan, karena di musim-musim tertentu kawanjo akan menemukan banyak rusa yang berenang ke pulau ini. Banyak rusa liar juga deh di Pulau Menjangan.Penasaran kan, bisa ngapain aja kalau ngetrip ke Pulau Menjangan Bali?

1. Bisa Cobain Serunya Wall Diving di Menjangan

Ngetrip ke Pulau Menjangan
Diving dan snorkeling di sini jelas menawan dan menantang.

Namanya juga Pulau yang punya laut indah, aktivitasnya yang seru pasti menikmati keindahan kehidupan bawah laut dong, hehehe. Nah, jika kamu ngetrip ke Pulau Menjangan, cobain nih wall diving. Wall diving ini merupakan kegiatan menyelam yang berpatokan pada lajur tebing bawah laut. Kedalaman tebing bawah laut Pulau Menjangan ini mencapai 20-60 meter. Selain menyelam di sini juga bisa snorkeling kok. Kamu bisa melihat keindahan terumbu karang, dan yang pastinya di sini bisa bertemu dengan ikan jenis Gorgonial Fanfish. Tidak hanya itu saja, dasar laut Pulau Menjangan juga jadi tempat habitat penyu, hiu, tuna, jackfish, angelfish, belut moray dan lainnya. 

Baca Juga : Trip ke Pulau Manimbora di Berau, Pulau Spongebob di Dunia Nyata

Lokasi snorkeling di Menjangan island tidak hanya ada di satu tempat saja. Ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk aktivitas snorkeling Menjangan. Kamu juga bisa mencoba mangrove spot di sekitar dermaga menjangan. Tajung coral garden di sisi Timur pulau Menjangan, dan Sandy Slope di sisi utara. Pokoknya dijamin seru da menyenangkan, dengan kata lain banyak aktivitas yang mungkin baru kamu temukan di sini. Di sini intinya ada 

2. Kayaking di Pulau Menjangan

Ngetrip ke Pulau Menjangan
Naik kayak menelusuri mangrove di sini juga seru buat dicoba

Rileks kawanjo, di sini juga ada kok aktivitas seru selaing diving dan snorkeling. Kamu bisa cobain serunya kayaking di perairan Teluk Bajul dengan melintasi area hutan bakau, kemudian mengunjungi area pemandian air panas Banyuwedang. Aktivitas kayaking bisa kawanjo lakukan sendiri atau anda dapat menyewa pemandu. Selain itu, tersedia kayak single dan kayak double serta jaket pelampung.

3. Berkuda di Pulau Menjangan

Ngetrip ke Pulau Menjangan
Berkuda jadi aktivitas seru selain diving di pulau Menjangan

Asyik dan seru pastinya menunggang kuda di Pulau Menjangan kawanjo. Memang untuk menunggangi kuda, kamu harus memesannya di salah satu resort yang ada di pulau ini. Ditemani dengan pemandu, kawanjo pastinya akan berkuda di sekitar area hutan The Menjangan. Dijamin seru deh kawanjo 

4. Menyaksikan Rusa Menjangan

Ngetrip Pulau Menjangan
Rusa liar yang suka ada di Pulau Menjangan

Rusa yang ada di Pulau Menjangan masih liar kawanjo. Biarpun liar, tetapi rusa di area pulau menjangan sudah terbiasa bertemu manusia. Jadi mereka gak akan lari kok saat ketemu kamu. Usahakan tidak memberikan makan ya saat kamu ngetrip ke Pulau Menjangan dan bertemu dengan rusa liar ini. 

Gimana, kuy deh liburan biar gak banyak beban pikiran. Kepoin open trip menarik dan paket wisata yang bikin gembira kantong di sini. 

Baca Juga : Wow, Inilah 5 Daftar Pantai di Indonesia yang Paling Dianggap Cantik

0 comments on “4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Coba Ngetrip ke Pulau Menjangan

Leave a Reply

%d bloggers like this: