Desa adat Flores
Local Experiences

Ngetrip ke Flores, Wajib Mampir ke 5 Desa Adat Cantik Ini

Indonesia Timur selalu punya cerita. Flores dikenal kaya akan tradisi dan juga desa adatnya yang memukau.

Hai kawanjo! Pasti pernah nih ke Flores kan? Berkesan pastinya apalagi saat live on board Labuan Bajo atau bertemu dengan hewan purba khas Indonesia yaitu Komodo. Tetapi kamu tahu nggak jika di Flores itu juga kaya akan desa adat yang eksotis dan memukau? Nah, wajib nih masukin ke dalam itinerary ngetrip berikutnya kalau ke Flores.

Desa adat di Flores mungkin sebagian orang pasti ingatnya saat ngetrip yaitu Waerebo. Maklum saja, desa adat Wae Rebo di Flores ini memang kerap dikunjungi para artis, selebgram, dan juga beberapa traveler ternama. Tetapi faktanya, ternyata di Flores itu banyak kok desa adat yang gak kalah indah dan eksotis seperti Wae Rebo. Makanya jangan sampai ketinggalan ngetrip ke sini kawanjo. 

1. Ngetrip ke Desa Adat Gurusina

Ngetrip ke Flores
Trip ke Flores main ke desa adat dijamin terpukau

Berada di Kecamatan Jerebuu, tepatnya 16 kilometer dari Aimer dan 21 kilometer dari Bajawa. Desa adat Gurusina dicap sebagai desa adat tertua di Labuan Bajo. Desa adat Gurusina berada di balik Gunung Inerie. Tidak hanya itu saja, desa adat ini juga terkenal masih mempertahankan sejarah megalitikum kawanjo. Bahkan ada sebuah monumen batu besar sebagai bukti peninggalan zaman dahulu kala. Pokoknya seru ngetrip ke sini. 

Baca Juga : Menyingkap Cantiknya 17 Danau di Indonesia, Dijamin Kamu Suka!

2. Ngetrip ke Desa Adat Wae Rebo

Ngetrip ke Flores
Ngetrip sambil belajar budaya, cuma di Indonesia kamu bisa begini. Cobain serunya trip ke desa Wae Rebo

Biarpun sudah sering disebutkan, tidak ada salahnya jika ngetrip ke desa Adat Wae Rebo juga masuk lagi kawanjo. Mungkin ada yang belum coba kemari jadi bisa masuk list ngetrip berikutnya. Lokasi desa adat Waerebo ini berada di Ruteng, Kabupaten Manggarai. Butuh perjuangan memang untuk kemari, soalnya berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. 

Karena hal itu desa adat Wae Rebo diberikan predikat sebagai Desa di Atas Awan. ngetrip ke desa Adat Wae Rebo butuh usaha ekstra seperti mendaki selama 3 jam. Tetapi begitu sampai diatasnya, kawanjo bisa melihat keindahan Milky Way di langit Wae Rebo. 

3. Ngetrip ke Desa Adat Bena

Ngetrip ke Flores
Banyaknya desa wisata di Flores menjadikannya sebagai kota dengan destinasi yang indah dan bagus untuk belajar budaya

Jika ingin ngetrip ke Flores jangan lupa berkunjung ke desa Adat Bena. Desa adat Bena juga tidak kalah populer kok dengan Wae Rebo. Desa Adat Bena adalah rumah bagi sembilan suku yang masih mempertahankan nilai adat tradisional. Mereka punya aktivitas yang tidak lepas dari tradisi dan budaya adat. Dari desa adat ini, Anda dapat menikmati pemandangan bukit Wolo Ra, Gunung Inerie, dan pantai selatan Flores.

4. Ngetrip ke Desa Adat Wologai

Ngetrip ke Flores
Desa wisata juga bagus untuk dijadikan daftar ngetrip berikutnya

Berada di Kecamatan Detusoko, Ende , Flores, Nusa Tenggara Timur. Keberadaannya memang tidak begitu banyak diketahui, meskipun posisi sama dengan desa adat Bena dan Wae Rebo. Tapi kawanjo, ngetrip ke desa adat Wologai juga keren banget. Di sini ada tradisi yang gak kalah menarik. Usia desa adat Wologai ini itu lebih dari 800 tahun. Lokasinya juga berada di tengah lembah dan dikelilingi bukit hijau. Pokoknya asri deh!

5. Ngetrip ke Desa Adat Wolojita

Ngetrip ke Flores
Desa Wolojita menjadikan tetua adat mumi sebagai tradisi penghormatan

Bukan Ende jika gak kaya akan sejarah dan kampung adat. Setelah desa adat Wologai, ada juga desa Adat Wolojita yang juga menarik. Di sini itu ada tradisi unik yaitu menjadikan tetua adatnya (yang sudah meninggal dunia) menjadi mumi. Ada juga pemakaman yang disimpan di atas pohon sebagai bentuk penghormatan. Gimana kawanjo, seru kan ngetrip ke Flores. Kuy cek paket wisata menariknya di sini nih.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Desa Wisata Paling Cantik di Indonesia Timur

0 comments on “Ngetrip ke Flores, Wajib Mampir ke 5 Desa Adat Cantik Ini

Leave a Reply

%d bloggers like this: