Dana hibah Sandiaga Uno
Uncategorized

Rp 2,4 Triliun Akan Dikucurkan Sandiaga Uno Bagi Para Pelaku Parekraf

Menparekraf akan mengucurkan dana sebesar Rp 2,4 Triliun bagi para pelaku di sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif

PPKM Darurat akhirnya diperpanjang sampai akhir Juli 2020. Keputusan ini diambil oleh pemerintah lantara angka kasus COVID-19 yang belum melandai, bahkan meningkat. Sejumlah masyarakat khususnya yang bergerak di dunia pariwisata pun teriak. Di Bantul saja, pemasukan sudah turun 99 persen sejak awal PPKM Darurat diberlakukan, apalagi jika diperpanjang seperti sekarang. 

Berangkat dari permasalahan COVID-19 yang tidak kunjung reda, sementara ekonomi Indonesia harus berjalan, terutama wilayah-wilayah yang memang murni mata pencahariannya dari dunia pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengucurkan dana hibah sebesar Rp 2,4 triliun.

Baca Juga : Desa Wisata dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pariwisata Indonesia

Dana ini dikucurkan sebagai bentuk bantuan bagi para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang benar-benar terdampak pandemi COVID-19. Sandiaga Uno menjelaskan jika dana itu diperoleh berdasarkan hasil diskusi dengan Kementerian Keuangan. Harapannya Sandiaga Uno pun, dana hibah ini bisa segera tereksekusi dan tersalurkan. 

Selain itu terkait verifikasi dan validasi data, Sandiaga Uno juga mengaku jika pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Seperti diketahui, saat ini pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berjumlah sekitar 34 juta orang banyaknya. Pandemi COVID-19 memang sangat memukul sejumlah sektor usaha, salah satunya adalah dunia pariwisata.

Di Bali bahkan, provinsi yang hampir setengah dari warganya bergantung pada sektor pariwisata, hotel-hotel diprediksi sulit bertahan karena telah digempur pandemi selama sekitar satu setengah tahun. Keadaan Indonesia sekarang memang sedang berada di posisi sulit.

Di satu sisi pemerintah memikirkan dampak ekonomi dari keputusan PPKM Darurat yang diambil. Sementara dari sisi ahli virologi justru mengimbau agar kebijakan PPKM Darurat benar-benar dijalankan dengan pengawasan ketat dan baik demi mengurangi jumlah kasih COVID-19.

Baca Juga : Sandiaga Uno Minta Milenial Bantu Pengembangan Desa Wisata

0 comments on “Rp 2,4 Triliun Akan Dikucurkan Sandiaga Uno Bagi Para Pelaku Parekraf

Leave a Reply

%d bloggers like this: