Lifestyle Technology

Bosan PPKM? Keliling Dunia Dengan 12 Tur Virtual Ini, Yuk!

Jalan-jalan selagi pandemi tapi tetap di rumah? Tentu bisa! Kan, teknologi sudah canggih.

Sudah mulai jenuh di rumah? Kangen jalan-jalan tapi kondisi masih belum memungkinkan? Hmmmmmm, traveling sambil diam di tempat tidur bareng Pigijo saja, kuy! Tinggal buka Youtube, pakai VR kalau ada, dan nikmati sensasi jalan-jalan keliling dunia secara virtual mulai dari Eropa sampai Indonesia. Meski bukan jalan-jalan betulan, tapi ini cukup kok untuk mengobati kerinduan.

Lihat orang lalu-lalang di selasar pertokoan, lihat pemandangan indah, sampai menyaksikan bangunan bersejarah yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya, bisa dilakukan hanya dari sofa kesayangan kawanjo di rumah. Tanpa paspor apalagi tiket pesawat, semua bisa dilakukan untuk mengobati kerinduan akan kegiatan pelesiran. Sudah siap? Let’s take a seat and enjoy!

  1. London

Kalau mau tahu aktivitas terkini masyarakat London, maka kawanjo harus jalan-jalan bareng virtual tour terbaru ini. Setelah pandemi hampir satu setengah tahun terjadi, masyarakat Inggris yang yang hampir seluruhnya sudah divaksin kini mulai bisa keluar tanpa masker. Namun, jika masuk ke dalam ruang tertutup seperti toko atau museum, mereka diwajibkan pakai masker.

Kedisiplinan ini lah yang membuat mereka sudah mulai merasa sedikit lega untuk beraktivitas. Jika ada yang terpapar Covid-19, sudah jarang dilarikan ke rumah sakit melainkan isoman di rumah. Mereka yang dirawat hanya yang punya gejala sangat berat. Jadi meski kasusnya masih sangat tinggi, namun mereka sudah coba hidup bersama virus ini karena mereka pun sudah divaksin.

Oleh karenanya, ekonomi sedikit demi sedikit mulai bergerak dan mereka sudah banyak yang keluar rumah seperti tahun-tahun sebelumnya. Jika berada di luar ruangan, mereka boleh pakai masker boleh tidak. Tapi kalau masuk gedung, penjaga akan langsung menyegat di depan pintu untuk mewajibkan tiap pengunjung pakai masker dan mereka pun menurutinya.

Nikmatilah perjalanan di kota London saat musim panas dan kala hujan di sore menjelang malam hari. Suasananya lebih syahdu saat air turun sedikit demi sedikit membasahi bumi. Sepi, temaram, dan lebih terasa romantis. Bukan London namanya kalau tak hujan. Maka kini saatnya menikmati kota ini saat cuaca sedang berubah.

Mau yang 360°? Ada. Jangan lupa pakai VR kawanjo sambil aktifkan earphone dan naikkan ke kualitas video tertinggi, ya. Kalau ada pilihan, 8K, maka pilih yang itu untuk experience jalan-jalan yang lebih nyata.

2. Paris

Punya mimpi jalan-jalan sore di Paris lalu lihat Menara Eiffel sambil ngopi sembari makan pastries di kafe khas Prancis yang manis dan sophisticated? Nah, kawanjo berkhayal saja dulu sambil lihat video berikut ini. Yup, berkhayal sekarang, diwujudkan kemudian. Sabar. Kalau kawanjo taat peraturan, tentu pandemi ini akan segera berakhir dan kita semua bisa pelesiran lagi.

Mau masuk Louvre? Bisa! Klik virtual tour di bawah ini, ya. Pasang mata yang jeli! Siapa tahu kawanjo menemukan lukisan Monalisa. Tanpa harus benar-benar berada di sana, kawanjo sudah bisa tahu isi dari keseluruhan museum ini apa saja dan seperti apa. Keren sekali, ya! Gratis pula.

Anggap saja ini sebuah pre-tour yang kawanjo lakukan sebelum ke Paris betulan. Jadi saat ke sana, kawanjo sedikit banyak sudah tahu ada apa saja! Seru, kan. Hihihi! Lalu kalau ditanya sudah pernah ke Louvre apa belum, jawab saja “sudah waktu pandemi!”. Kok bisa? “Bisa, dong. Kan, virtually“. Ehehehehe

3. Amsterdam

Berjalan di gang-gang kota yang sempit namun menarik rasanya merupakan salah satu kegiatan seru yang tak boleh dilewatkan saat sedang jalan-jalan ke luar negeri. Seperti di Amsterdam misalnya. Banyak jalan kecil nan indah yang harus kawanjo telusuri. Berisikan toko, kafe, hingga tempat-tempat tersembunyi yang tak pernah kawanjo bayangkan sebelumnya, tentu asyik untuk diketahui.

Take your time to watch this virtual tour! Karena tak hanya pusat kota Belanda penuh sepeda yang akan kawanjo lihat, melainkan spot-spot hidden gem yang mungkin belum pernah kawanjo ketahui sebelumnya. Menarik dan meyenangkan sekali berkeliling dengan cara begini. Meski tak 100% nyata, tapi vibe yang ada sedikit banyak akan membangun mood kawanjo jadi lebih positif.

Yuk, ikut sepedahan di Amsterdam!

4. Bromo

Tak cuma keluar negeri, keliling Indonesia juga gak kalah seru! Oleh karenanya, Kemenparekraf pun kini mulai bikin tur virtual untuk kawanjo yang kangen jalan-jalan dari Sabang sampai Merauke. Nah, kali ini ada tur 360° di area Gunung Bromo untuk kawanjo yang rindu melihat cantiknya deret pegunungan dan padang pasir di daerah Jawa Timur.

Sebagai alternatif, ada lagi video 360° tentang Bromo yang layak kawanjo lihat. Bikin merinding dan pengen cepat-cepat bisa jalan-jalan lagi! Coba nonton pakai VR, ya! Pasti rasanya lain dan betul-betul bikin Kawanjo seperti sedang berada di sana dan terbang melayang di atasnya.

5. Jepang

Siapa yang gak kepingin ke Jepang. Negara dengan banyak kota cantik dan menarik untuk didatangi ini memang punya segudang point of interest yang layak untuk dilihat. Mulai dari area pedesaan sampai pusat kota, semua punya daya tariknya masing-masing yang bikin ketagihan sehingga siapa pun yang pernah ke Jepang selalu ingin kembali dan kembali lagi.

Desa Shirakawa-go di atas salah satunya. Masih terjaga keaslian lingkungan dan tradisinya, kawanjo pasti akan senang jalan-jalan di sini sambil melihat bangunan rumah khas yang bak membawa kawanjo tenggelam dalam negeri dongeng. Selain itu, alamnya pun masih asri sehingga sejauh apa pun mata memandang, panorama yang terpampang selalu memuaskan.

Saat beralih ke kota, tepatnya di pusat keramaian Harajuku, kawanjo akan temukan keseruan yang lain dari apa yang kawanjo lihat di desa. Begitu berwarna dengan ragam gimmick yang hanya ada di Jepang sehingga menjadikannya ‘Jepang banget!’, kawanjo akan terkesima dengan betapa uniknya area ini. Seru dan dipenuhi oleh anak-anak muda!

Coba nikmati pemandangan kedai-kedai makanan yang ada, pertokoan yang menjual varian suvenir, mainan, produk kecantikan, pakaian-pakaian unik, sampai street style para pejalan kaki yang lalu-lalang di sekitar. Benar-benar bikin mata jadi segar karena hal seperti ini takkan kawanjo temukan di tempat lain selain di negeri matahari terbit ini!

Terakhir, tentu area ini tak boleh kawanjo lewatkan! Untuk yang sudah dewasa, ada area khusus yang bisa kawanjo kunjungi untuk dapat hiburan ala Red District. Di sini kawanjo bisa lihat-lihat klab malam di daerah Kabukicho yang tentu bikin hati jadi penasaran. Meski tur ini dilakukan secara virtual, namun vibe-nya cukup terasa, kan? Hehehehe..

Baca juga: Mau Jadi Sultan? Cobain 4 Transportasi Paling Mewah di Indonesia Ini

6. Norwegia

Salah satu negara dengan pemandangan alam paling cantik di muka bumi! Tanpa perlu merogoh kocek sampai puluhan juta rupiah, kawanjo sudah bisa menikmati jalan-jalan keliling Norwegia dan menikmati pemandangan yang 11-12 dengan Islandia. Hamparan perbukitan hijau yang dihiasi tampilan geografis yang indah menjadikan negara ini mulai jadi destinasi favorit traveler dunia.

Gimana enggak, di sini kawanjo juga bisa lihat Northern Light yang biasa diburu sejumlah pelancong di Islandia! Bahkan menurut beberapa pendatang, fenomena alam tersebut jauh lebih indah saat dilihat dari Norwegia. So, dalam tur virtual 360° ini, kawanjo bisa lihat langsung keajaiban yang dimaksud dengan kualitas gambar tertinggi hingga 12K. WOW!

7. Italia

Kepingin ke Italia setelah nonton film Under the Tuscan Sun? Bisa, dong! Karena sekarang ada video panjang berdurasi hampir 4 jam yang akan bikin kawanjo seakan sedang jalan-jalan menyusuri kota Tuscany yang mungil dan cantik. Lihat kiri-kanan banyak turis dan juga toko yang menjual ragam suvenir, kawanjo pasti gemas dan jadi ingin mampir!

Lalu beralih ke pusat kota Roma, kalau kawanjo penasaran seperti apa rasanya berkeliling di daerah itu, maka kini saatnya Pigijo tunjukkan sensasinya dengan virtual tour di bawah ini. Seperti sedang liburan musim panas! Beratapkan langit biru yang cerah dan ramainya para pelacong, membuat ‘liburan’ kawanjo jadi makin menyenangkan.

Lalu kalau mau keliling Venice dengan kapal khas nya sambil lihat festival Venice secara 360° dengan menggunakan VR, maka kawanjo bisa lihat video berikut. Tinggal tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan, kawanjo bisa lihat-lihat keadaan sekitar. For real! Seru sekali, lho! Benar-benar seperti sedang main ke sana tanpa perlu berjam-jam naik pesawat. Ihiy!

8. Bali

Kayaknya kita semua setuju kalau Bali memang selalu ngangenin. Apalagi dengan vibe yang seperti dulu sebelum pandemi. Banyak turis, semua toko buka, jalan kaki keliling kota tanpa usah pakai masker, dan lagi bisa pegang apa pun yang kita mau tanpa harus parno dan semprot-semprot hand sanitizer setelahnya. Ah! Kapan lagi bisa begitu, ya?

Yaaa, karena masih belum bisa begitu, kita nikmati saja dulu situasi Ubud di jaman dulu. Rasakan suasananya dan ingat-ingat betapa senangnya kita berada di tengah keramaian khas Pulau Dewata. Jalan panas-panas lalu berhenti di kedai es krim atau di convenient store hanya untuk beli sebotol bir. Ah! Betul-betul Bali sekali!

Apalagi di area pantainya. Rinduuuu betul main air tanpa harus kuatir kena virus. Oleh sebab itu, tur keliling Pantai Kuta ini pun diharapkan bisa bikin kawanjo nostalgia sedikit karena rasanya seperti sedang masuk mesin waktu dan kembali ke masa lalu saat Bali belum sepi seperti sekarang. Well, cepat atau lambat, semoga kita cepat bisa jalan-jalan seperti waktu itu lagi, ya.

9. Raja Ampat

Kalau ini sih meski tak sedang pandemi, gak banyak pasti dari Kawanjo yang sudah menginjakkan kaki di Raja Ampat. Selain biaya yang dibutuhkan memang tak sedikit, seringkali rencana sering terhambat karena lokasinya yang terbilang jauh. Oleh sebab itu, sekarang Pigijo kasih tur virtual saja, ya supaya mimpi untuk bisa ke sini sedikit lebih bisa terlaksana meski tak betulan terjadi.

Menyelami perairan Papua pun tak pernah jadi keputusan yang salah. Lihat saja betapa magis pemandangan bawah lautnya yang dihiasi oleh biota laut warna-warni nan cantik yang mungkin takkan kawanjo temukan di laut lain. Nikmati. Pakai VR kawanjo dan kenakan headset untuk pengalaman menyelam virtual yang lebih baik. Kawanjo pasti merasa betul-betul seperti sedang diving!

10. Yordania

Pernah dengar kota kuno Petra di Yordania? Kalau belum, maka kini saatnya kawanjo lakukan tur virtual 360° untuk betul-betul lihat bangunan historikal ini secara nyata. Di sini, kawanjo akan diajak keliling situs dan melihat betapa breathtaking-nya tempat ini. Sambil ditemani oleh penjelasan yang detail, kawanjo pun seakan sedang diajak berkeliling dengan seorang tour guide.

Lepas dari Petra, saatnya berkeliling kota Amman untuk menikmati keseharian masyarakat Yordania. Ada keramaian khas pusat kota yang mungkin akan membuat kawanjo rindu jalan-jalan ke tempat baru di luar negeri. Melihat apa yang mereka jual, lakukan, dan lain sebagainya sedikit banyak bisa dinikmnati di video ini.

Baca juga: Vaksinasi Pelaku Parekraf Ternyata Baru Mencapai 5 Persen

11. Mesir

Next, setelah lihat kota kuno di Yordania, gak lengkap rasanya kalau gak mampir lihat Piramida di Mesir. Nah, di tur virtual ini, kawanjo akan diajak keliling komplek Piramida Giza sehingga kawanjo merasa seperti benar-benar sedang berjalan mengelilinginya. Asyik banget! Gak usah takut kepanasan karena nontonnya bisasambil rebahan sambil pakai AC di kamar. Hehehe!

Lalu, kawanjo juga bisa masuk ke dalam piramida Giza lewat video di atas. Meski animasi dan bukan video betulan seperti yang lainnya, tapi kalau ditonton dengan VR akan cukup membuat kawanjo seakan sedang berada di dalam piramida betulan! Penjelasan sejarahnya pun amat detail dan jelas. Jadi Pigijo pilih video ini untuk kawanjo yang penasaran ada apa di dalam satu Piramida.

12. Korea Selatan

Terakhir, siapa sih yang gak mau jalan-jalan keliling Korea?! Sebagai K-lovers yang belum kesampaian ke sini, pasti punya mimpi untuk bertandang ke tempat asal Blackpink dan BTS ini satu saat nanti. Nah, mumpung lagi PSBB dan punya banyak waktu di rumah, mending virtual tour dulu saja, yuk! Pigijo sudah pilihkan, nih tour maya terbaik untuk kawanjo.

Jalan-jalan di pusat kota Daegu sambil lihat-lihat toko dan dengar lagu Korea berkumandang di sekeliling pasti sudah cukup bikin kawanjo bak benar-benar seperti sedang berada di sana. Berada di tengah kerumunan, menengok barang jualan di pinggir jalan, dan menyaksikan atraksi jalanan yang khas nampaknya sudah cukup bisa mengobati kerinduan akan pelesiran ke luar negeri.

Tak hanya itu, berikut Pigijo juga akan berikan virtual tour 360° untuk yang senang berkeliling di taman sambil lihat bunga sakura yang sedang bermekaran. Menikmati suasana sore di Lake Park Go-Yang sembari lihat sungai biru yang menyegarkan mata nampaknya akan jadi obat sementara untuk kamu yang bosan di rumah. Nonton pakai alat VR akan lebih asyik, deh! Dicoba, yah!

So, selamat Jalan-jalan

0 comments on “Bosan PPKM? Keliling Dunia Dengan 12 Tur Virtual Ini, Yuk!

Leave a Reply

%d bloggers like this: