Peralatan Mendaki Gunung
Local Experiences

Mau Coba Mendaki Gunung? Inilah 5 Daftar Peralatan yang Wajib Kamu Bawa

Mendaki gunung jadi aktivitas seru. Bisa masuk kategori ngetrip hanya saja aktivitasnya lebih menantang. Jadinya kamu butuh banyak peralatan yang harus dibawa.

Helo kawanjo, naik gunung sih sabi banget nih lepas PPKM Darurat. Mau coba mendaki gunung kemana nih? Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Ciremai, Gunung Rinjani, Gunung Sumbing, atau Gunung Prau. Pilih aja semuanya berdasarkan kemampuan dan boleh dicek di sini info paket wisata mendaki gunungnya. Bicara soal naik gunung atau mendaki gunung, kini banyak digemari hampir dari semua kalangan.

Terutama kalangan millennial nih. Mendaki gunung jadi option menarik buat ngetrip bersama teman-teman. Mitosnya nih, untuk membuktikan seberapa kuat tali pertemanan harus dibuktikan dulu dengan cara mendaki gunung bersama, betul nggak kawanjo? Itu dikarenakan, saat mendaki gunung bersama, semuanya akan terlihat watak dan kepribadian masing-masing. 

Tidak hanya itu saja, ngetrip yang memilih aktivitas mendaki gunung juga bisa memperkaya wawasan kita. Biasanya cuek dengan alam, setelah mendaki gunung bisa dipastikan menjadi luas wawasan dan sadar jika keindahan alam Indonesia memang tiada duanya. Tapi ingat, buat kamu yang masih level  pemula sebaiknya jangan lupa membawa beberapa perlengkapan wajib untuk mendaki gunung di bawah ini:

1. Matras Camping

Peralatan Camping
Matras bisa membantu kamu tidur nyenyak saat naik gunung

Tenda, Sepatu atau sandal gunung tidak dimasukan, karena memang sudah menjadi sebuah keharusan saat mendaki gunung. Tapi kamu jangan sampai lupa membawa matras camping saat akan pergi mendaki gunung. Ingat meskipun kita tidur di tenda, tapi kualitas tidur harus terjaga. Nah, kualitas tidur yang enak saat camping di gunung ini bisa terwujud jika kawanjo membawa matras camping yang empuk.

Baca Juga : Mau Naik Gunung? Sebaiknya Persiapkan 6 Hal Berikut Ini

2. Sleeping Bag

Perlatan Mendaki Gunung
Sleeping Bag bisa tetap memberikanmu kehangatan saat tidur di Gunung

Udara di pegunungan itu dingin kawanjo. Jadi jika kamu sudah tiba di puncaknya, pastikan kamu memiliki sleeping bag saat akan tidur. Dengan adanya sleeping bag ini, kamu akan tetap merasa hangat meski tidur di tenda dan berada di pegunungan. Jadi jangan sampai lupa membawanya, jika belum punya usahakan beli terlebih dahulu. 

3. Jaket Outdoor

Peralatan Mendaki
Jaket ini juga sangat berfungsi menjaga suhu tubuh di cuaca dingin

Orang Indonesia mayoritas tidak kuat dengan suhu dingin, dan mungkin jika sudah berlebihan semua manusia juga tidak akan tahan. Oleh karena itu saat ngetrip ke gunung jangan lupa membawa jaket outdoor. Jaket ini bisa memberikan kehangatan saat kamu mendaki gunung. Tidak hanya itu, jaket ini juga  bisa melindungi kulit kamu dari matahari terik di atas gunung. 

4. Mantel Hujan / Jaket Anti Basah

Peralatan Mendaki Gunung
Mantel hujan untuk naik gunung sekarang juga oke dipakai kok

Cuaca di gunung tidak  bisa ditebak kawanjo. Terkadang naik cerah, sampai pertengahan pendakian mendadak hujan. Jadi tidak ada salahnya membawa mantel hujan atau jenis jaket gunung yang jika kena air hujan tidak akan basah. Penting banget nih, biar kamu gak bingung mau ngapain saat hujan turun. 

5. Peralatan Makan dan Kompor Portabel

Peralatan Mendaki Gunung
Memasak di gunung itu rasanya luar biasa. Makanya jangan sampai lupa ya membawa kompor portable

Lapar di gunung? Jawabannya masak kawanjo, hehehe. Jarang ada warung di puncak Gunung. Makanya jangan lupa bawa nesting dan kompor gas portable saat mendaki gunung. Kamu bisa masak nasi, lauk dan lain-lain sampai menyeduh air panas untuk segelas kopi di puncak gunung. Gimana seru kan naik gunung? Kalau kamu masih ragu dan tidak ada teman buat mendaki gunung, bisa cek paket menarik dan open tripnya di sini

Baca Juga : 7 Istilah Pendakian yang Wajib Diketahui Anak Gunung

0 comments on “Mau Coba Mendaki Gunung? Inilah 5 Daftar Peralatan yang Wajib Kamu Bawa

Leave a Reply

%d bloggers like this: