Local Experiences

11 Hotel Unik dan Anti-Mainstream Untuk Staycation di Jakarta

Mulai dari harga Rp200.000/malam, kamu sudah bisa nginap di hotel berdesain estetik di ibukota.

Kalau Kawanjo sedang main ke Jakarta atau memang sedang ingin staycation di dalam kota, maka hotel pilihan Pigijo di bawah ini bakal bikin kawanjo makin senang karena keunikannya. Ada yang didesain dengan gaya Jepang, ada yang menyediakan gaming station, bahkan ada yang dibuat nyaman seperti di rumah sendiri. Pokoknya semua serba unik dan beda dari hotel-hotel kebanyakan.

Memang boleh dibilang, pamor hotel berbintang kini jadi anjlok sejak kemunculan hotel-hotel murah nan unik ini. Sebab gimana enggak, harganya saja ada yang mulai dari Rp300.000an! Tanpa perlu merogoh kocek sampai jutaan rupiah, siapa pun sudah bisa menginap dengan nyaman dibarengi dengan suasanya yang homey. Siapa yang tak suka? Lokasinya strategis pula!

Oleh sebab itu, intip hotel-hotel di bawah ini, yuk! Karena selain untuk staycation, kawanjo juga bisa gunakan 11 penginapan ini untuk keperluan event tertentu. Misalnya sebagai penginapan keluarga saat ada pernikahan atau sebagai penginapan tim kantor yang sedang ada project. Asyik, kan! Jauh lebih hemat dan anti mainstream pula. Cihuy! Sekarang apa pun bisa serba irit!

1. YEllo Hotel Harmoni

Yello Harmoni
Desain yang fun menjadikan hotel ini menarik untuk diinapi

Seperti namanya, ciri utama hotel ini adalah warna kuning terang yang mendominasi interior hotel. Nah, kalau kawanjo pikir hotel ini sama dengan boutique hotel kebanyakan, maka kawanjo salah besar karena Yello Hotel jelas lebih istimewa. Meski terhitung budget hotel, tapi mereka menyediakan kolam renang dan spa yang bisa dipakai untuk memanjakan diri.

Tak cuma itu, ada juga fasilitas seru untuk anak muda yaitu area Game Station di mana kawanjo bisa main game sepuasnya, area Chill Zone untuk santai-santai bareng teman atau keluarga, dan Netzone untuk kawanjo yang butuh koneksi internet. Jadi dijamin gak bakalan bosen, deh nginep di sini! Kawanjo pun akan disambut dengan desain hotel yang enerjik dan Instagenik.

Yello Hotel
Zona Game Station yang bisa digunakan untuk menghalau kebosanan

Beralih ke area kamar, tiap unit dihiasi oleh mural spesial di bagian dindingnya sehingga akan membuat siapa pun yang melihatnya jadi gembira. Selain dapat meningkatkan mood, mural-mural ini juga mampu memunculkan kesan artsy yang terbilang modern dan kekinian di tiap bilik tidur. Oleh karenanya Yello Hotel banyak diminati. Fasilitas dan dekorasinya gak main-main!

2. Sakura Terrace Setiabudi

Sakura Terrace Jakarta
Desain minimalis khas Jepang yang menggoda

Terletak di lingkungan yang super strategis tepatnya di kawasan Platinum kota Jakarta, Sakura Terrace Setiabudi nyatanya tak cuma jual tempat yang dekat ke mana saja tapi juga jual interior yang didesain layaknya rumah Jepang manis nan minimalis. Lalu menariknya lagi, tempat ini sebenarnya bukanlah hotel melainkan micro apartment yang bisa disewa bulanan layaknya kos-kosan.

Dengan adanya konsep ini, maka penggunaan ruang pun sangat dioptimalkan agar segala keperluan bisa terfasilitasi dengan baik. Membangun lantai mezzanine sebagai ruang tambahan adalah salah satu strateginya. Jadi meski ruangannya terbilang kecil, namun tak terasa penuh sesak karena didesain dengan amat baik. Dominasi warnanya pun putih bersih. Benar-benar nyaman!

Sakura Terrace
Tampilan lorong kamar yang estetik

Karena dibangun dengan konsep micro apartment, maka dalam tiap kamar terdapat juga dapur untuk masak. Bukan pantry lho, ya! Menghadap langsung ke arah Sudirman, pemandangan dari cooking area pun jadi makin indah. Dilengkapi juga dengan balkon lumayan besar berhiaskan tanaman hijau segar, kawanjo bisa gunakan spot ini untuk rehat sejenak dan juga foto-foto. Mantap!

Kenapa disebut lokasi Platinum bukan segitiga emas? Karena kawanjo akan dapat akses super dekat ke Sudirman, Kuningan, Bundaran HI, SCBD, Stasiun kereta bandara, Stasiun Sudirman, Halte Trans Jakarta, dan juga Halte MRT yang semuanya bisa dihampiri hanya dengan berjalan kaki! Jadi cocok banget nih buat yang pengen liburan ke Jakarta tapi gak mau bayar hotel mahal-mahal.

3. Des Indes Menteng

Des Indes Menteng
Peninggalan masa kolonial yang masih berjaya

Berada di daerah Menteng, hotel Des Indes hadir dengan tampilan yang begitu lain. Sebagai salah satu hotel tertua di Indonesia dan merupakan peninggalan masa Belanda, hotel ini punya desain kolonial klasik yang masih tetap dijaga sampai sekarang sehingga malah banyak orang menggapnya unik dan vintage di masa modern seperti sekarang.

Hotel Des Indes
Ada yang

Desain per kamarnya pun boleh dibilang cukup mewah dengan dominasi warna hijau dan putih yang tergradasi sempurna. Kalau untuk ukuran kamar jangan ditanya karena untuk harga Rp500.00an saja, kamar di hotel Des Indes ini terbilang luas sehingga membuat banyak pengunjung betah dan jadi tamu setia di hotel yang juga punya banyak spot Instagenik ini.

4. Park 5 Simatupang

Park 5 Simatupang
Mirip hotel-hotel di Manhattan, ya!

Bicara soal hotel estetik, Park 5 Simatupang bisa jadi salah satu hotel paling estetik di Jakarta. Kamarnya yang well designed dan penuh dengan aksen bata serta kayu justru menjadikan hotel ini terasa sangat homey dan Pinterest-worthy. Lokasinya pun menyenangkan. Berada di tengah area Cilandak dan Fatmawati yang ramai, ia seperti tersembunyi dalam jalanan kecil yang sunyi.

Park 5
Kamar estetiknya bener-bener ngangenin!

Fasilitas yang dimilikinya pun cukup lengkap mulai dari kolam renang sampai gym, semua ada. Soal harga, start-nya mulai Rp500.00an saja! Bagaimana tak menyenangkan. Desain apik, dekat dari mana-mana, masih terhitung berada di pusat kota namun dengan suasana yang asri dan tidak bising menjadikan hotel ini masuk dalam kategori hidden gem yang harus kawanjo datangi.

5. Nostoi

Nostoi
Kesan luarnya sih biasa saja. Coba masuk ke dalam. Benar-benar luar biasa!

Lagi-lagi hotel yang terletak di daerah Platinum, Karet-Kuningan, Nostoi punya desain rumah Jepang yang benar-benar JEPANG BANGET! Kawanjo pasti suka karena rancang bangun minimalis ala Negeri Sakura yang dikedepankan memang menggemaskan. Tak hanya itu, segala sesuatunya pun dibuat fungsional agar bisa memenuhi kebutuhan para tamu.

Sebut saja dengan adanya dapur mini di dalam kamar, Smart TV berlayanan Netflix, dan private balcony berpemandangan pusat kota Jakarta benar-benar menjadikan Nostoi jadi seperti hotel dengan harga kaki lima, rasa bintang lima! Gimana enggak, harga per-kamarnya saja mulai dari Rp400.000an, lho. Asyik, kan! Dompet kawanjo pun girang mengetahui hal ini. Hehehe!

Nostoi Hotel
Unik dan jarang ada, nih konsep hotel begini di Jakarta

Desain dan interior kamar juga disesuaikan dengan konsep ‘sederhana’ ala Jepang. Tembok kamar dirampungkan dengan metode unfinished sehingga memberi kesan industrial namun tetap estetik sambil tetap mempertahankan gaya Jepang yang digadang-gadang.

Kafe Nostoi
Tak cuma kamarnya, kafenya pun cakep! Serasa bak sedang di Hokkaido.

Lalu, tiap kamar juga punya keunikannya sendiri-sendiri. Homu+Suite salah satunya. Di kamar ini, tenpat tidur kawanjo bisa digeser-geser sesuai dengan kebutuhan dalam ruangan. Kalau sedang ingin kamarnya luas, dipan bisa digeser ke lokasi yang kawanjo inginkan. Segalanya jadi serba fleksibel. Kalau mau ngopi atau ngemil tinggal datang ke in-house kafe bernama Kohi yang punya deret menu pastriesappetizers, hingga desserts yang enak. Perfect stay!

Baca juga: Menelusuri Kota-Kota Terdingin di Indonesia, Ngetrip Jadi Lebih Seru

6. Rumanami Residences

Next, ini yang lagi ramai di sosial media sejak 2020 silam. Karena dari luar saja kawanjo sudah bisa memprediksi bahwa ‘there must be something great inside‘, Rumanami yang punya konsep classic red brick house berbentuk lonjong ini seketika punya daya tarik sendiri tanpa diminta. Kalau di Eropa atau Amerika bangunan seperti ini banyak di penjuru kota, tentu lain halnya di Jakarta.

Gak heran kalau hotel ini langsung jadi point of interest bagi wisatawan dan para pemburu momen staycation yang senang mencari tempat penginapan baru, unik, dan tak bikin kantong jebol. Tebak harga per malamnya berapa? Hanya mulai dari Rp300.000an saja! Huhuhu.. Gimana hotel berbintang gak ketar-ketir kalau begini ceritanya. Pilihan penginapan bagus dengan harga terjangkau makin merajalela dan amat worthy untuk jadi pilihan kala liburan

Lalu selain konsep yang anti-mainstream, hotel ini juga cukup asri dengan banyaknya tanaman hijau segar yang mengelilingi gedung. Belum lagi fasilitas Wi-Fi nya yang kencang, restoran yang menyediakan deret menu lezat, gym, dapur bersama, sampai jasa antar-jemput bandara. Semua sudah disiapkan dengan baik oleh pengurus hotel. Pasti kawanjo bakal betah, deh!

Untuk area kamar, sebenarnya tak ada desain khusus yang terlalu wow. Mungkin karena sudah stunning di bagian luar, jadi interior kamar tak begitu jadi andalan. Namunnn, jika kawanjo menginap di sini, kamar dengan dominasi warna putih dan sentuhan warna hitam yang dilengkapi furnitur kayu bergaya minimalis menjadikan kamar di sini seperti di rumah sendiri. Nyaman sekali!

7. Kuretakeso Kemang

Kuretakeso Kemang
Baru sampai di lobi saja sudah berasa lagi di Jepang!

Penasaran dengan sensasi berendam di onsen atau kolam pemandian air panas ala Jepang? Maka kawanjo wajib menginap di hotel ini. Berlokasi di daerah Kemang, hotel ini memang kental dengan tema Jepang yang bakal menyambut kawanjo mulai dari masuk ke lobi sampai di dalam kamar. Bahkan, kawanjo bisa merasakan tidur di bawah dengan menggunakan futon di beberapa kamar!

Onsen Jakarta
Sebelum ke Jepang beneran atau mau nostalgia pas lagi di Jepang, yuk lah nyemplung ke onsen di sini.

Lalu jika ingin berendam di onsen, kawanjo tinggal tanya pada penjaga hotel di mana kolam air panas itu berada. Nanti kawanjo tinggal datang dan berendam di sana. Duh, enaknyaaa! Jika sudah selesai, berkelilinglah di sekitar hotel untuk lihat-lihat koleksi lukisan khas Jepang dan dekorasi lainnya yang akan membuat kawanjo seperti benar-benar sedang berada di Negeri Dragon Ball.

8. Verse Luxe Hotel Wahid Hasyim

Verse-Luxe-Hotel-Wahid-Hasyim
Kamarnya luas dan bagus, yah

Jika kawanjo mau stay di area dekat Tanah Abang, maka Verse Luxe Hotel ini bisa jadi pilihan sempurna. Tak cuma punya kamar estetik dan Instagenik yang bikin pengalaman menginap jadi makin menyenangkan, hotel ini juga dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan, area kuliner Sabang dan juga museum-museum penting di Jakarta seperti Monas dan Museum Gajah.

Verse Hotel
Tempat makannya juga nyaman. Cocok untuk staycation bareng keluarga

Masuk dalam kategori boutique hotel, Verse Luxe Hotel Wahid Hasyim terbilang punya desain yang amat baik dan menarik untuk segala kalangan. Kamarnya pun nyaman dan didominasi dengan warna putih serta aksen kayu yang menjadikan tiap ruangnya punya kesan hangat yang romantis. Untuk hitungan hotel budget, kamarnya pun cukup luas dan enak dipandang. Cocok banget untuk staycation atau merayakan hari spesial di sini!

9. Posto Dormire

Posto Domire
Floating transparent pool! Gimmick terbaik yang jadi poin paling menarik dari hotel ini

Paling unik dari semuanya, hotel dengan harga terjangkau ini punya floating transparent pool yang bisa dilihat langsung dari lobi. Jadi siapa pun yang sedang berenang di sana dapat dilihat dari bawah. Terletak di lantai 3, kolam renang ini memang langsung menarik perhatian terutama bagi anak-anak. Gimmick yang sangatlah catchy sehingga jadi selling point tersendiri bagi hotel ini.

Untuk lokasi, Posto Dormire ada di Jakarta Barat dekat dengan Universitas Trisakti. Jangan tanya urusan desain karena memang sejak awal, hotel ini menjual rancangan uniknya di mana lift nya saja terbuat dari bantalan rel kereta. WOW! Lalu ada banyak sekali spot Instagenik di tempat ini. Kawanjo pasti bakalan bingung mau foto di mana karena spotnya benar-benar di mana-mana!

posto
Kamarnya juga lumayan besar dan nyaman!

Kamarnya bagus, harganya murah, gimmicknya banyak, makanan sarapannya enak, dan ada rooftop-nya pula. Semua jadi satu di hotel ini. Benar-benar hotel budget yang layak untuk kawanjo coba! Meski pasti ada kurang lebihnya, namun untuk harga yang ramah di kantong, hotel ini sangat Pigijo rekomendasikan. Habis PPKM selesai, yah kita jalan-jalan lagi dengan prokes ekstra ketat!

10. La Boheme

La Boheme Jakarta
Tampilan depannya manis kayak bangunan di Amerika

Kembali ke kawasan Setiabudi, ada La Boheme yang baru saja dibuka tahun 2020 lalu. Berkonsep Boutique Co-living yang punya gaya interior bohemian, hidden gem di tengah kota Jakarta ini HARUS BANGET kawanjo inapi sekali waktu. Meski harganya cukup di atas standar boutique hotel yaitu mulai dari Rp800.000an/malam, namun hotel ini memang worth to book in every way!

Kafe La Boheme
Siapa yang gak betah berlama-lama di kafe cozy ini?

Warna fasad gedung menggambarkan suasana eco-friendly yang asri. Inilah yang membuat para tamu tergila-gila karena konsep bangunannya sangat kekinian namun tetap tidak meninggalkan sentuhan tanaman hijau pada tiap sisinya di mana bagian depan dan eksterior dihiasi dengan tanaman rambat yang indah.

La Boheme Setiabudi
Perpaduan warna putih dengan hijau pastel dan furnitur kayu dengan aksesoris rotan, memberikan kesan feminin dan bohemian yang kental pada tiap kamar

Jika kawanjo memesan kamar di sini, maka kawanjo akan segera ditanya ingin menginap dalam jangka waktu pendeng atau panjang (short or long stay). Semakin lama kawanjo menginap akan semakin banyak pula penawaran spesial yang akan kawanjo dapatkan. Ada 4 tipe kamar yang bisa dipilih mulai dari Gypsy Superior Twin, Gypsy Superior Deluxe, Hippie Room dan Boho Terrace Room. Keempatnya sangat nyaman dan bisa dibilang cukup punya kelas.

Pemandangan La Boheme
Pemandangan dari kamarnya juga cakep!

Bayangkan saja, untuk hotel di bawah Rp1.000.000, La Boheme berani memberikan kenyamanan lebih bagi para tamunya dengan menyediakan Smart TV, ensuite bathroom, Wi-Fi, meja kerja, mini fridge, safety deposit box, dan Sensatia Botanicals amenities. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan kafe yang sangat comfy dengan tampilan yang insta-worthy. Yakin gak mau coba?

11. Casa Living Senayan

Casa Living Senayan
Hidden Gem di area Benhil

Terakhir, ada Casa Living Senayan yang juga manis untuk diinapi. Terhitung sangat mungil dengan harga kamar start dari Rp275.000/malam, hotel ini punya desain kamar yang sederhana namun nyaman layaknya di rumah sendiri. Lokasinya pun strategis di Jl. Penjernihan, Bendungan Hilir. Jadi ke mana-mana bisa dekat.

Casa Living Hotel
Meski kamarnya kecil namun sangat nyaman seperti di rumah sendiri.

Kalau mau kamar yang agak besar dengan pemandangan asri dari jendela, maka kawanjo bisa pilih tipe King Corner View yang dipatok dengan harga mulai dari Rp600.000an/malam. Di sini, kawanjo juga bisa ngopi cantik di area rooftop, lho. Tak usah kuatir karena rooftop nya juga didesain dengan serius. Meski simpel, tapi semua yang ada di hotel ini tampak sangat proper!

Rooftop Casa Living Senayan
Pemandangan dari rooftopnya ca’em!

So, jika kawanjo adalah tipe traveler yang lebih mementingkan jalan-jalan ketimbang menghabiskan waktu di kamar hotel, maka 11 penginapan mungil yang punya harga relatif murah ini bisa banget jadi pilihan. Atau jika ingin staycation tapi tak mau di tempat yang terlalu mahal, maka 11 hotel ini rasanya sudah cukup bisa memuaskan hasrat kabur dari rutinitas. Gimana? Suka?

Baca juga: 4 Hal Ini Selalu Terjadi Saat Mau Ngetrip, Terutama Poin 2

0 comments on “11 Hotel Unik dan Anti-Mainstream Untuk Staycation di Jakarta

Leave a Reply

%d bloggers like this: