Local Experiences

6 Warung Soto Betawi Paling Top di Jakarta

Yuk, icip kelezatan Soto Betawi di enam warung legendaris ini.

Kalau ada pertanyaan soal apa sih makanan khas Jakarta yang paling nikmat? Soto Betawi pasti jadi salah satu yang ada di top of mind Kawanjo. Enggak perlu diragukan lagi semua unsur yang ada di dalam semangkuk Soto Betawi masuk dalam kategori lezat.

Mulai dari kuah santan, irisan daging atau jeroan, hingga pelengkap seperti emping jika sudah menjadi Soto Betawi rasanya ingin menghabiskan tapa sisa hingga tetes terakhir. Bahkan, jika sudah merasakan kelezatan Soto Betawi kandungan kolestrol tinggi di panganan itu langsung terlupakan.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang

Membaca tulisan tadi, Kawanjo ngaku deh pasti ingin cepat-cepat cari di mana warung Soto Betawi paling lezat di dekat tempat tinggal kalian. Bila Kawanjo tinggal di Jakarta kita punya beberapa rekomendasi warung-warung Soto Betawi paling lezat. Tinggal Kawanjo pilih saja seusai dengan selara. Soal rasa, digaransi bakal bikin puas lidah dan kenyang perut.

Cuma sebelum kita kasih daftarnya, kita tetap mau ingetin nanti pas beli jangan makan di tempat ya, dibawa pulang saja. Ini penting untuk menjaga kesehatan Kawanjo agar tak terjangkit virus corona. Kita juga saranin mending Kawanjo pesen lewat aplikasi ojek online, biar pasti aman.

Kalau protokol kesehatan sudah kita taati, yuk ditengok enam tempat Soto Betawi paling top di Jakarta:

  1. Soto Betawi Haji Ma’ruf
Soto Betawi Hj Ma’ruf

Soto Betawi Haji Ma’ruf terletak Jl Pramuka Nomor 64, Matraman, Jakarta Timur. Rumah makan ini adalah salah satu paling legendaris di ibu kota, Jakarta. Mereka sudah buka dari 1943 atau dua tahun sebelum Indonesia merdeka.

Selama 88 tahun buka, Soto Betawi Haji Ma’ruf tetap jadi primadona. Kelezatan soto di sana sama sekali tak lekang oleh zaman. Kenikmatan kuah santan bercampur daging serta jeroan berpadu sempurna dengan racikan bumbu khas Soto Betawi Haji Ma’ruf. Bagi Kawanjo yang mau mencicipi Soto Haji Ma’ruf tempat ini buka Senin sampai Sabtu dari pukul 09.00 sampai 20.15 WIB. Jangan lupa diingat, ya.

  1. Soto Betawi Nyonya Afung
Soto Betawi Nyonya Afung

Soto Betawi Nyonya Afung terletak di Jl. Pintu Besar Selatan IV No. 12, Glodok, Jakarta Barat. Meski mengambil nama seperti chinesse food, Soto Betawi Nyonya Afung terkenal dengan rasanya yang otentik dan ‘Betawi Banget’.

Keistimewaan Soto Betawi Nyonya Afung adalah pada kuah soto yang dicampur susu. Perpanduan itu membuat rasa semakin gurih. Tapi yang spekatakuler dari soto ini kuah santannya ringan untuk disantap. Di sini, selain menjual Soto Betawi terdapat pula menu lain seperti Soto Mie. Bagi Kawanjo yang penasaran ingin mencoba yuk segera ke daerah Glodok dan bawa pulang makanannya.

  1. Soto Betawi H. Husen
Soto Betawi Haji Husen

Warungnya yang terletak di Jl. Padang Pajang, Manggarai, terlihat tak begitu besar. Tapi, di balik tempat yang terbatas Soto Betawi H. Husen adalah salah satu kuliner melegenda di Jakarta. Setiap harinya ratusan porsi Soto Betawi H. Husen pasti ludes diborong para pembeli.

BACA JUGA: Idul Adha, Kuy Cari 7 Kuliner Daging Kambing Paling Enak di Jakarta!

Maklum saja, kuah santan kental dan campuran daging serta jeroan melimpah merupakan magnet penarik pelanggan untuk datang setiap harinya. Bagi Kawanjo yang penasaran dengan kelezatan Soto Betawi H. Husen warung sederhana ini buka setiap hari dari pukul 07.00 pagi sampai habis makan siang, maksimal pukul 14.00 WIB.

  1. Soto Betawi Sambung Nikmat
Soto Betawi Sambung Nikmat

Pinggiran Jakarta tepatnya di Jalan Ciputat Raya, Pondok Pinang terdapat warung yang jadi jagoan warga sekitar untuk menikmati nikmatnya Soto Betawi. Tidak seperti restoran atau tempat makan sejenis memakai nama pemilik, warung Soto Betawi yang didirikan H. Ridwan ini bernama Soto Betawi Sambung Nikmat.

Kalau ada ungkapan nama adala doa, maka ungkapan itu berlaku pada Soto Betawi Sambung Nikmat. Rasa Soto Bewati di restoran itu memang pol nikmatnya. Tak heran, sebelum pandemi virus corona mendera setiap harinya 70 kilogram daging dan jeroan pasti habis setelah jam makan siang. Jadi tips bagi Kawanjo yang mau memesan makanan di sini jangan datang pas jam makan siang. Kalau nekat pulang gigit jari tak kami tanggung.

  1. Soto Betawi Globe Haji Oji
Soto Betawi Globe Haji Oji

Soto Betawi Globe Haji Oji merupakan legenda hidup. Warung makan ini menjadi pemuas rasa lapar jutaan orang di Jakarta. Tempatnya yang strategis di Jalan Samanhudi Jakarta Pusat membuat Soto Betawi Globe Haji Oji kerap jadi rekomendasi makan pekerja kantoran atau warga sekitar.

Popularits Soto Betawi Globe Haji Oji bukan cuma karena letak strategis. Kuah santan gurih plus daging empuk adalah kekuatan sebenarnya warung soto ini. Nilai plus lain, jika warung soto sejenis kebanyakan buka cuma sampai makan siang tidak demikian dengan Soto Betawi Globe Haji Oji. Karena buka sampai sekitar pukul 20.30 siapa saja yang lapar malam pasti terpuaskan.

  1. Soto Jakarta Bang Madun
Soto Jakarta Bang Madun

Anak Jaksel juga punya warung Soto Betawi andalan. Namanya Soto Jakarta Bang Madun. Warung ini selidik punya selidik jadi salah satu yang paling dicari warga yang kelaparan dan ingin menikmati nikmatnya semangkuk Soto Betawi.

Terlatak di Jalan Barito 1, Kebayoran Baru, Soto Jakarta Bang Madun sudah buka sejak 1970an. Warung Soto ini terkenal bukan cuma lantaran kelezatan rasanya, meski terletak di kawasan elite Jaksel harga warung Soto Jakarta Bang Madun terjangkau. Bawa uang Rp 50 ribu Kawanjo pasti akan kenyang dengan semangkuk Soto, sepiring nasi dan segelas minum.

Itu tadi enam warung Soto Betawi paling lezat versi kami. Kini giliran kawanjo lihat paket wisata menarik yang kami sediakan di sini.

0 comments on “6 Warung Soto Betawi Paling Top di Jakarta

Leave a Reply

%d bloggers like this: