PigiNews

NTB Bakal Punya 16 Desa Wisata Baru, Waktunya Siapkan Trip ke Sana!

Mari telusuri alam dan budaya masyarakat timur Indonesia di desa wisata baru yang akan segera. dibuka. Sungguh sebuah kabar baik!

Bagi kawanjo yang punya rencana ngetrip atau liburan ke Nusa Tenggara Barat, ada kabar baik, nih, dari Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi. Beliau mengatakan bahwa ia dan pihaknya kini sedang bersiap untuk mengembangkan 16 desa wisata baru pada tahun 2021 ini. Meski belum terinfokan secara pasti nama-nama desa tersebut, namun rencana ini dapat dipastikan terealisasi.

Sejauh ini, Yusron Hadi dan seluruh pihak yang terlibat, tengah melakukan pendataan ulang 99 desa wisata yang tersebar di seluruh wilayah NTB. Mereka pun sedang melakukan pemetaan kondisi tiap desa agar siap untuk dikembangkan sesuai rencana. Semakin banyak desa wisata, maka harapannya pengunjung juga akan semakin banyak dan tertarik pada budaya asli NTB.

Salah satu adat pernikahan Suku Sasak di Nusa Tenggara Barat

Sebenarnya, pengembangan ini sudah mulai dilakukan secara bertahap sejak tahun 2019 silam. Namun karena satu dan lain hal, akhirnya secara resmi, Kepala Dinas Pariwisata NTB baru mengumumkannya sekarang sebagai ‘tanda jadi’ bahwa desa wisata ini benar-benar akan jadi destinasi kultural baru untuk para traveler baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Desa Wisata dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pariwisata Indonesia

Tak hanya itu, mantan Kadin Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal, juga mengatakan bahwa target jumlah desa wisata tiap tahunnya berbeda-beda. Tahun 2019 ada 23 desa, tahun 2020 ada 29, dan 2021 ada 16. Konsistensi inilah yang selalu dijaga oleh Dinas Pariwisata NTB untuk benar-benar dijalankan. JAdi rencana bukan sekedar rencana tapi jadi sesuatu yang nyata.

Desa Wisata NTB
Akan ada banyak pertunjukan adat yang harus kawanjo saksikan di desa wisata baru ini.

Lalu, sebagai bocoran. 16 desa wisata yang dikembangkan akan berfokus di Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Sumbawa, Kabupaten, Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, hingga Kota Mataram. Semoga dalam waktu dekat semuanya bisa terwujud!

Baca juga: Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Punya 244 Desa Wisata Tahun 2024

So, jika pandemi selesai, kawanjo jadi punya banyak destinasi lain selain Bali yang benar-benar bisa dinikmati dari segi alam dan budayanya. Ingat, semakin ke timur, Indonesia semakin cantik dan eksotis. Maka, semakin mengarah ke bagian Nusa Tenggara, maka potensi wisata makin istimewa karena kebanyakan masih secluded. Jadi, sudah siap ngetrip lagi? Mainkan, jooooo!

Baca Juga : Aturan Baru Satgas COVID-19 Terkait Perjalanan Dalam Negeri

0 comments on “NTB Bakal Punya 16 Desa Wisata Baru, Waktunya Siapkan Trip ke Sana!

Leave a Reply

%d bloggers like this: